Equity Fund: Pengertian dan Fungsinya

0
553
Equity Fund Adalah

Equity Fund adalah atau dalam bahasa lainnya reksa dana saham. Reksa dana saham merupakan salah satu jenis investasi reksa dana. Selain itu, ada reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana campuran. Untuk mengetahui jenis investasi reksa dana yang sesuai, Anda harus mengetahui profil risikonya. 

Reksa dana saham merupakan jenis reksa dana yang 80% dananya diinvestasikan ke instrumen bersifat ekuitas atau saham. Sementara itu, sisanya yang berjumlah 20% diinvestasikan ke berbagai instrumen lainnya.

Apa Itu Reksa Dana Saham?

Mengapa Anda perlu memilih reksa dana saham dibandingkan jenis reksa dana lainnya? Simak karakteristik reksa dana saham berikut agar Anda dapat menentukan investasi yang tepat. 

  • Memiliki Risiko Lebih Tinggi

Reksa dana saham memiliki risiko yang lebih tinggi dibandingkan jenis reksa dana lainnya. Investasi memang berkaitan dengan risiko yang harus ditanggung. Namun, kadarnya berbeda-beda tergantung pada jumlah dana yang diinvestasikan. 

  • Cocok Bagi Investor Agresif

Karena risikonya tergolong tinggi, reksa dana saham sangat cocok bagi investor yang memiliki profil risiko agresif. Sebelum terjun ke dalam suatu investasi, ada baiknya mengecek terlebih dahulu profil risiko yang sesuai dengan karakter Anda. 

Jika agresif, equity fund adalah jenis investasi yang sangat cocok. Artinya, Anda bisa mengoptimalkan nilai risikonya hingga menghasilkan keuntungan.

  • Menawarkan Return Lebih Besar

Sebanding dengan risikonya, reksa dana saham menawarkan peluang return yang lebih tinggi dibandingkan jenis investasi reksa dana lainnya. Banyak investor tertarik dengan keunggulan ini. Artinya, keuntungan yang didapatkan akan lebih optimal jika mengelola investasi reksa dana dengan baik.

  • Untuk Investasi Jangka Panjang

Salah satu karakter reksa dana saham adalah merupakan investasi jangka panjang. Ini berarti Anda perlu menunggu waktu yang cukup lama untuk mendapatkan imbal hasil. Rata-rata return dari reksa dana saham akan optimal setelah jangka investasi selama 5 tahun hingga 10 tahun.  

Tips Memilih Reksa Dana Saham

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum menentukan jenis investasi reksa dana yang akan dikembangkan. Berikut di antaranya:

  • Tentukan Tujuan

Untuk apa Anda berinvestasi? Investasi sejatinya berfungsi untuk mencapai sebuah tujuan khusus dalam hal keuangan. Ada tujuan yang bersifat jangka pendek, jangka menengah, atau jangka panjang. Tujuan yang tepat akan membuat Anda tidak salah dalam memilih instrumen investasi yang cocok. 

Sebagai contoh, jika Anda ingin mencapai tujuan jangka panjang, misalnya menyiapkan dana pensiun, jenis investasi yang cocok adalah reksa dana saham. Namun, jika ingin mencapai tujuan jangka pendek, misalnya liburan, Anda bisa mengharapkan return dari reksa dana pendapatan tetap

  • Perhatikan Faktor Sekuritas

Untuk memulai berinvestasi pada reksa dana saham atau equity fund adalah, ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yaitu membeli secara online atau membeli langsung. Jika ingin melakukannya secara langsung, Anda bisa menghubungi perusahaan manajer investasi atau lembaga perbankan. Jika ingin secara online, ada banyak perusahaan sekuritas yang kini menawarkannya.

Dari sekian banyak tawaran, hal yang perlu diperhatikan adalah faktor keamanan. Perusahaan sekuritas tersebut wajib terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar investasi yang Anda lakukan pun terjamin. 

Baca juga: Cara Memilih Sekuritas Terbaik Beserta Ciri-Cirinya

  • Persiapkan Rencana Investasi

Tiap jenis investasi pasti diiringi dengan risiko meskipun kadarnya berbeda-beda. Hal ini tidak sama dengan menabung di bank. Namun, Anda tidak perlu takut untuk mulai berinvestasi asal ada plan atau rencana keuangan yang terstruktur. 

Rencana keuangan yang baik akan memperkecil risiko yang mungkin bakal dihadapi sebagai efek dari investasi. Bukan tidak mungkin, dengan rencana yang matang, Anda juga bisa melakukan recover terhadap investasi sehingga justru menghasilkan keuntungan yang berlipat.

  • Tidak Perlu Memaksakan Diri

Untuk berinvestasi, Anda tidak perlu memaksakan diri. Manfaatkan modal yang ada. Saat ini, ada banyak pilihan yang memungkinkan Anda untuk berinvestasi dengan modal kecil

Jika Anda masih pemula dalam mengelola investasi, tidak perlu takut. Kenali karakteristik diri dan pahami risiko investasinya untuk menentukan pilihan terbaik. Dengan pengelolaan yang tepat, equity fund adalah penghasil keuntungan yang optimal.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]