Obligasi Pemerintah, Salah Satu Pilihan Investasi Aman!

1
7991
Obligasi Pemerintah

Obligasi adalah salah satu instrumen investasi yang berupa suatu surat pernyataan utang yang diterbitkan oleh suatu penerbit bisa berupa perorangan, kelompok, korporasi atau pemerintah, lalu kemudian dijanjikan untuk dilakukan pembayaran pokok utangnya berikut bunga pada hari atau tanggal jatuh temponya sesuai dengan yang sudah disepakati.

Kalau beberapa dari kamu pernah ikut serta dalam obligasi pemerintah yang diterbitkan beberapa waktu lalu, artinya sedikit banyak kamu sudah memahami skema dari obligasi ini.

Jenis Obligasi yang Beredar di Indonesia

Umumnya setiap badan hukum dapat menerbitkan obligasi, namun tetap mengikuti aturan yang mengikat dalam penerbitannya. Sehingga meski setiap orang dapat membuat surat utang, namun hanya yang sah menurut hukum itu hanya beberapa. Karena itu beberapa jenis di bawah inilah yang biasanya ditawarkan :

  • Obligasi Korporasi

Sesuai namanya, surat utang yang satu ini diterbitkan oleh suatu perusahaan tertentu. Bisa BUMN dan juga bisa Swasta. Umumnya obligasi ini memiliki masa jatuh tempo dengan minimal 1 tahun. Namun, karena diterbitkan oleh pihak non pemerintah risiko yang ada akan lebih tinggi dibandingkan obligasi pemerintah, sesuai dengan kondisi perusahaan penerbit. Tidak hanya aja itu juga, risiko lainnya juga dapat disebabkan dari kondisi politik dari tempat usaha itu dijalankan atau domisili dari perusahaan tersebut.

  • Obligasi Ritel

Obligasi ritel yang diterbitkan oleh pemerintah yang dijual kepada individu atau perseorangan melalui agen penjual yang ditunjuk oleh pemerintah. Biasanya Obligasi Ritel Indonesia (ORI) atau Sukuk Ritel.

  • Obligasi Pemerintah

Government Bond atau yang lebih dikenal dengan Obligasi Pemerintah merupakan suatu obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah dalam suatu negara dalam denominasi mata uang negara tersebut. Obligasi pemerinta dalam denominasi valuta asing ini juga biasa disebut sebagai Obligasi Internasional.

Obligasi Pemerintah sendiri ada beberapa jenisnya yaitu Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Sukuk Ritel (SukRi), serta Saving Bond Ritel (SBR) dan Sukuk Negara Tabungan (ST). dari keempatnya tidak terlalu jauh berbeda untuk SBR dan ST adalah pengembangan dari ORI dan SukRi namun dengan sedikit pembaharuan yang diharapkan dapat menarik investor lebih banyak.

Baca juga: Sudah Tahu Reksadana Obligasi?

Risiko yang Ada dalam Obligasi Pemerintah

Banyak yang memiliki anggapan bahwa obligasi pemerintah ini merupakan obligasi yang minim risiko hal tersebut karena pemerintahan suatu negara dapat menaikkan pajak ataupun mencetak uang untuk melunasi pembayaran obligasinya saat jatuh tempo.

Bukan berarti bebas obligasi pemerintah ini tidak mengandung risiko, bisa juga mengandung risiko apabila diterbitkan oleh pemerintah suatu negara yang memiliki kapabilitas kebijakan finansial yang kurang baik. 

Itulah beberapa informasi mengenai obligasi pemerintah dan berbagai jenis obligasinya lainnya. Ingat! Pastikan untuk memilih instrumen investasi yang cocok, sesuai dan tentunya melihat segala macam risiko yang ada di dalamnya.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.