Uang Tunai vs Uang Digital: Perbedaan dan Keunggulannya

0
484
Uang Tunai vs Uang Digital: Perbedaan dan Keunggulannya

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal pembayaran dan transaksi keuangan. Di era digital saat ini, uang tunai dan uang digital menjadi dua pilihan utama dalam melakukan pembayaran. Masing-masing jenis uang ini memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri, dan pilihan tergantung pada preferensi dan kebutuhan individu. Memahami perbedaan dan mempertimbangkan keunggulan dan kelemahan dari masing-masing jenis uang adalah hal penting dalam mengelola keuangan pribadi. Lalu apa saja perbedaannya?

Uang Tunai

Uang tunai merujuk pada bentuk uang fisik yang berupa koin dan kertas yang dapat langsung digunakan untuk pembayaran dan transaksi. Beberapa keunggulan uang tunai antara lain:

  1. Uang tunai diterima hampir di semua tempat, dari pedagang kecil hingga toko besar, sehingga memudahkan transaksi dalam berbagai situasi.
  2. Dengan menggunakan uang tunai, seseorang dapat lebih mudah mengontrol pengeluarannya karena jumlah uang yang dimiliki terbatas pada jumlah tunai yang ada.
  3. Uang tunai dapat langsung digunakan tanpa perlu menggunakan perangkat elektronik atau koneksi internet.
  4. Tidak ada batasan minimal pembayaran sehingga memudahkan dalam transaksi kecil.
  5. Penggunaan uang tunai tidak dikenakan biaya tambahan seperti yang sering terjadi pada transaksi digital.

Namun, uang tunai juga memiliki kekurangan:

  1. Uang tunai lebih rentan terhadap kehilangan. Jika hilang atau dicuri, maka tidak ada cara untuk mengembalikannya.
  2. Ketika melakukan pembayaran jarak jauh, misalnya untuk pembelian online, penggunaan uang tunai tidak mungkin dilakukan.
  3. Uang tunai sering digunakan dan dipegang banyak orang, sehingga dapat menjadi sarang bakteri dan tidak higienis.
  4. Penggunaan uang tunai biasanya tidak menawarkan promo atau diskon khusus pada pembayaran.

Uang Digital

Uang digital, atau sering disebut juga sebagai uang elektronik, mengacu pada bentuk uang yang hanya ada dalam bentuk digital dan tidak berbentuk fisik. Beberapa keunggulan uang digital antara lain:

  1. Uang digital memungkinkan pembayaran dan transaksi yang lebih cepat dan mudah, terutama dalam pembelian online dan transaksi non-tunai di tempat-tempat yang menerima pembayaran digital.
  2. Uang digital dapat diakses melalui kode keamanan dan PIN, sehingga lebih aman daripada membawa uang tunai yang rentan terhadap pencurian.
  3. Setiap transaksi dengan uang digital tercatat dengan detail, memudahkan untuk melacak pengeluaran.
  4. Penggunaan uang digital tidak memerlukan membawa uang tunai dalam jumlah besar, sehingga lebih aman dari risiko pencurian. Selain itu, dengan uang digital kita juga tidak perlu repot dengan pecahan uang karena pembayaran dengan uang digital dilakukan secara elektronik.
  5. Banyak platform uang digital menawarkan diskon, promo, atau cashback sebagai insentif untuk pengguna.

Namun, uang digital juga memiliki kelemahan:

  1. Penggunaan uang digital memerlukan perangkat elektronik seperti ponsel pintar atau kartu kredit, yang dapat menjadi masalah jika perangkat tersebut rusak atau kehabisan daya.
  2. Beberapa platform pembayaran digital menerapkan biaya tambahan untuk transaksi, yang bisa menambah beban keuangan bagi pengguna.
  3. Meskipun semakin berkembang, belum semua tempat di Indonesia menerima pembayaran dengan uang digital.
  4. Penggunaan uang digital dapat membuat seseorang lebih konsumtif karena tergoda dengan promo dan diskon yang ditawarkan.

TERUS IKUTI PERKEMBANGAN IPO GRUP AKSELERAN

Ayo dukung pertumbuhan ekonomi dengan memberikan pendanaan UMKM secara aman di Akseleran! Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil hingga 10,5% per tahun di Akseleran.

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di P2P Lending Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau via email [email protected]

Penulis: Ayu Diah Callista | Editor: Rimba Laut