Cara Memilih Sekuritas Terbaik Beserta Ciri-Cirinya

0
4043
Sekuritas Terbaik

Kesempatan berinvestasi pada sekuritas semakin terbuka lebar dengan semakin banyaknya perusahaan sekuritas yang bermunculan. Namun untuk menentukan sekuritas terbaik, apa saja yang perlu diperhatikan agar tidak justru merugi di masa mendatang?

Definisi Sekuritas

Dewasa ini kesadaran masyarakat untuk berinvestasi semakin tinggi. Adapun salah satu istilah yang sering muncul terkait bidang ini adalah sekuritas.

Dalam dunia keuangan dan pasar modal, yang dimaksud dengan sekuritas adalah dokumen yang menjadi bukti penyertaan investasi seseorang terhadap sebuah bisnis atau perusahaan tertentu. Awalnya sekuritas berupa dokumen fisik, tetapi perkembangan teknologi digital menyebabkan sebagian besar sekuritas kini dalam bentuk dokumen elektronik.

Sekuritas juga dapat diartikan sebagai surat utang yang memiliki sifat likuid. Artinya, sekuritas dapat dicairkan menjadi uang atau kas dengan cepat. Oleh karena itulah banyak orang—termasuk pemula dalam investasi—yang memilih instrumen ini untuk menanamkan uangnya guna memperoleh keuntungan nilai di masa mendatang.

Jenis-Jenis Sekuritas

Mengetahui jenis-jenis sekuritas akan sangat membantu Anda dalam menentukan sekuritas terbaik. Adapun secara umum, sekuritas terbagi menjadi tiga jenis sebagai berikut.

  • Sekuritas Penghasilan Tetap

Instrumen jenis sekuritas ini adalah obligasi, yakni surat utang jangka menengah-panjang yang dibayarkan pada jangka waktu tertentu. Pihak yang mengeluarkan obligasi dapat berupa pemerintah maupun perusahaan swasta.

Bunga obligasi dibayarkan dalam periode tertentu dengan rentang waktu umumnya antara satu sampai lima tahun. Besarnya suku bunga pasar memengaruhi jenis sekuritas ini—jika suku bunga pasar turun, maka harga obligasi akan turun dan sebaliknya.

  • Sekuritas Penghasilan Tidak Tetap

Instrumen jenis investasi ini adalah saham atau ekuitas, yakni tanda penyertaan modal seseorang dalam sebuah perusahaan. Pihak yang menerbitkan saham adalah perusahaan pemerintah maupun swasta.

Saham menjadikan pemiliknya mempunyai klaim atas pendapatan serta aset perusahaan tersebut. Selain itu, pemilik saham juga berhak hadir dalam RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham).

  • Sekuritas Karakter Pilihan

Yang termasuk dalam jenis sekuritas ini adalah warrant, yakni hak untuk membeli saham pada waktu tertentu dengan harga tertentu yang telah ditentukan oleh penerbit warrant. Adapun yang merupakan jenis warrant antara lain index warrant dan stock warrant.

Warrant umumnya digunakan sebagai tambahan ketika obligasi diterbitkan. Seperti saham, jenis sekuritas ini juga dapat diperjualbelikan.

Cara Memilih Sekuritas Terbaik

Cara memilih sekuritas terbaik pada dasarnya terbagi atas dua hal utama: memilih jenis sekuritas yang cocok dan memilih perusahaan sekuritas yang kredibel.

Memilih Jenis Sekuritas

Tiap jenis sekuritas mempunyai risiko, karakter, dan keuntungan masing-masing. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan berbagai pertimbangan untuk menentukan jenis sekuritas terbaik mana yang sesuai dengan tujuan investasi maupun karakter diri sendiri.

Memilih Perusahaan Sekuritas

Melakukan investasi pada beragam instrumen sekuritas dapat dilakukan hanya dengan melalui perusahaan sekuritas. Seperti namanya, perusahaan ini adalah perantara antara investor dan pasar modal. 

Untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik demi meminimalisasi kerugian di masa yang akan datang, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

  • Legalitas Perusahaan Sekuritas

Cara pertama adalah dengan memilih perusahaan sekuritas yang sudah terdaftar di OJK dan BEI. Ada ratusan perusahaan yang telah dinilai legal oleh negara sehingga jangan sampai Anda justru terjebak dengan perusahaan abal-abal. Salah satu cara untuk mengecek apakah perusahaan sekuritas yang diincar legal atau tidak adalah melalui akses di situs idx.com. 

Baca juga: Sudah Tahu Bedanya Fintech Legal OJK dan yang Ilegal?

  • Cek Rekam Jejak

Rekam jejak alias track record adalah indikator penting dalam memilih perusahaan sekuritas terbaik. Sebagai catatan awal, tak perlu terlalu kaget jika sebagian besar perusahaan sekuritas pernah mendapat teguran BEI mengingat sanksi berupa teguran BEI memang biasa diberikan untuk kasus yang masih dalam batas wajar. Namun bila perusahaan incaran sudah memiliki banyak stigma, hindari berinvestasi untuk memperkecil risiko menyesal di kemudian hari.

  • Biaya dan Setoran

Setiap transaksi akan menimbulkan biaya komisi untuk broker alias pialang. Nominalnya berbeda-beda setiap perusahaan sehingga Anda perlu cermat dalam menyeleksinya. Selain itu, perhatikan pula batas setoran awal—pilihlah sesuai kemampuan dengan tetap mempertimbangkan aspek keamanan lainnya.

Sekuritas adalah sebuah dokumen fisik maupun elektronik yang menjadi bukti penyertaan investasi seseorang terhadap sebuah perusahaan. Berdasarkan jenisnya, sekuritas terbagi atas sekuritas penghasilan tetap, sekuritas penghasilan tidak tetap, dan sekuritas karakter pilihan. Hal ini menjadi salah satu acuan dalam memilih sekuritas terbaik di samping memperhatikan pula aspek kredibilitas perusahaan sekuritas yang diincar.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]