Apa itu Chat GPT: Cara Menggunakan, serta Tips dan Triknya

0
2120
Chat GPT

Saat ini dunia digital semakin maju, dan salah satu yang menggemparkan adalah artificial Intelligence atau kecerdasan buatan. Salah satu produk inovasi AI yaitu chat GPT. Untuk itulah, artikel ini akan membahas secara lengkap tentang hal terkait. 

Pembahasan meliputi:

  • Apa itu Chat GPT
  • Penggunaan Chat GPT untuk siapa saja
  • Apakah Chat GPT berbayar atau tidak
  • Cara login dan cara menggunakannya
  • Tips dan trik menggunakan Chat GPT

Mari kita mulai.

Pengertian Chat GPT 

ChatGPT adalah sebuah chatbot berbasis kecerdasan buatan yang memanfaatkan teknologi pemrosesan bahasa alami untuk menghasilkan percakapan yang menyerupai interaksi antarmanusia. Keunggulan Chat GPT terletak pada kemampuannya untuk memberikan jawaban atas pertanyaan serta menghasilkan berbagai jenis konten tulisan.

Dengan Chat GPT, pengguna memiliki kemampuan untuk mengajukan permintaan dan menerima hasil baik berupa gambar, teks, grafik, maupun video yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan dan menyerupai karya manusia.

ChatGPT ini hampir serupa dengan obrolan untuk layanan pelanggan yang biasa Anda jumpai di berbagai situs. Dengan menggunakan Chat GPT, Anda dapat menanyakan berbagai soal atau pertanyaan. Selanjutnya Anda dapat meminta klarifikasi terhadap respon yang tersedia.

Generative Pre-trained Transformer, atau GPT merujuk pada metode pemrosesan permintaan dan pembentukan respons yang digunakan oleh ChatGPT. 

Proses pelatihan Chat GPT melibatkan penggunaan metode pembelajaran penguatan dengan mengumpulkan umpan balik dari manusia serta menerapkan model hadiah untuk menilai respons terbaik. 

Chat GPT terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas dan kemampuan responnya melalui umpan balik tersebut. 

Siapa pun dapat menggunakan Chat GPT untuk menjadikan hidup mereka lebih mudah dan produktif.

Apakah ChatGPT Gratis atau Berbayar? 

Meskipun Chat GPT menawarkan versi gratis yang dapat digunakan siapa saja, ada juga versi berbayar bernama Chat GPT Plus yang hadir dengan fitur dan kemampuan tambahan. 

Versi gratis dan berbayar dari Chat GPT menawarkan kemampuan pemrosesan bahasa alami tingkat lanjut, ada beberapa perbedaan utama di antara keduanya. Salah satu keuntungan menonjol dari versi berbayar ChatGPT adalah akses ke model bahasa terbaru dan tercanggih, GPT 4. 

Selain itu, ChatGPT Plus menawarkan waktu respons yang lebih cepat, yang dapat menjadi sangat penting untuk kueri yang sensitif terhadap waktu. 

Manfaat lain dari versi berbayar adalah menyediakan akses umum ke layanan bahkan selama waktu sibuk, memastikan bahwa pengguna dapat menjawab pertanyaan mereka. 

Selain itu, ChatGPT Plus menawarkan akses prioritas ke fitur dan peningkatan baru, memastikan bahwa bisnis dan individu memiliki alat terbaru dan paling inovatif yang dapat mereka gunakan. 

Lalu, apa saja kelemahan versi gratis? Meskipun versi gratis ChatGPT adalah titik awal yang bagus bagi Anda yang ingin bereksperimen dengan alat ini. Ada beberapa kelemahan penting yang perlu Anda ketahui. 

Salah satu batasan utamanya adalah pembatasan jumlah permintaan yang dapat Anda buat. Dengan versi gratisnya, Anda hanya bisa menanyakan antara 20-30 pertanyaan dalam satu jam. 

Anda akan menerima kesalahan “Terlalu banyak permintaan dalam 1 jam” jika Anda menghabiskan kuota per jam. Kelemahan lain dari versi gratis ini adalah pemutusan konstan dari server. 

Tidak jarang menerima kesalahan batas waktu, pesan kesalahan “Ada kesalahan yang menghasilkan respons” atau “Terjadi kesalahan” saat mengobrol dengan AI. 

Haruskah Upgrade ke Versi Berbayar? 

Jika Anda menggunakan ChatGPT untuk keperluan pribadi atau untuk pertanyaan sesekali, Anda cukup menggunakan versi gratisnya. 

Namun, jika Anda menggunakan Chat GPT untuk tujuan profesional atau Anda memiliki banyak permintaan, Anda dapat meningkatkan ke ChatGPT Plus. Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. 

Jika Anda tidak yakin versi mana yang tepat untuk Anda, sebaiknya Anda coba dulu versi gratisnya untuk mengetahui kemampuannya sebelum mengambil keputusan.

Cara Login dan Cara Menggunakan Chat GPT 

Yang Anda butuhkan hanyalah Google Chrome, Firefox, atau browser desktop atau seluler pilihan Anda. 

  • Buka chat.openai.com untuk mengakses halaman login ChatGPT, dan klik tombol “Daftar” untuk memulai.
  • Isi formulir pendaftaran dengan alamat email dan kata sandi Anda. Atau, Anda dapat mendaftar menggunakan akun Google atau Microsoft Anda.
  • Anda harus memverifikasi alamat email Anda sebelum dapat memulai. Periksa kotak masuk Anda untuk email verifikasi.
  • Setelah Anda memverifikasi akun Anda, berikan detail yang diperlukan.
  • Selanjutnya, masukkan nomor ponsel yang valid dan masukkan kode yang akan Anda terima melalui SMS.
  • Akun Anda sudah siap, Anda dapat mengakses Chat GPT.
  • Chat GPT ini rancangannya mirip dengan mesin pencari seperti google. Selain memasukkan pertanyaan, Anda juga dapat memasukkan prompt dan memintanya untuk menyelesaikan tugas. 
  • Setelah Anda membuat akun gratis di Open AI, Anda akan memiliki akses ke fitur Obrolan. Dari sana Anda dapat menanyakannya apa pun yang Anda inginkan. 
  • Jika Anda tidak puas dengan jawabannya, ada opsi di bagian bawah untuk “memperbaharui respons” dan AI akan mencoba lagi. Memberi Anda jawaban yang berbeda sama sekali.

Baca juga: Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

Tips dan Trik Menggunakan Chat GPT 

Berikut tips dan trik menggunakan ChatGPT untuk meningkatkan percakapan online Anda:

  • Jelas dan spesifik – Salah satu aspek terpenting dalam mengajukan pertanyaan ke ChatGPT adalah jelas dan spesifik. 

Ambiguitas atau ketidakjelasan dapat menyebabkan tanggapan yang tidak akurat atau tidak relevan. Berikan konteks sebanyak mungkin, dan hindari penggunaan kata ganti atau istilah ambigu tanpa konteks yang cukup saat menyusun pertanyaan Anda. 

  • Gunakan kata kunci dan frase – Untuk membantu Obrolan GPT memahami kueri Anda dengan lebih baik, gunakan kata kunci dan frasa relevan yang berkaitan dengan topik Anda. 

Dengan begitu AI bisa fokus pada elemen penting dari pertanyaan Anda dan memberikan respons yang lebih akurat. 

  • Rinci pertanyaan kompleks – Pertimbangkan memecahnya menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola jika Anda memiliki pertanyaan yang kompleks atau multi-bagian. 
  • Bersabarlah dan terus bereksperimen – Ingatlah bahwa ChatGPT adalah AI dan terkadang hanya memberikan jawaban yang sempurna pada percobaan pertama. 

Jadi bersabarlah dan tetap bereksperimen. Jika Anda tidak mendapatkan respons yang Anda inginkan, ulangi pertanyaan Anda atau berikan konteks tambahan untuk memandu AI menuju jawaban yang lebih akurat. 

  • Jadilah seperti jurnalis dan gunakan pertanyaan lanjutan – Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mengklarifikasi atau memperluas tanggapan. 

Banyak bertanya akan membantu Anda mendapatkan pengetahuan dan mendapatkan apa yang Anda butuhkan. 

  • Gunakan Beberapa model – Bergantung pada kasus penggunaan Anda, Anda mungkin merasa terbantu jika menggunakan beberapa model chatGPT, masing-masing dilatih pada domain atau topik yang berbeda. Misalnya, Anda dapat menggunakan satu model untuk pertanyaan layanan pelanggan dan model lainnya untuk membuat konten pemasaran. 

Hal Ini membantu memastikan bahwa respons chatbot sesuai dan tepat sesuai harapan Anda.

Kesimpulan 

Chat GPT adalah alat canggih yang dapat membantu Anda mengotomatiskan tugas, menghasilkan respons yang dipersonalisasi, dan banyak lagi. 

Anda dapat menggunakannya untuk layanan pelanggan, pembuatan konten, menulis, atau yang lainnya. Untuk menggunakannya, Anda dapat memilih opsi gratis atau opsi berbayar yaitu Chat GPT-4 dengan biaya upgrade sebesar USD 20. Agar dapat menggunakan ChatGPT dengan maksimal,  Anda dapat mengikuti tips dan trik yang ada di atas.

Dukung Pertumbuhan UMKM dan Bangkitkan Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan di Akseleran!

Akseleran memberikan kesempatan untuk kamu yang ingin membantu mengembangkan bisnis kecil dan menengah di Indonesia. Dapatkan keuntungan dari suku bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan serta perlindungan proteksi asuransi 99% terhadap pinjaman. Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar dan mulailah pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Selain itu, kamu juga bisa melihat info Akseleran sebagai grup usaha di halaman Grup Akseleran.

BLOG100

Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].