Mengenal Strategi Marketing Anchoring Agar Produk Laris

0
653
Mengenal Strategi Marketing Anchoring Agar Produk Laris

Dalam dunia pemasaran, strategi marketing anchoring merupakan teknik yang sering digunakan untuk mempengaruhi persepsi pelanggan terhadap harga produk atau layanan yang ditawarkan. Anchoring mengacu pada penempatan angka atau informasi tertentu di awal proses penentuan harga, yang kemudian akan mempengaruhi persepsi nilai pelanggan terhadap produk atau layanan tersebut. Strategi ini bertujuan untuk menciptakan kesan harga yang lebih wajar atau menguntungkan dalam benak konsumen, sehingga dapat meningkatkan minat pembelian dan meningkatkan penjualan.

Salah satu perusahaan teknologi raksasa yang terkenal dengan produk-produknya yang inovatif, Apple, telah berhasil menerapkan strategi marketing anchoring dengan sangat efektif. Salah satu contoh penerapan strategi ini terlihat dalam perilisan produk iPhone mereka.

Pada setiap peluncuran iPhone baru, Apple seringkali menetapkan harga awal yang tinggi untuk produk tersebut. Harga awal yang tinggi ini menciptakan kesan eksklusivitas dan kualitas yang lebih tinggi pada konsumen. Dengan demikian, konsumen akan lebih cenderung melihat iPhone sebagai produk premium yang memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan pesaingnya.

Namun, meskipun harga awalnya tinggi, Apple tidak lantas berhenti di situ. Beberapa bulan setelah peluncuran, mereka sering memberikan diskon atau potongan harga untuk produk iPhone tersebut. Hal ini membuat konsumen merasa bahwa mereka mendapatkan penawaran yang menguntungkan karena bisa mendapatkan produk iPhone dengan harga lebih terjangkau dari harga awalnya.

Strategi ini telah terbukti sangat efektif dalam meningkatkan penjualan produk iPhone. Dengan menempatkan harga awal yang tinggi, Apple berhasil menciptakan persepsi nilai yang tinggi pada produk mereka. Konsumen percaya bahwa produk iPhone adalah ponsel pintar premium yang berkualitas tinggi, dan mereka bersedia membayar harga yang lebih tinggi untuk mendapatkannya. Namun, dengan memberikan diskon atau potongan harga setelah beberapa bulan, Apple juga berhasil menarik minat konsumen yang lebih sensitif terhadap harga dan meningkatkan penjualan secara keseluruhan.

TERUS IKUTI PERKEMBANGAN IPO GRUP AKSELERAN

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut