Wajib Tahu Nih! 8 Cara Menguatkan Sinyal WiFi

0
872
Cara Menguatkan Sinyal WIFI

WiFi dinilai dapat menyediakan jaringan internet yang lebih cepat dan stabil daripada mobile data. Namun demikian, akses internet dari jaringan WiFi juga bisa terganggu atau menjadi sangat lambat. Itulah mengapa, cara menguatkan sinyal WiFi menjadi salah satu informasi yang marak dicari oleh pengguna internet saat ini.  Untuk itu, Anda bisa mengikuti beberapa tips di bawah ini. 

  • Pindahkan Posisi Router 

Cara menguatkan sinyal WiFi yang pertama adalah dengan mengubah letak router. Sebisa mungkin, carilah posisi yang strategis atau tidak tertutupi. Sebagai contoh, hindari menaruh router di sekitar jendela. Hal itu justru akan membuat sinyal WiFi Anda tidak mampu menyebar.  

Sebaiknya, letakkan router di tempat yang minim penghalang, seperti misalnya ditaruh di ruang tengah rumah Anda. Kemudian, taruh router di posisi yang lebih tinggi agar sinyalnya bisa menyebar luas. Pun, sebisa mungkin hindari meletakkan router di dekat radio atau TV, agar sinyalnya tidak terganggu. 

  • Gunakan Access Point untuk Memperluas Jangkauan WiFi

Untuk cara menguatkan sinyal WiFi berikutnya, Anda bisa memanfaatkan access point. Pengertian dari access point sendiri adalah penggunaan router tambahan yang bisa memperluas jangkauan sinyal WiFi. Jadi, Anda bisa menaruh router tambahan di ruangan lain. Kemudian, gunakan sambungan kabel LAN untuk menghubungkannya ke router WiFi yang asli.

Dengan begitu, Anda pun tetap bisa mengakses internet di ruangan lain yang posisinya agak berjauhan dengan lokasi router WiFi diletakkan. Contohnya saja, jika router WiFi berada di lantai 1, Anda bisa tetap menggunakannya jaringan internet tersebut di lantai 2 dengan bantuan access point

  • Manfaatkan WiFi Extender/Repeater

Ini merupakan alternatif yang lebih murah ketimbang access point. Hal ini karena WiFi Extender/Repeater tidak memerlukan sambungan kabel LAN. Bentuknya pun sangat ringkas sehingga mudah dibawa ke mana saja. Untuk memakainya, Anda hanya perlu memasukkannya ke USB port komputer atau laptop. 

Selain bisa mendukung kebutuhan koneksi internet di rumah, WiFi Extender/Repeater juga dapat membantu Anda terhubung ke jaringan WiFi publik. Sebagai contoh, ketika Anda sedang mengerjakan tugas di sebuah kafe, hubungkan alat ini ke laptop sehingga sinyal WiFi yang ditangkap jadi lebih kuat. 

  • Gunakan Aplikasi yang Bisa Memperkuat Tangkapan Sinyal WiFi 

Bagi Anda pengguna ponsel pintar, cara menguatkan sinyal WiFi berikut ini patut dicoba. Unduh aplikasi yang dapat membantu memperkuat tangkapan sinyal WiFi di ponsel pintar Anda. Dalam hal ini, WiFi Manager adalah salah satu aplikasi populer yang banyak dimanfaatkan pengguna smartphone untuk mendeteksi dan memperkuat tangkapan sinyal jaringan internet nirkabel. Dengan aplikasi ini, Anda juga dapat mengecek seberapa cepat koneksi yang ditawarkan oleh jaringan WiFi tersebut. 

  • Restart atau Reboot Router Secara Berkala

Jika koneksi internet Anda terasa lemot, cobalah untuk me-restart atau me-reboot router WiFi. Selayaknya mesin, router yang dibiarkan menyala dalam jangka waktu yang lama—tidak pernah di-restart sama sekali—juga bisa mengalami gangguan. Akibatnya, sinyal WiFi bisa terganggu atau koneksi menjadi tidak lancar. Untuk itu, kembali segarkan koneksi jaringan WiFi Anda dengan me-restart atau me-reboot router secara berkala.

Baca juga: Ini Dampak Perkembangan Teknologi yang Dapat Dirasakan

  • Ubah Channel Jaringan WiFi 

Cara menguatkan sinyal WiFi selanjutnya bisa dengan mengubah salurannya. Pilih saluran yang jarang dipakai orang lain agar koneksi internet Anda menjadi lebih lancar. Untuk mengetahui soal channel ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi WiFi Analyzer. Aplikasi tersebut bisa diunduh dengan mudah di perangkat Android. 

Setelah memasangnya di perangkat Android Anda, cek channel mana yang sekiranya sudah terlalu penuh. Kemudian, pilih opsi saluran WiFi yang masih jarang dipakai atau masih sepi. Pada tahap selanjutnya, kunjungi halaman konfigurasi modem dan ubah saluran WiFi Anda. 

  • Ganti Pengaturan Dasar di Perangkat Android

Poin ini membahas cara menguatkan sinyal WiFi pada perangkat Android. Demi koneksi internet yang lancar, sebaiknya atur kembali pengaturan dasar di perangkat Android Anda. Masuk ke menu Setting, lalu pilih opsi Wi-Fi Advanced. Setelah itu, centang pada opsi avoid poor connection. Dengan cara ini, perangkat Android Anda hanya akan menggunakan sinyal WiFi dengan konektivitas terbaik saja.

  • Perkuat Keamanan Sinyal WiFi 

Salah satu alasan mengapa koneksi WiFi bisa lemot adalah adanya kebocoran akses kepada pengguna lain yang tidak Anda ketahui. Maka untuk mencegahnya, pakai password yang unik, yang terdiri atas angka, huruf besar, dan huruf kecil. Pun, gunakan sistem enkripsi WPA2 untuk memperkuat keamanan jaringan WiFi. 

Demikian beberapa cara menguatkan sinyal WiFi yang bisa dicoba. Untuk menghindari jaringan WiFi yang lemot, perhatikan juga jumlah pengguna jaringan tersebut. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]