Revolusi Investasi Terkini di Era Digital

0
358
Teknologi finansial terbaru

Di zaman yang semakin bekembang ini, kegunaan teknologi menjadi salah satu perantara penggunaan transaksi keuangan nomor satu di dunia, baik itu penjualan, pembeliaan, sebagai sarana dalam berbisnis maupun investasi.

Untuk itu lah, terdapat beberapa perkembangan dalam teknologi finansial terbaru yang pastinya akan membantu dalam setiap permasalahan dan kebutuhan manusia.

Perkembangan Fintech Terbaru di Indonesia

Dulu, di tahun 80-an lahir fintech generasi pertama yang menghadirkan mesin ATM. Dengan adanya mesin ATM, pengambilan uang yang awalnya manual kini mulai terganti hanya dengan menggunakan mesin saja sehingga tidak perlu lagi pergi ke teller bank

Butuh waktu tidak sebentar bagi masyarakat luas agar mulai terbiasa dan percaya pada sistem fintech ini.

Lalu akhirnya zaman semakin berkembang, dan di sinilah kita semua berada.

Anda sekarang sudah dapat melihat mesin ATM sebagai sesuatu yang biasa, bahkan industri fintech juga sudah semakin berkembang jauh lebih canggih.

Apalagi, dengan adanya OJK, serta terbitnya peraturan OJK yang berisi mengenai pengatur di dalam jasa fintech, membuat teknologi finansial terbaru ini semakin mendapatkan kepercayaan masyarakat setempat.

Karena hal itulah, semakin lama sistem dan pengoperasian yang disediakan fintech pun mulai banyak pilihan serta beragam yang tentunya dapat memudahkan bagi para pengguna. 

Sistem Terbaru Fintech di Indonesia

Ini lah beberapa perkembangan terbaru fintech yang dapat Anda temui di berbagai perusahaan yang terdaftar di OJK:

1. Microfinancing

Adalah pelayanan yang membantu khusus bagi masyarakat kelas menengah ke bawah.

Tujuannya cukup mudah, yaitu dengan harapan membantu mereka yang ingin membuat suatu usaha agar dapat berkembang di kemudian hari.

2. Crowdfunding

Maksud dari crowdfunding sendiri adalah bentuk penanggalan dana yang di lakukan di dunia maya / secara online untuk menjalankan suatu proyek tertentu yang dalamnya mencakup beberapa orang yang berpartisipasi.

Bahasa mudahnya, ini adalah salah satu tempat pendanaan yang mempertemukan pengusaha dan investor yang memberikan dana bagi suatu proyek / usaha baru yang ingin berkembang.

Sistem crowdfunding banyak terpakai oleh masyarakat luas bagi mereka yang ingin mencari investor, atau bagi mereka yang ingin berinvestasi pada sebuah perusahaan untuk mendapatkan keuntungan.

3. Sistem Layanan Pembayaran Digital

Atau terkenal dengan digital payment system adalah sebuah layanan yang membantu Anda melakukan pembayaran jual beli secara online.

Beberapa contohnya, adalah sistem pelayanan online yang akan membayar tagihan listrik, tagihan kartu kredit. Salah satu yang sedang populer, Anda bisa membayar makanan, baju di mall dan resto tanpa menggunakan uang cash dan hanya menggunakan layanan pembayaran tersebut.

Apalagi, banyak platform pembayaran online yang memberikan keuntungan lebih seperti diskon dan potongan harga jika membayar dengan jasanya.

4. Peer to Peer Lending

Adalah salah satu layanan yang dapat mempertemukan investor dengan penyedia jasa yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Fintech P2P Lending ini adalah salah satu fintech yang mendukung suatu usaha kecil atau menengah di Indonesia. Dengan adanya layanan ini, mulai banyak orang yang berani tampil dan secara mandiri membuat usaha sendiri dengan bantuan dari para investor investor yang bersedia bekerjasama.

Baca juga: Mengenal P2P Fintech Lending sebagai Alternatif Investasi

5. Pelayanan Manajemen Risiko dan Investasi

Mungkin beberapa dari Anda tidak tahu mengenai sistem ini. Tapi, pelayanan ini masih termasuk ke dalam salah satu sistem pelayanan fintech yang sedang berkembang di Indonesia.

Dengan pelayanan manajemen risiko dan Investasi. Dana akan dibantu dan diarahkan untuk mengambil jenis investasi terbaik dan tepat bagi Anda.

Pelanggan diharapkan teliti ketika memilih jenis investasi yang ada. Para pengguna harus lebih teliti agar mengurangi dan menghilangkan risiko kerugian investasi yang akan ada jika salah mengambil jenis Investasi yang tepat

6. Pelayanan e-Aggregator

merupakan suatu platform yang melayani masyarakat yang ingin mencari tahu mengenai informasi dari produk keuangan yang ada. Hal ini dapat membantu mereka investor baru karena dengan pelayanan ini, Anda dapat melihat kelebihan dari berbagai investasi keuangan yang ada,

7. Pinjaman Online

Pinjaman online adalah pelayan fintech yang sedang ramai dibicarakan di Indonesia. Dengan syarat pinjaman online lebih mudah jaminan keamanan data dari OJK membuat masyarakat jadi tidak khawatir mempercayakan diri mereka pada pelayanan ini.

MAsyarakat yang membutuhkan tambahan dana mendesak pun tidak perlu khawatir, karena syarat pengajuan dan pendaftarannya tidak repot.

Banyak sekali bukan keuntungan yang disediakan oleh teknologi finansial?

Selain membantu masyarakat dalam berbagai proses keuangan baik pinjaman maupun investasi. Fintech sendiri memiliki peran penting di dalam industri keuangan di Indonesia. Salah satunya adalah membantu di dalam meningkatkannya profitabilitas perbankan, membantu proses perbankan secara mudah dan cepat.

Apalagi fintech melakukan transaksi selama 24 jam perhari tidak seperti bank yang hanya membatasi pada jam kerja saja. Sehingga pengguna tidak perlu bersusah payah pergi dan mengantar, hanya gunakan platform fintech maka berbagai jenis permasalahan keuangan Anda dapat teratasi dengan cepat.

Dengan kemudahan yang ada inilah, akhirnya pengaruh fintech dalam peningkatan ekonomi terbilang besar dan drastis.

Orang orang yang bisanya jarang melakukan pembayaran. Dengan sistem digital payment, membuat membuat masyarakat lebih sering berbelanja secara online.

Tercatat, setelah adanya sistem fintech ini, membuat transaksi jual beli  lebih besar. Hasilnya, perputaran ekonomi pun makin cepat berlangsung. 

Kelebihan dan Kekurangan Fintech

Alasan terciptanya teknologi finansial sendiri adalah agar masyarakat dapat melakukan transaksi efisien, ada banyak keuntungan menggunakan fintech yang bisa Anda nikmati. Namun, fintech pun masih memiliki beberapa kekurangan yang perlu Anda waspadai.

Keuntungan menggunakan teknologi finansial terbaru diantaranya adalah:

  • Mempermudah Transaksi Penjual dan Pembeli
  • Proses yang Cepat
  • Dalam Melakukan Transaksi Dimanapun 24 jam / hari
  • Informasi yang Tepat

Selain itu, bagi Anda yang memiliki pembayaran bulanan seperti pembayaran kartu kredit atau yang lainnya, ada fitur berupa notifikasi sehingga akan mengingatkan sehingga Anda tidak akan telat dalam hal membayar tagihan.

Adapun kelemahan dari fintech ini berupa

  • Harus ada Internet. Transaksi hanya akan berjalan kalau ada internet karena dilakukan secara online
  • Banyak Penipuan. Walaupun menggunakan fintech akan mendapatkan keamanan yang tinggi.

Tidak jarang orang terjebak dalam modus penipuan menggiurkan dan malah terjerat masuk ke dalam perangkap sehingga baik data pribadi, maupun akun Anda akan bocor dan pelaku dapat mendapatkan akses pada akun Anda.

Teknologi finansial selalu mendapatkan  perkembangan yang makin memuaskan para penggunanya semakin bergantinya tahun.

Karena kemudahan yang fintech berikanlah makannya makin banyak yang percaya dan menggunakan platform dari fintech ini untuk melakukan transaksi di dalam kehidupan sehari hari baik itu jual beli, membayar tagihan, tabungan, investasi dan lain sebagainya.

Karena itu pula banyak startup-startup yang melakukan bisnis di bidang finansial teknologi ini karena akan banyak sekali peminatnya.

Dengan banyaknya perusahaan yang bersaing, tentu hal ini akan membuat perkembangan di bidang fintech ni akan terjadi. Sehingga tanpa sadar, akan ada banyak teknologi finansial terbaru, baik itu fitur dan kegunaan lain yang akan muncul akibat persaingan tersebut yang tentunya lebih mempermudah para pelanggan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].