Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

18
496924
Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini bertumbuh semakin cepat dari hari ke hari, bulan ke bulan hingga ke tahun kedepannya. Secara tidak langsung penggunaan teknologi ini meningkat tajam. Namun, sebenarnya kamu tau gak sih apa itu teknologi? Teknologi adalah suatu sarana atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Oleh karena itu teknologi menjadi sangat penting di era sekarang, apalagi dengan adanya teknologi digital yang berkembang pesat setiap harinya.

Meningkatnya perkembangan teknologi yang semakin cepat ini membuat teknologi ini berdampak terhadap banyak bidang, namun apa saja sih dampak dari perkembangan teknologi?

Apa Itu Teknologi dan Contohnya?

Teknologi adalah sebuah sarana dan prasarana yang menyediakan sebuah barang atau komponen yang diperlukan bagi kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup umat manusia. Biasanya penggunaan teknologi oleh umat manusia diawali dengan adanya pengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam alat-alat.

Seiring perkembangannya teknologi mengalami perluasan makna, menjadi sebuah benda yang tidak berwujud seperti software, metode pembelajaran, metode bisnis dan lainnya.

Contoh teknologi yang nyata di era sekarang sangat banyak mulai dari teknologi yang kita sering gunakan seperti komputer, laptop, handphone, mesin-mesin, mobil motor dan lainnya. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju tentu akan lebih banyak teknologi yang muncul seperti mobil terbang, Autonomous Car atau self driving car hingga alat teleportasi. 

Fungsi dan Manfaat Teknologi

Munculnya teknologi tentu memberikan banyak sekali manfaatnya untuk keberlangsungan hidup salah satu contoh teknologi yang benar-benar bermanfaat saat ini adalah google. Ya, manfaat teknologi secara umum memang untuk mempermudah penggunanya dapat mengerjakan semua hal dengan lebih cepat dan singkat, semua itu juga membuat pekerjaan yang dihasilkan lebih baik.

Sedangkan manfaat teknologi yang secara khusus adalah membantu kegiatan mendidik anak agar tidak lagi gagap teknologi dan dapat mempermudah untuk menyesuaikan lingkungan dengan sekitar. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan sebagai sebuah sarana eksplorasi untuk menambahkan wawasan serta pengetahuan dalam penyelesaian pekerjaan.

Baca juga: Revolusi Investasi Terkini di Era Digital

Dampak Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat ini tentunya membuat banyak perubahan terhadap sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Dari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa banyak pengaruh positif, yang dimaksud dari pengaruh positif ini halnya seperti:

  • Pertukaran sebuah informasi yang menjadi lebih mudah dan cepat
  • Memudahkan pekerjaan
  • Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh satu orang menjadi lebih efektif dan efisien
  • Sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online tanpa harus melakukan tatap muka

Dibandingkan dengan dampak positif yang ada, kemunculan dampak negatif dari perkembangan teknologi ini tentunya juga tak terhindarkan. Banyaknya bahaya yang dapat mengancam generasi muda, apabila tidak dapat mengontrol diri tentu akan kita rasakan dampak-dampak di bawah ini:

  • Menurunnya Sosialisasi Antar Manusia

Salah satu akibat dari munculnya alat komunikasi adalah mulai berkurangnya sentuhan atau interaksi antar manusia secara langsung. Karena saat ini mayoritas orang bahkan sudah mulai memilih segalanya secara online.

  • Teknologi dapat Menggantikan Peran Manusia

Pada tahun 1750-1850 dimana terjadi perubahan besar di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi?

Pada revolusi tersebut tercatat meninggalkan dampak yang sangat besar, dimana kondisi sosial berubah namun sisi lainnya memberikan dampak keuntungan produksi serta mengurangi beban tenaga kerja yang sangat signifikan.

Hal ini tampaknya akan kembali terulang seiring perkembangan teknologi dan tidak akan berhenti sampai kapanpun.

Perkembangan Teknologi di Indonesia yang Memudahkan Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan bagi manusia dalam berbagai aspek. Berikut ini beberapa contoh perkembangan teknologi yang memudahkan kehidupan kita:

  1. Perkembangan Teknologi di Bidang Perbankan Dalam dunia perbankan, teknologi telah mengubah cara kita bertransaksi. Saat ini, penyetoran dan penarikan uang dapat dilakukan secara online melalui layanan perbankan digital. Dengan adanya teknologi informasi, tidak lagi diperlukan kunjungan langsung ke kantor bank untuk melakukan transaksi. Selain itu, kehadiran mesin ATM dan mesin setor tunai yang tersedia di berbagai lokasi dan dapat diakses 24 jam memberikan kemudahan dan efisiensi bagi nasabah.
  2. Perkembangan Teknologi di Bidang Kesehatan Bidang kesehatan juga mengalami kemajuan melalui pengembangan teknologi. Sistem manajemen di klinik atau rumah sakit telah ditingkatkan berkat teknologi. Pencatatan riwayat kesehatan pasien yang sebelumnya dilakukan secara manual kini dapat dilakukan secara elektronik. Hal ini memungkinkan petugas kesehatan untuk dengan mudah mengakses dan memperbarui data medis pasien. Rekam medis elektronik ini mencakup hasil pemeriksaan dokter dan laboratorium, yang memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat dalam penanganan pasien.
  3. Perkembangan Teknologi di Bidang Transportasi Teknologi juga telah mengubah cara kita berpindah tempat dengan adanya perkembangan di bidang transportasi. Aplikasi berbasis smartphone seperti layanan ride-hailing telah memberikan kemudahan dalam memesan transportasi dan mengurangi ketergantungan pada taksi konvensional. Selain itu, perkembangan teknologi juga memungkinkan pengembangan kendaraan listrik dan otonom, yang dapat mengurangi dampak lingkungan dan meningkatkan efisiensi energi dalam transportasi.

Dengan adanya perkembangan teknologi ini, kehidupan kita menjadi lebih efisien dan praktis. Penting bagi kita untuk terus mengikuti perkembangan teknologi dan memanfaatkannya dengan bijak untuk meningkatkan kualitas hidup kita sehari-hari.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 10,5% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].

18 COMMENTS

Comments are closed.