Mengenal Assessment: Pengertian, Manfaat, dan Fungsi

0
206
Assessment Adalah

Bicara soal investasi, kamu mungkin sudah mendengar istilah assessment (penilaian). Assessment adalah faktor penting dalam setiap pengambilan keputusan terkait investasi, tidak peduli jumlah modal serta tingkat risikonya. Penilaian investasi bukan hanya untuk pemilik modal besar atau perusahaan, tetapi juga investor kecil-kecilan. 

Tertarik melakukan investasi untuk mendukung portfolio keuanganmu? Pastikan hasil investasi tersebut sebanding dengan modal dan risiko yang kamu hadapi sebelum memilihnya.

Apa Itu Assessment Investasi?

Bicara soal investasi, assessment adalah proses pertimbangan berbagai faktor untuk menguji kelayakan bentuk investasi. Dalam hal ini, kamu harus mempertimbangkan berbagai faktor, mulai dari faktor risiko, keuntungan, hingga dampak jangka pendek dan panjangnya bagi arus keuanganmu.

Dalam assessment, ada tiga faktor yang harus kamu perhitungkan, yaitu:

  • Modal

Modal tidak hanya menentukan berapa banyak uang yang bisa kamu tanam, tetapi juga pilihan investasi. Jangan sampai uangmu terkuras hanya karena mengikuti investasi yang menuntut biaya administrasi atau operasional besar, misalnya.

  • Tujuan

Tujuan investasi menentukan jenis yang bisa kamu pilih. Investasi untuk membayar biaya masuk sekolah atau menabung jangka pendek tentu berbeda dengan investasi untuk naik haji, menghadapi hari tua, atau membuka usaha baru. 

  • Risiko

Fungsi utama assessment adalah menunjukkan faktor risiko setiap jenis investasi. Saham memberimu untung besar, tetapi risikonya juga tinggi. Ini berbeda dari deposito yang berisiko rendah namun dengan tingkat keuntungan yang tidak bisa menyamai saham.

Selain ketiga faktor ini, karakteristikmu sebagai investor menentukan pilihan investasimu. Jika kamu tipe konservatif, kamu mungkin memilih investasi berisiko rendah dengan tingkat keuntungan serupa, tetapi stabil untuk jangka panjang. Tipe moderat biasanya tidak keberatan dengan risiko agak tinggi, asal hasilnya sepadan.

Apa Saja Metode Assessment Investasi?

Karena assessment adalah bentuk analisis investasi, ada beberapa metode yang digunakan oleh investor pribadi, pemilik bisnis, maupun perusahaan untuk menentukan pilihan. Contohnya adalah:

  • Metode Perhitungan Keuntungan Bersih

Mau tahu berapa banyak hasil yang bisa kamu peroleh di akhir periode? Menghitung keuntungan bersih (Net Present Value) adalah solusi mudah. Metode ini menghitung selisih antara nilai investasi saat ini dan kas bersih hingga periode tertentu (tergantung berapa lama kamu berinvestasi).

  • Metode Perhitungan Waktu Pembayaran

Dalam metode Payback Period (PP), fokus assessment adalah waktu pengembalian hasil investasi. Metode ini cocok untukmu yang membutuhkan hasil investasi jangka pendek. Jika waktu pengembalian hasil terlalu lama, investasi tersebut tidak layak untukmu yang mementingkan waktu.

  • Metode Indeks Keuntungan

Indeks keuntungan (Profitability Index) hampir mirip dengan perhitungan berdasarkan hasil. Bedanya, di sini kamu membandingkan antara nilai keuntungan investasi saat ini dengan aliran kas bersih. 

  • Metode Tingkat Suku Bunga

Metode perhitungan berdasarkan suku bunga (Internal Rate of Return) termasuk yang paling rumit. Hal ini karena kamu harus punya wawasan tentang berbagai jenis suku bunga.

Investor pribadi yang sudah berpengalaman biasanya menggunakan metode di atas untuk menentukan jenis investasi terbaik. Akan tetapi, bagaimana jika kamu tidak ahli dalam hal tersebut? Pilihlah jenis investasi berisiko rendah, stabil, cukup menguntungkan, dan membantumu berkontribusi untuk UKM!

Baca juga: Ini Kekurangan dan Kelebihan Floating rate dalam KPR

P2P Lending Sebagai Alternatif Investasi

P2P lending adalah investasi yang mengalihkan danamu menjadi pinjaman bagi pemilik usaha kecil. Dalam skenario ini, danamu dijadikan modal usaha dan diputar selama periode tertentu, sebelum keuntungannya dibagikan. Ini bisa menjadi alternatif investasi berisiko rendah, berjangka waktu pendek, dan memiliki manfaat sosial.

Menemukan tempat investasi tepercaya adalah kunci menanam modal secara aman. Akseleran adalah contoh platform P2P yang menghubungkanmu dengan peminjam yang telah diseleksi. Setiap bentuk kesempatan investasi telah melalui proses uji kelayakan, dan kamu bisa memilih jumlah serta periode investasi sesuai kebutuhan. Karena berada dalam platform resmi, seluruh proses administrasi dan distribusi modal telah tertata. Kamu tinggal menanam modal untuk peminjam pilihan dan menunggu hasilnya.

Investasi memang penting, tetapi jangan sampai memilih jenis yang membuatmu rugi bahkan tertipu! Assessment adalah proses pengujian bentuk investasi sehingga kamu bisa memilih yang paling tepat, baik dari segi modal, periode, tujuan investasi, serta tingkat risiko yang bisa kamu tanggung. Berinvestasi lewat platform P2P seperti Akseleran bisa menjadi solusi bagi pencari bentuk investasi berisiko rendah.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]