Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

8
461338
Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi di era digital seperti sekarang ini bertumbuh semakin cepat dari hari ke hari, bulan ke bulan hingga ke tahun kedepannya. Secara tidak langsung penggunaan teknologi ini meningkat tajam. Namun, sebenarnya kamu tau gak sih apa itu teknologi? Teknologi adalah suatu sarana atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia. Oleh karena itu teknologi menjadi sangat penting di era sekarang, apalagi dengan adanya teknologi digital yang berkembang pesat setiap harinya.

Meningkatnya perkembangan teknologi yang semakin cepat ini membuat teknologi ini berdampak terhadap banyak bidang, namun apa saja sih dampak dari perkembangan teknologi?

Apa Itu Teknologi dan Contohnya?

Teknologi adalah sebuah sarana dan prasarana yang menyediakan sebuah barang atau komponen yang diperlukan bagi kelangsungan hidup dan kenyamanan hidup umat manusia. Biasanya penggunaan teknologi oleh umat manusia diawali dengan adanya pengubahan sumber daya alam menjadi berbagai macam alat-alat.

Seiring perkembangannya teknologi mengalami perluasan makna, menjadi sebuah benda yang tidak berwujud seperti software, metode pembelajaran, metode bisnis dan lainnya.

Contoh teknologi yang nyata di era sekarang sangat banyak mulai dari teknologi yang kita sering gunakan seperti komputer, laptop, handphone, mesin-mesin, mobil motor dan lainnya. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju tentu akan lebih banyak teknologi yang muncul seperti mobil terbang, Autonomous Car atau self driving car hingga alat teleportasi. 

Fungsi dan Manfaat Teknologi

Munculnya teknologi tentu memberikan banyak sekali manfaatnya untuk keberlangsungan hidup salah satu contoh teknologi yang benar-benar bermanfaat saat ini adalah google. Ya, manfaat teknologi secara umum memang untuk mempermudah penggunanya dapat mengerjakan semua hal dengan lebih cepat dan singkat, semua itu juga membuat pekerjaan yang dihasilkan lebih baik.

Sedangkan manfaat teknologi yang secara khusus adalah membantu kegiatan mendidik anak agar tidak lagi gagap teknologi dan dapat mempermudah untuk menyesuaikan lingkungan dengan sekitar. Selain itu, teknologi juga dapat digunakan sebagai sebuah sarana eksplorasi untuk menambahkan wawasan serta pengetahuan dalam penyelesaian pekerjaan.

Dampak Perkembangan Teknologi

Kemajuan teknologi yang semakin hari semakin cepat ini tentunya membuat banyak perubahan terhadap sebuah negara tidak terkecuali di Indonesia. Dari pesatnya perkembangan teknologi informasi ini membawa banyak pengaruh positif, yang dimaksud dari pengaruh positif ini halnya seperti:

  • Pertukaran sebuah informasi yang menjadi lebih mudah dan cepat
  • Memudahkan pekerjaan
  • Pekerjaan yang dapat dilakukan oleh satu orang menjadi lebih efektif dan efisien
  • Sistem pembelajaran dapat dilakukan secara online tanpa harus melakukan tatap muka

Dibandingkan dengan dampak positif yang ada, kemunculan dampak negatif dari perkembangan teknologi ini tentunya juga tak terhindarkan. Banyaknya bahaya yang dapat mengancam generasi muda, apabila tidak dapat mengontrol diri tentu akan kita rasakan dampak-dampak di bawah ini:

  • Menurunnya Sosialisasi Antar Manusia

Salah satu akibat dari munculnya alat komunikasi adalah mulai berkurangnya sentuhan atau interaksi antar manusia secara langsung. Karena saat ini mayoritas orang bahkan sudah mulai memilih segalanya secara online.

  • Teknologi dapat Menggantikan Peran Manusia

Pada tahun 1750-1850 dimana terjadi perubahan besar di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi?

Pada revolusi tersebut tercatat meninggalkan dampak yang sangat besar, dimana kondisi sosial berubah namun sisi lainnya memberikan dampak keuntungan produksi serta mengurangi beban tenaga kerja yang sangat signifikan.

Hal ini tampaknya akan kembali terulang seiring perkembangan teknologi dan tidak akan berhenti sampai kapanpun.

Perkembangan Teknologi di Indonesia

Perkembangan teknologi di Indonesia sendiri terjadi sejak zaman pra-aksara. Buktinya adalah ditemukannya lukisan gua yang sudah berumur 44 ribu tahun di daerah Sulawesi. Lalu, memasuki era kerajaan Hindu-Buddha, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi kembali terjadi akibat pengaruh kebudayaan dari India.

Memasuki era modern, masyarakat di Indonesia mulai banyak mengadopsi teknologi yang berasal dari luar negeri seperti halnya gadget, internet hingga sejumlah inovasi yang mampu mempermudah kegiatan aktivitas sehari-hari.

Akhirnya, ketika kita membicarakan soal teknologi sebenarnya Indonesia memiliki peluang yang cukup besar. Hanya saja memerlukan kesadaran serta pergerakan besar agar inovasi teknologi dapat berjalan lebih optimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

8 COMMENTS

Comments are closed.