Contoh Laporan Kegiatan untuk Kamu yang Rutin Menggelar Acara

0
20344
Contoh Laporan Kegiatan

Setelah penyelenggaraan sebuah acara selesai, tugas panitia belum berakhir. Sebagai bentuk pertanggungjawaban atas suatu acara, panitia harus membuat laporan kegiatan. Bagaimana contoh laporan kegiatan yang benar?

Pengertian Laporan Kegiatan

Laporan kegiatan merupakan bentuk penyampaian informasi pelaksanaan suatu acara secara tertulis. Kamu bisa menjumpai berbagai contoh laporan kegiatan dalam berbagai ruang lingkup, mulai dari sekolah, kampus, kantor, organisasi, hingga lingkungan RT/RW. 

Dari contoh laporan kegiatan tersebut, ada beberapa poin penting yang wajib kamu perhatikan.

  1. Bagian-bagian yang harus dimiliki laporan kegiatan, yaitu:
    1. Pendahuluan
    2. Tujuan kegiatan
    3. Pelaksanaan kegiatan 
    4. Anggaran kegiatan
    5. Hasil kegiatan
    6. Evaluasi 
    7. Penutup

Selain isi laporan, kamu juga perlu menambahkan cover, kata pengantar, daftar isi, dan lampiran (laporan keuangan, foto, rundown acara, daftar hadir, dst).

  1. Tulis dengan bahasa Indonesia sesuai ejaan yang benar, bergaya formal, tetapi ringkas dan informatif.
  2. Cantumkan poin evaluasi untuk perbaikan kegiatan serupa pada waktu berikutnya.

Contoh Laporan Kegiatan

LAPORAN KEGIATAN

REUNI AKBAR ALUMNI STP MANDIRA 2000-2015

Aula STP Mandira, 12 Januari 2020

 

Pendahuluan

Salah satu tolak ukur kesuksesan sebuah perguruan tinggi adalah kualitas lulusannya. Merayakan 20 Tahun STP Mandira berkarya dalam bidang pendidikan pariwisata di Indonesia, Bagian Alumni Sekolah Tinggi Pariwisata Mandira bermaksud menyelenggarakan serangkaian acara, antara lain Reuni Akbar STP Mandira Angkatan Tahun 2000-2015.

Kegiatan ini merupakan kegiatan alumni berskala besar pertama karena mengumpulkan lulusan dari angkatan pertama hingga lulusan terbaru. Harapannya, setelah acara ini terlaksana, para alumnus dapat memperluas networking lintas angkatan. Tentu hal tersebut dapat berdampak positif bagi pengembangan karier lulus STP Mandira di masa depan.

Tujuan Kegiatan

Penyelenggaraan acara ini bertujuan untuk:

1.  Peresmian atas terbentuknya Ikatan Alumni STP Mandira (IKAMARA)

2.  Sebagai sarana reuni dan networking sesama alumni dari berbagai angkatan

3.  Upaya menjaga tali silaturahmi dengan civitas akademika STP Mandira.

Pelaksanaan Kegiatan

Reuni Akbar STP Mandira Angkatan Tahun 2000-2015 telah terselenggara pada:

Hari/Tanggal : Minggu, 12 Januari 2020

Waktu         : Pukul 08.00 – 13.00 WIB

Tempat       : Aula Kampus STP Mandira, Jakarta Barat

Adapun detail rundown dan foto acara dapat dilihat pada bagian lampiran.

Anggaran Kegiatan

Rincian pemasukan dan pengeluaran kegiatan terlampir. Secara umum pendanaan kegiatan ini bersumber dari:

  1.  Anggaran tahunan Bagian Alumni STP Mandira
  2. Pembelian tiket masuk acara
  3. Sumbangan alumni
  4. Sponsor dari pihak eksternal

Hasil Kegiatan

Kegiatan Reuni Akbar STP Mandira Tahun 2000-2015 telah terlaksana dengan baik dan lancar pada Minggu, 12 Januari 2020 pukul 08.00 hingga pukul 13.00 WIB. Sebagian besar alumni lintas angkatan hadir dan mengikuti rangkaian acara dengan antusias.

Pada kesempatan itu pula, Direktur STP Mandira meresmikan terbentuknya Ikatan Alumni STP Mandira atau IKAMARA dengan Hadianto Rahmat (angkatan 2002) sebagai Ketua IKAMARA. Pimpinan kampus berharap pada masa mendatang IKAMARA dapat menjadi sebuah yayasan sehingga bisa berkontribusi lebih banyak pada STP Mandira maupun masyarakat luas.

Acara Reuni Akbar STP Mandira turut dimeriahkan oleh penampilan band The Mandiraz, drama musikal lintas angkatan, dan hiburan lainnya.

Evaluasi Kegiatan

Terlepas dari kesuksesan penyelenggaraan acara Reuni Akbar STP Mandira, ada beberapa poin evaluasi yang perlu diperhatikan.

  1. Acara
    1. Panitia perlu mengarahkan MC secara lebih rinci, ada beberapa bagian acara terlewatkan.
    2. Stage manager dan MC perlu berkoordinasi lebih intens untuk menjaga rundown berjalan tepat waktu, mengingat acara selesai 1 jam lebih lama dari rencana.
  2. Perlengkapan
    1. Perlu adanya penambahan AC portabel di beberapa titik aula karena pendingin ruangan yang tersedia kurang bekerja maksimal. 

Di luar masalah teknis tersebut, secara umum acara ini sudah terlaksana dengan baik. Kehadiran hampir 90% alumni dan mayoritas tamu undangan cukup menggambarkan kesuksesan Reuni Akbar STP Mandira. Begitu juga dengan kesigapan panitia berkoordinasi dengan Bagian Alumni dan pihak kampus.

Baca juga: Contoh Neraca Beserta 3 Unsur di Dalamnya!

Penutup

Reuni Akbar STP Mandira menjadi langkah awal berdirinya IKAMARA. Selanjutnya, panitia acara ini akan membahas dan menyiapkan detail kepengurusan serta rencana kerja IKAMARA. Semoga IKAMARA dapat berperan sebagai wadah silaturahmi sesama alumni, penghubung dengan civitas akademika STP Mandira, sekaligus mampu berkontribusi terhadap masyarakat Indonesia, khususnya dalam dunia pariwisata.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Direktur STP Mandira dan jajaran, para dosen dan tenaga kependidikan, adik-adik mahasiswa, serta rekan-rekan alumni yang telah berpartisipasi dalam acara ini. Bersama ini kami lampirkan pula laporan keuangan dan dokumentasi acara.

Atas perhatian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

 

Jakarta, 1 Februari 2020

 

Hormat kami,

 

 

Rasita Dewi

Ketua Panitia Reuni Akbar STP Mandira

Mengetahui,

 

 

Handayani Ilminingtyas

Manajer Alumni STP Mandira

Demikian contoh laporan kegiatan yang bisa kamu jadikan panduan saat membuat dokumen serupa. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Dapatkan Template Contoh Laporan Kegiatan Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh laporan kegiatan word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Contoh Laporan Kegiatan Word

Cek juga:

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]