Cara dan Keuntungan Memulai Investasi Pertanian!

0
1558
Investasi Pertanian

Tahukah Anda bahwa investasi pertanian kian diminati? Selain menawarkan keuntungan besar, investasi ini memiliki pangsa pasar yang luas. Di Indonesia sendiri, terdapat empat jenis produk pertanian yang kerap dijadikan sebagai lahan investasi, yakni hortikultura, peternakan, perkebunan, dan tanaman pangan.

Bagaimana Cara Memulai Investasi Pertanian?

Bagi Anda yang tertarik mencoba peruntungan di bisnis pertanian, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan.

  • Modal

Pastikan untuk menyiapkan modal. Gunakan modal untuk membeli lahan lebih dulu. Untuk memulainya, tak diperlukan modal besar. Pasalnya, di era modern, Anda bisa memanfaatkan media tanah dengan polybag atau hidroponik. 

Tak perlu cemas apabila anggaran Anda terbatas, sebab tersedia pinjaman kredit dengan suku bunga rendah. Namun, sebelum meminjam, pastikan Anda mempertimbangkan potensi keuntungan dan kerugian investasi agar terhindar dari kredit macet.

  • Belajar Pertanian

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah mempelajari pertanian. Bagaimana cara bertani yang baik dan benar, cara memilih bibit, dan jenis-jenis tanaman. Pilih tanaman yang cocok dibudidayakan di lahan Anda. 

  • Merencanakan Bisnis

Menentukan rencana bisnis adalah bagian penting memulai investasi pertanian. Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda ingin memiliki perkebunan skala kecil atau besar? Di mana Anda ingin menjual hasil produk tersebut? Pertimbangkan juga pangsa pasar, pemintaan, dan penawaran.  

Agar bisnis berjalan lancar, lakukan survei pasar secara berkala. Selain mengetahui harga pasaran, cara ini efektif memberikan informasi mengenai produk yang paling banyak dicari dan yang tidak begitu diminati konsumen.

Baca juga: Contoh Rencana Bisnis yang Bisa Jadi Acuan dalam Perencanaanmu

Investasi Produk Pertanian Online

Tingginya minat pebisnis mengivestasikan uangnya di bidang pertanian, secara tidak langsung menyebabkan munculnya platform investasi online pertanian. Sedikit berbeda dengan pertanian pada umumnya, investor pertanian online tidak harus terjun langsung ke lapangan. Cukup dengan memberikan dukungan secara finansial. 

Tak perlu khawatir mengenai dana yang masuk, sebab seluruh pembiayaan akan dilaporkan secara rinci dan transparan. Petani yang tergabung dalam kerja sama ini merupakan orang-orang pilihan sehingga risiko gagal panen tergolong rendah.

Investasi online pertanian menjadi alternatif bagi pemula yang ingin belajar berinvestasi dengan modal minim. 

Apa Saja Keuntungan Investasi di Bidang Pertanian?

Lantas, apa saja keuntungan berivestasi di bidang pertanian? 

  • Jangka Waktu Jelas

Produk pertanian memiliki jangan waktu yang jelas sehingga investor dapat memperkirakan jangka waktu panen dan potensi keuntungan. Jangka waktu panen sendiri bervariasi, tergantung jenis produk yang dipilih oleh investor. 

Kendati pada umumnya, panen hanya satu kali setahun, terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat dipanen ganda, seperti sawi hijau, selada, mentimun, kangkung, bayam, dan buncis. Bahkan, sayuran ini tidak harus ditanam di lahan luas karena dapat ditanam di rumah.

  • Produk Bervariasi

Tersedia beragam produk pertanian yang dapat dipilih investor. Jika produk tanaman pangan dianggap cukup menguras kantong, maka Anda bisa mencoba pertanian hortikultura. 

Secara tidak langsung hal ini membuat investor menjadi lebih bijak dalam mengeluarkan uang sesuai kemampuan dan tujuan yang hendak dicapai. 

  • Pangsa Pasar Luas

Sebagaimana diketahui, produk pertanian merupakan salah satu sumber pemasukan terbesar. Pasalnya, selain dalam negeri, produk pertanian juga diekspor ke pasar internasional. Dibandingkan produk lain, produk pertanian cenderung mengalami peningkatan setiap tahunnya. 

Semakin luas pangsa pasar, semakin besar peluang Anda mengembangkan bisnis. Peluang untuk mendapatkan keuntungan besar juga semakin terbuka lebar.

  • Didukung Pemerintah

Sejak 2017, pemerintah telah meregulasi ulang peraturan yang dianggap menghambat industri pertanian. Tentunya, hal ini memudahkan para pelaku di bidang pertanian, termasuk investor yang menanamkan modalnya.

  • Mitra Tani Luas

Banyaknya mitra tani dengan beragam kemampuan menjadi salah satu keuntungan investasi di bidang pertanian. Hal ini secara tidak langsung memberikan dampak positif berupa rasa aman dalam diri investor. 

  • Produk Selalu Dibutuhkan

Produk pertanian termasuk produk yang tak pernah sepi peminat. Bahkan, produk pertanian lokal kerap menjadi primadona lantaran dianggap lebih mudah didapatkan dan tak kalah berkualitas dibandingkan produk impor. 

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan ditambah tingginya permintaan pasar untuk mencukupi kebutuhan pangan, Anda tak perlu ragu lagi memulai investasi pertanian.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]