Contoh Proposal Pengajuan Dana yang Baik dan Benar

1
91564
contoh proposal pengajuan dana

Memulai sebuah usaha bukanlah hal yang mudah. Meski niat sudah terkumpul, modal kerap menjadi kendala. Ada pula yang telah menjalankan usaha mikro atau usaha kecil dan ingin melakukan ekspansi, tetapi terhambat dana usaha. Akibatnya, bisnis tersebut tidak berkembang.

Jika berada dalam kondisi ini, sebaiknya persiapkan proposal pengajuan dana kepada investor guna membantu usaha Anda. Bagaimana cara membuat proposal tersebut? Simak terlebih dahulu contoh proposal pengajuan dana yang baik dan benar berikut ini.

Proposal

Permohonan Bantuan Modal Usaha

Kelompok Usaha Kecil Jajanan Pasar

Ibu-Ibu RT 02 RW 02 Kelurahan Sambeng, Kecamatan Borobudur

Kabupaten Magelang

  • Latar Belakang

Modal usaha kerap menjadi permasalahan pelik bagi para pelaku usaha mikro dan usaha kecil. Bukan hanya pada saat akan memulai usaha, melainkan juga saat ingin melakukan ekspansi bisnis. Karena itu, peran pemilik modal atau investor sangat penting. Investor dengan kemampuannya dapat membantu pelaku usaha untuk berkembang.

Salah satu kelompok usaha yang saat ini sedang membutuhkan bantuan modal adalah ibu-ibu RT 02 RW 02 Kelurahan Sambeng, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang. Kelompok usaha kecil ini sedang mengembangkan bisnis jajanan pasar. Karena keterbatasan modal, rencana pengembangan usaha tidak dapat dilanjutkan.

  • Profil Usaha

Jual beli jajanan pasar yang dilakukan oleh ibu-ibu RT 02 RW 02 Kelurahan Sambeng ini telah berlangsung sejak 2019. Produksi jajanan pasar awalnya dimulai di satu tempat dan kini telah berkembang menjadi tiga tempat yang berbeda. Hingga saat ini, jumlah konsumen sudah cukup banyak. Omzet harian mencapai Rp4.000.000.

Sasaran pembeli cukup beragam, mulai dari perorangan hingga kelompok. Jajanan pasar juga diperjualbelikan di beberapa titik yang potensial untuk menambah angka penjualan.

  • Permasalahan

Mengingat angka penjualan yang stabil bahkan terus naik, Kelompok Usaha Kecil ini ingin menambah produksi. Namun, karena keterbatasan dana, hal tersebut urung dilakukan. Ada beberapa kendala yang dihadapi, antara lain peralatan yang kurang memadai hingga modal membeli bahan baku yang tidak banyak.

  • Perkiraan Kebutuhan Dana

Informasi mengenai perkiraan kebutuhan dana terlampir dalam proposal ini. Selain itu, ada pula proyeksi pertumbuhan usaha selama satu hingga lima tahun ke depan. Di lampiran berikutnya, ada gambaran keuntungan yang bisa didapatkan investor sebagai hasil investasi. 

Baca juga: HORE! Ada Fitur Baru Yang Canggih di Akseleran!

  • Penutup

Demikian proposal ini kami ajukan. Besar harapan kami agar Bapak/Ibu mempertimbangkan permohonan tersebut sehingga kelompok usaha ini dapat terus berkembang. Atas perhatiannya, kami mengucapkan terima kasih.

Tips Membuat Proposal Pengajuan Dana

Seperti contoh proposal pengajuan dana tersebut, penyampaian maksud dalam proposal harus lugas dan informatif. Supaya calon investor makin tertarik, Anda juga bisa mencoba menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Perlihatkan Performa

Salah satu hal penting yang perlu Anda tampilkan saat mengajukan proposal permohonan dana usaha adalah performa. Investor pada umumnya selalu tertarik pada usaha atau bisnis yang memiliki performa bagus dan stabil. Nah, hal inilah yang perlu disediakan dan disampaikan dengan baik serta jelas melalui isi proposal.

  • Tawarkan Keuntungan

Investor tidak akan membuang uang tanpa mendapatkan imbal balik dari tindakan tersebut. Karena itu, sebagai pihak yang mengajukan proposal, Anda harus menyampaikan tawaran keuntungan yang bisa didapatkan oleh investor. Meskipun masih berupa rencana, hal ini tidak masalah. Pasalnya, investor yang berpengalaman biasanya dapat melihat potensi keuntungan secara tepat.

  • Bersikap Profesional

Permohonan pengajuan dana sebaiknya tidak mengedepankan emosi atau perasaan, tetapi logika dan profesionalitas. Artinya, jangan berharap investor mau membantu hanya karena kasihan atau terpaksa. Namun, tunjukkanlah sikap bahwa Anda mampu dipercaya dan mampu menghasilkan keuntungan sesuai kemampuan.

  • Menjunjung Keterbukaan

Investor yang menyokong usaha Anda dengan memberikan modal usaha wajib mengetahui informasi penting terkait perkembangan bisnis tersebut. Prinsip keterbukaan sangat perlu diterapkan karena investor merupakan bagian dari bisnis. Karena itu, berikanlah laporan yang jelas dan lengkap sejak awal.

Nah, inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan saat akan mengajukan proposal pengajuan dana usaha. Melalui gambaran contoh proposal pengajuan dana tersebut, Anda dapat membuatnya dengan lebih mudah dan cepat. Selamat mencari investor!

Dapatkan Template Contoh Proposal Pengajuan Dana Word!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh proposal pengajuan dana word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Proposal Pengajuan Dana

Cek juga:

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.