Pengertian, Fungsi Serta Contoh Kwitansi Pembayaran

0
821

Contoh Kwitansi Pembayaran – Untuk beberapa orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia bisnis mungkin tidak akan asing lagi mengenai kwitansi pembayaran. Saat melakukan transaksi jual beli, umumnya kita akan meminta penjual untuk membuat kwitansi. Kwitansi tersebut nantinya akan disimpan oleh pembeli sebagai bukti bahwa ia telah membeli barang dan kwitansi tersebut jugalah nantinya dapat menjadi sebuah bukti apabila ada masalah.

Sebenarnya selain kedua hal tersebut masih ada beberapa fungsi kwitansi lainnya yang perlu kamu dan para pebisnis lainnya ketahui terkait kwitansi. Namun, sebelum itu kita akan membahas terlebih dahulu dari dasarnya.

Pengertian Kwitansi

Kwitansi merupakan sebuah dokumen atau surat yang dibuat oleh penjual atau pemilik jasa dan ditujukan kepada pembeli atau penyewa bahwa telah terjadi transaksi dari penjual dan pembeli. Dalam kwitansi ini biasanya berisi pernyataan bahwa para pembeli atau penyewa telah menyerahkan sejumlah uang kepada penjual. 

Untuk memperkuat kwitansi tersebut biasanya dilengkapi dengan materai, namun untuk mengetahui lebih lengkapnya berikut:

  • Nama pihak yang menyerahkan uang
  • Besarnya nilai uang dalam angka
  • Besarnya nilai uang disebutkan dengan kalimat
  • Peruntukan pembayaran sejumlah uang
  • Tempat dan tanggal penyerahan uang
  • Nama dan tanda tangan penerima uang
  • Nama dan tanda tangan pemberi uang

Fungsi Kwitansi

Kwitansi memiliki banyak fungsi baik itu untuk penjual maupun untuk pembeli. Berikut ini beberapa fungsi kwitansi : 

  • Sebagai bukti bagi pembeli bahwa telah terjadi transaksi dan pembeli telah menyerahkan uangnya kepada penjual.
  • Sebagai bukti bagi penjual bahwa telah terjadi transaksi dan penjual telah menerima uang dari pembeli, sehingga nantinya ada yang mengakui telah membeli barang.
  • Sebagai bukti surat yang dapat dihadirkan pada persidangan apabila nantinya terdapat gugatan atau masalah terkait transaksi tersebut.

Jika sudah memahami fungsi dan komponen yang dapat memperkuat kwitansi tersebut, maka langkah selanjutnya adalah memahami pembuatan dari kwitansi. Berikut kita akan bahas bentuk dan contoh kwitansi pembayaran.

Bentuk dan Contoh Kwitansi Pembayaran

Biasanya kamu akan mengenal kwitansi yang dijual pada toko-toko alat tulis. Namun, selain kwitansi model tersebut sebenarnya masih banyak kwitansi lainnya. Seperti beberapa contoh kwitansi pembayaran di bawah ini:

Contoh Kwitansi Pembayaran
akuntanonline.com
Contoh Kwitansi Pembayaran
sarjanaekonomi.co.id

 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]