Kenalan Sama Apa Itu Saving Bond Ritel (SBR)

0
4645
Saving Bond Ritel

Sebagian masyarakat Indonesia sekarang mulai menyadari pentingnya memiliki investasi. Tetapi banyaknya jenis-jenis dari investasi membuat mereka belum mengetahui investasi yang sedang berkembang di Indonesia. Salah satunya, Saving Bond Ritel (SBR).

Saving Bond Ritel (SBR) merupakan portofolio investasi yang dijamin negara atau yang dikeluarkan pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). SBR pertama kali diluncurkan untuk menutupi kekurangan APBN 2014, dan mulai diperkenalkan di kota Surabaya dan dilanjutkan di kota-kota besar seperti Makassar, Semarang, Bandung, dan Medan.

SBR ini adalah sebuah surat utang yang dijual atau dipasarkan ritel kepada para masyarakat yang memiliki status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI). targetnya ialah perorangan bukan suatu institusi atau badan usaha, seperti pegawai/karyawan, ibu rumah tangga sampai generasi milenial.

Obligasi negara diterbitkan untuk menahan defisit APBN 2018. Pada tahun ini, kebutuhan pembiayaan anggaran di DPR mencapai angka Rp 300 triliun lebih, dan sekarang penawaran SBR sudah memasuki seri 004 pada 13 September 2018. Dengan membeli atau memiliki Saving Bond Ritel artinya kamu sudah membantu pembangunan nasional dan menambah basis investor di dalam negeri.

Kupon Saving Bond Ritel (SBR)

Pada SBR 004 penawaran kupon berada di angka 8,05% dengan waktu jatuh tempo pada 20 September 2020. Jenis dari kupon ini juga dinamakan floating with floor atau mengambang dengan tingkat kupon paling minim. Untuk besaran kupon SBR akan disesuaikan dengan perubahan suku bunga bank Indonesia sebagai acuannya.

Sementara itu, kupon minimum merupakan tingkat kupon pertama yang ditetapkan dan berlaku sampai dengan jatuh tempo.

Lebih jelasnya berikut kita buat simulasi perhitungan keuntungan pada SBR 004 dengan kupon 8,05%

  • Jumlah pembelian SBR 004 senilai  Rp 2.000.000
  • Kupon 8,05%
  • Imbal hasil kotor yang diterima per tahun: Rp 2.000.000 x 8,05% = Rp 161.000
  • Per bulan: Rp 161.000 : 12 = Rp 13.420
  • Kena pajak kupon 15% per bulan : Rp 13.420 x 15% = Rp 2.013
  • Maka keuntungan bersih yang diperoleh per bulan : Rp 13.420 – Rp 2.031 = Rp 11.389

Keunggulan investasi Saving Bond Ritel (SBR)

Selain dapat membantu pembangunan nasional dan menambah basis investor di dalam negeri. Ada 5 keunggulan lainnya dari SBR, diantaranya :

  1. Pembayaran untuk kupon dan pokok akan ditanggung oleh undang-undang SUN yang dananya disediakan oleh APBN setiap tahunnya.
  2. Pemerintah juga menyediakan fasilitas early redemption atau sebelum jatuh tempo tanpa dikenakan redemption cost sampai pada saat jatuh tempo.
  3. Bunga yang diberikan lebih tinggi jika dibandingkan dengan bunga yang diberikan oleh deposito pada umumnya.
  4. Untuk risiko gagal bayar dalam SBR sangat rendah, karena pembiayaan dijamin dan dikelola langsung oleh pemerintah.
  5. Investasi juga dimulai dari Rp 5 juta, sehingga masyarakat kelas menengah pun bisa ikut berinvestasi.

Investasi yang dijamin negara ini sangat cocok untuk mereka yang menginginkan investasi dengan jangka waktu menengah. Bagi yang sudah pensiun, investasi ini bisa digunakan untuk alternatif dari deposito mengingat keuntungannya lebih baik dibandingkan deposito.

Pilih jenis aset lainnya

Dengan memiliki banyak jenis aset, tentu akan membantu kamu untuk mengurangi risiko yang ada dalam investasi. Perlu diingat bahwa saham akan bergerak sejalan dengan prospek perusahaan, obligasi dan properti juga dipengaruhi oleh suku bunga jadi akan saling berkaitan dengan pertumbuhan ekonomi. Untuk itu sangat disarankan berinvestasi tidak dengan satu jenis aset.

Baca Juga : Kenalan Dulu Sama 5 Jenis Investasi Aman Bagi Pemula

Jika kamu memiliki ketertarikan untuk berinvestasi dengan SBR terutama kamu yang ingin investasi jangka pendek atau menengah, SBR bisa jadi pilihan kamu. Tetapi, untuk mendapatkan hasil investasi yang lebih optimal, jangan lupa untuk diversifikasi untuk mengurangi risiko yang ada.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here