Apa Itu Akselerasi dan Bagaimana Cara agar Dapat Terus Berakselerasi?

1
16381
Akselerasi Adalah

Tak bisa dimungkiri, pandemi mengakibatkan keterbatasan ruang gerak dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk sektor perekonomian. Agar bisnis tetap bertahan, banyak pemilik bisnis yang harus mengikuti dan beradaptasi terhadap perkembangan baru, terlebih pelaku bisnis skala kecil atau UKM. Sudah pasti, pemilik bisnis harus melakukan langkah akselerasi supaya bisnis bisa berkembang. Lalu, apa itu akselerasi dan bagaimana caranya supaya tetap bisa berakselerasi?

Akselerasi Adalah

Secara umum, akselerasi adalah percepatan. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata akselerasi adalah proses untuk mempercepat, peningkatan kecepatan atau percepatan, dan laju perubahan kecepatan. Apabila dikaitkan dengan bisnis, akselerasi menjadi suatu cara atau strategi percepatan yang dilakukan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Misalnya, dengan mengadopsi digital marketing untuk promosi produk. 

Setiap bisnis pasti memiliki tujuan. Nah, ketika bisnis telah mulai dijalankan, langkah akselerasi sangat diperlukan untuk membantu mencapai tujuan lebih cepat. Berkaitan dengan bisnis baru, tentu dibutuhkan keberanian untuk menjalankan langkah percepatan tersebut. Saat Anda memiliki peluang untuk melebarkan atau mengembangkan bisnis, jangan abaikan karena inilah kesempatan terbaik Anda. 

Akselerasi dilakukan supaya bisnis dapat mencapai posisi maksimal lebih cepat, mampu mempersiapkan diri dengan menjaga keseimbangan bisnis untuk kembali mengembangkan modal di masa depan. Langkah ini dapat diaplikasikan dengan melakukan semua rencana yang telah disusun dan mengalokasikan semua sumber daya yang dimiliki dengan lebih maksimal. Tak lupa, melakukan monitoring kerja semua pihak yang terlibat melalui riset dan audit. 

Bagaimana Caranya Supaya Dapat Terus Berakselerasi?

Supaya bisa terus berakselerasi sehingga bisnis yang Anda miliki tetap berkembang di tengah ketatnya persaingan, salah satu cara yang bisa Anda terapkan adalah mengadaptasi digital marketing, mulai dari promosi melalui sosial media, mengetahui bagaimana cara meningkatkan penjualan, dan pastinya meningkatkan kesadaran pelanggan terhadap bisnis Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda perhatikan:

Menjalin Kerja Sama dengan Komunitas di Sosial Media

Adanya kolaborasi atau kerja sama yang dilaksanakan dengan berbagai komunitas tertentu pada sosial media bisa membantu meningkatkan percepatan bisnis. Anda juga bisa memilih sendiri komunitas sesuai dengan tujuan maupun lini bisnis. Bentuknya pun bervariasi, mulai dari posting hingga tags di platform sosial media untuk bisa meningkatkan engagement.

Terdapat empat jenis pilar yang dapat menunjang perencanaan bisnis para pelaku usaha kecil dan menengah atau UKM, yaitu curation, conversation, community, dan commerce. Keempat pilar tersebut bisa digunakan sebagai strategi akselerasi bisnis melalui platform sosial media. Jadi, bisnis para pelaku UKM tetap bisa bertahan di masa pandemi.

Membuat Konten Menarik dan Inspiratif

Langkah berikutnya untuk melakukan akselerasi adalah membuat konten yang menarik dan inspiratif. Konten yang menarik, informatif, dan inspiratif akan sangat menguntungkan para pemilik bisnis yang mengincar remaja dan usia muda produktif sebagai sasaran pemasaran terbanyak. Sebab, riset menunjukkan bahwa sebanyak 57% remaja milenial masa kini menyukai berbagai konten yang menonjolkan kreativitas. 

Anda bisa membuat konten tersebut lebih menarik dan interaktif. Jadi, konten tadi tidak hanya disukai, tetapi juga bisa menarik minat para pelanggan baru.

Baca juga: Monetisasi Adalah: Pengertian, Jenis, dan Cara Menerapkannya

Membuat Konten Iklan

Tak hanya menyajikan berbagai konten yang menyenangkan, informatif, inspiratif, dan pastinya kreatif, Anda juga dapat membuat konten iklan atau pemasaran produk melalui platform sosial media. Selanjutnya, iklan tersebut akan sangat membantu produk yang Anda pasarkan masuk dalam halaman utama para pengguna yang tepat sasaran. 

Salah satu bentuk konten iklan yang cukup diminati adalah video sharing yang menarik. Melalui video dengan durasi singkat, Anda bisa meningkatkan kepercayaan sekaligus memberikan pengaruh pada perilaku calon pelanggan. Dengan begitu, produk Anda pun lebih cepat dikenal dan bisa membantu meningkatkan angka penjualan.

Cermati Customer Journey

Langkah terakhir untuk tetap bisa melakukan akselerasi adalah memperhatikan customer journey dengan seksama. Aspek ini bisa Anda lihat melalui awareness, consideration, transaction, juga retention and advocacy dari para pelanggan. Melalui empat komponen tersebut, Anda bisa mengetahui siklus pelanggan yang sudah melakukan pembelian terhadap produk yang Anda tawarkan. 

Akselerasi adalah langkah yang tidak hanya dibutuhkan saat kesempatan terasa begitu terbuka dengan lebar, tetapi juga diperlukan saat peluang bisnis seolah sedang tertutup. Pastikan Anda menerapkan langkah yang tepat sehingga tujuan dapat tercapai lebih cepat. Semoga bermanfaat. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].