Keuntungan Melakukan Investasi pada Surat Berharga Negara

0
3570
Surat Berharga Negara

Bagi Anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang investasi, sudahkah mendengar tentang Surat Berharga Negara (SBN)? Surat ini termasuk salah satu jenis investasi berupa dokumen resmi yang cukup populer di masyarakat. Sebagai sebuah instrumen investasi, surat berharga negara tak hanya menguntungkan bagi keperluan negara, tetapi juga bagi para investor—baik itu secara perorangan, perusahaan, atau bahkan negara lainnya. 

Apa saja keuntungan dengan berinvestasi pada SBN? Ikuti informasi selengkapnya berikut ini.  

Apa itu SBN?

SBN atau surat berharga negara adalah sebuah dokumen penting yang dipublikasikan oleh pemerintah untuk mendanai APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Indonesia). Dokumen ini juga dapat digunakan sebagai suatu instrumen investasi karena bisa memberikan keuntungan bagi para investornya. 

SBN terbagi dalam beberapa jenis instrument, di antaranya Surat Utang Negara (SUN), Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), Obligasi Negara Ritel (ORI), Surat Berharga Syariah Negara (SBSN), serta Sukuk Ritel (SR). Dengan demikian, seluruh warga negara dapat memilih investasi sesuai dengan jenis instrumen yang diminati dalam jangka waktu yang mereka inginkan. 

Investasi surat berharga negara dapat dimulai dari angka minimum pembelian yang relatif terjangkau yaitu Rp1.000.000 saja. Karenanya, khalayak dari berbagai kalangan dapat mencoba berinvestasi sesuai kemampuan ekonomi mereka. 

Selain itu, karena SBN merupakan salah satu produk investasi yang ditawarkan pemerintah, seluruh keamanan dalam berinvestasi (menarik kembali dana pokok serta mendapat keuntungan sesuai bunga yang ditentukan) dijamin oleh Undang-Undang yang mengatur surat berharga negara maupun Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Keuntungan Berinvestasi pada Surat Berharga Negara

Berikut ini beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan bila berinvestasi dengan surat berharga negara.

  • Pajak SBN Lebih Rendah Dibanding Pajak Deposito

Para investor SBN, terutama ORI dan sukuk, hanya akan dikenakan pajak sebesar 15%. Angka tersebut lebih rendah daripada pajak investasi deposito, yaitu 20%. Dengan demikian, investor pun bisa mendapat keuntungan dari nilai bunga besar serta pajak kecil.

  • Tingkat Risiko yang Relatif Rendah

Investasi surat berharga negara, terutama ORI dan SUN, terjamin keamanannya oleh negara. Dengan demikian, investasi pun lebih stabil dengan risiko yang relatif lebih rendah dibandingkan instrumen investasi yang diterbitkan perusahaan swasta. Artinya, dana yang diinvestasikan dalam semua bentuk SBN akan selalu menghasilkan keuntungan per bulannya, kecuali jika negara sedang mengalami kondisi darurat seperti krisis atau konflik besar.

  • Bagi Hasil & Bunga Bersifat Kompetitif

Dalam investasi SBN, jumlah bunga serta sistem bagi hasil relatif lebih besar daripada imbal hasil investasi deposito. Artinya, Anda dapat meraih nilai bunga yang cukup bersaing. Meskipun jumlah kupon bunga ORI berbeda per serinya, nilainya akan selalu disesuaikan berdasarkan suku bunga Bank Indonesia terkini.

Sebagai contoh, kupon bunga ORI tertinggi ada pada tahun 2006, yakni sebesar 12,05%. Sementara itu, besaran kupon bunga terendahnya adalah 6,25% pada tahun 2009. Nilai tersebut tetap saja lebih besar dibandingkan dengan nilai bunga deposito tertinggi yang bahkan sekarang pun masih berada pada angka 6%.

Sebagai informasi tambahan, kupon bunga surat berharga negara akan selalu dibayarkan setiap bulannya. Nilai total dana investasi pun dapat selalu dipantau oleh para investor.

  • Dapat Digadaikan

Dewasa ini, banyak masyarakat yang masih meragukan keamanan dan likuiditas SBN. Namun, faktanya, SBN dapat digadaikan di kantor pegadaian. Investor juga dapat menjual dana SBN-nya kembali di pasar saham jika hendak berhenti berinvestasi atau mengalihkan investasi SBN-nya pada pihak investor lain.

Baca juga: 5 Jenis Agunan yang Paling Sering Digunakan di Indonesia!

  • Aman dari Fluktuasi Pasar

Tidak seperti instrumen investasi pada umumnya, surat berharga negara dilengkapi dua sumber profit, yakni capital gain maupun kupon bunga. Kedua bentuk keuntungan tersebut akan selalu dibayarkan negara kepada para investor secara konsisten karena tak dapat dipengaruhi fluktuasi pasar.

  • Kontribusi dalam Pembangunan Negara

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, Anda pun telah turut berkontribusi dalam pembangunan nasional serta peningkatan kesejahteraan seluruh rakyat di negeri ini dengan berinvestasi pada SBN. Tentunya, hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi para investor.

Jadi, bagi Anda yang sedang berpikir tentang memulai investasi, surat berharga negara mungkin bisa jadi pilihan media investasi yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai keuntungan yang dapat diraih. Yuk, berinvestasi pada SBN!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]