Sudah Tahu Suku Bunga Deposito di Tahun Ini? Selengkapnya di Sini!

0
1220
Bunga Deposito

Menawarkan hasil yang terbilang menguntungkan dengan risiko rendah, deposito masih banyak diminati sebagai salah satu cara andalan untuk berinvestasi. Jenis investasi ini cukup mudah untuk dilakukan karena memiliki konsep yang hampir sama dengan aktivitas menabung seperti biasa.

Meski demikian, ada beberapa perbedaan antara tabungan dan deposito. Berbeda dengan tabungan biasa yang bisa ditarik kapan saja, dana yang masuk dalam deposito harus disimpan dalam jangka waktu tertentu sesuai perjanjian yang disetujui pihak nasabah dan bank. Anda dapat mendepositokan dana selama satu bulan, tiga bulan, enam bulan, atau dua belas bulan. Selain itu, bunga yang ditawarkan pada deposito akan lebih tinggi dibandingkan dengan produk tabungan lainnya.

Besaran suku bunga deposito yang bisa Anda peroleh akan berbeda-beda pada setiap bank. Berikut adalah informasi lebih lengkap mengenai suku bunga deposito terbaru serta sejumlah faktor yang bisa memengaruhi besaran bunga deposito.

Kisaran Suku Bunga Deposito Tahun 2020

Dalam kuartal pertama di tahun 2020, suku bunga deposito pada sejumlah bank BUMN dan swasta di Indonesia berkisar antara 3-6% dengan besaran bunga rata-rata 5.5-5.7%. Tentu saja, suku bunga yang ditawarkan setiap bank akan berbeda, tergantung pada lama tenor yang dipilih nasabah untuk mendepositokan dananya.

Untuk memudahkan Anda yang ingin berinvestasi lewat deposito, berikut adalah kisaran suku bunga deposito pada sejumlah bank ternama di Indonesia. Data bank telah dikelompokkan dari penawaran suku bunga yang terendah hingga tertinggi. 

  • Kisaran Bunga 3-5%

Nama Bank Suku Bunga Deposito (dalam %)
1 Bulan 3 Bulan 6 Bulan 12 Bulan
Bank Mandiri 3.9 4.4 5.5 4.4
Bank Panin Indonesia 3.2 5.5 5.8 5.8
  • Kisaran Bunga 4-5%

Nama Bank Suku Bunga Deposito (dalam %)
1 Bulan 3 Bulan 6 Bulan 12 Bulan
Bank Central Asia Tbk (BCA) 4.5 4.5 4.5 4.6
Bank Maybank Indonesia 5.3 5.3 5.3 4.8
Bank Mega 5.8 5.8 5.6 4.5
Bank OCBC NISP Tbk 4.1 5.4 5.8 5.8
  • Kisaran Bunga 5-6%

Nama Bank Suku Bunga Deposito (dalam %)
1 Bulan 3 Bulan 6 Bulan 12 Bulan
Bank HSBC Indonesia 5.2 5.2 5.6 5
Bank Bukopin 5.5 5.8 5.8 5.9
Bank CIMB Niaga 5.1 5.3 5.5 6.3
Bank Commonwealth 5.1 5.3 5.4 5
Bank Danamon Indonesia 5.5 5.5 5.5 5.5
Bank Mayora 6.1 6.1 5.5 6
Bank Negara Indonesia (BNI) 5.1 5.8 5.5 5.3
Bank Permata Tbk 5.3 5.3 5.3 5.3
Bank Rakyat Indonesia (BRI) 5.4 5.8 5.6 5.6
Bank Tabungan Negara (BTN) 6 6 5.9 5.8

Data suku bunga di atas bersumber pada Pusat Informasi Pasar Uang (PIPU) Bank Indonesia yang diterbitkan pada minggu keempat bulan Februari 2020.

Kisaran suku bunga deposito tersebut bisa Anda jadikan acuan untuk membandingkan dan menentukan sendiri bank dengan suku bunga tertinggi sesuai jangka waktu deposito yang Anda inginkan. Namun, perlu diingat jika suku bunga deposito bersifat fluktuatif dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Besaran Suku Bunga Deposito

Besaran suku bunga deposito suatu bank bersifat fluktuatif karena ditentukan oleh sejumlah faktor utama. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Inflasi

Inflasi merupakan salah satu faktor kuat yang memengaruhi besar-kecilnya suku bunga pada produk deposito. Peningkatan inflasi akan memberikan pengaruh positif terhadap suku bunga. Semakin tinggi tingkatan inflasi, suku bunga pun akan kian meningkat.

Baca juga: 4 Faktor Penyebab Inflasi di Indonesia

  • Capital Adequacy Ratio (CAR)

CAR merujuk pada rasio kinerja bank dalam mengukur kecukupan modal untuk menunjang dan mengatur aktiva yang dimilikinya. Berdasarkan aturan dari Bank Indonesia, sebuah bank yang sehat harus memiliki persentase CAR kurang dari 8%. Jika terjadi peningkatan pada rasio ini, suku bunga deposito pada bank tersebut akan berkurang.

  • Return on Asset (ROA)

ROA merupakan rasio yang mengukur kemampuan manajemen sebuah bank untuk mendapatkan keuntungan. Pengaruhnya pada suku bunga adalah positif yang berarti semakin besar persentase ROA, akan semakin besar pula suku bunga yang ditawarkan bank tersebut.

Itulah sejumlah informasi dasar mengenai kisaran suku bunga deposito dan faktor yang memengaruhi besaran bunga deposito setiap bank. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat dan menjadi acuan bagi Anda yang memiliki rencana untuk memulai investasi dengan mendepositokan sejumlah dana di bank tertentu. 

Mulai Kembangkan Dana Melalui Pendanaan P2P Lending!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia  sekaligus mencari dana tambahan, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Dengan bunga hingga 21% per tahun, kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana walmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

voucher promo akseleran blog blog100