Special Guest: Kisah Sukses Borrower Akseleran

0
280

Penambahan sales lampaui target perusahaan

Bagi pelaku usaha, mencari modal kerja merupakan hal yang menarik. Karena bisa dibilang susah tapi bisa dibilang gampang. Banyak dari pelaku usaha perlu memutar otak untuk mencari modal kerja meski sekedar untuk tambahan modal usahanya. Adalah cerita Alexander Tanuhadi, Chief Executive Officer (CEO) PT Kaldera Suar Pradana yang sempat mengalami kesulitan ketika ingin menambah modal kerja. Sedangkan dirinya ingin terus mengepakkan sayap bisnisnya.

Lalu bagaimana cerita pria kelahiran tahun 1990 ini bisa sukses mengembangkan bisnis trading batu baranya? Berikut kutipan cerita pengalaman Alex, demikian panggilan akrabnya dan lulusan Curtin University of Technology, Double Major Management and Marketing dalam program Special Guest Akseleran bersama Rimba Laut selaku Senior Vice President Corporate Communication Akseleran.

1. Pertama kali tahu Akseleran dari mana?
Pertama kali mengenal Akseleran sejak tahun 2018. Ketika itu saya dikenalkan dari teman yang kebetulan teman saya itu adalah teman dari Chief Credit Officer (CCO) Akseleran yakni pak Christopher Gultom. Sehingga saya mengenal Akseleran berkat referral teman saya tersebut.

2. Apa pertimbangan terkuat sehingga meminjam di Akseleran?
Pertimbangan terkuat kami ketika itu muncul pada tahun 2019, tepatnya pada awal tahun 2019 sekitar bulan Januari atau Februari. Awal tahun tersebut kami ingin melakukan pengembangan dalam sisi sales (penjualan). Karena kami menargetkan suatu angka dan harus mencapai angka tersebut. Namun saat itu kami berfikir, jika ingin adanya penambahan penjualan kami perlu ada juga penambahan cash flow dan ketika itu kami memiliki support cash flow dari perbankan tetapi sudah limit. Akhirnya saya teringat dengan Akseleran yang menawarkan fasilitas pinjaman Peer to Peer (P2P) Lending dan saat itu juga saya langsung menghubungi pak Christopher Gultom.

3. Berapa nominal pinjaman dari Akseleran pertama kali?
Awal pertama kali kami mendapatkan fasilitas pinjaman di Akseleran itu sebesar Rp500 juta.

4.Sudah berapa total pinjaman dari Akseleran?
Hingga saat ini total dana yang sudah tersalurkan atau fasilitas pinjaman dari Akseleran sebesar Rp40 miliar. Pinjaman melalui P2P Lending Akseleran sangat membantu usaha saya dan pada akhirnya fasilitas ini menjadi supporting financial perusahaan untuk meningkatkan modal usaha. Saya percaya, fasilitas yang saya dapat ini merupakan hasil kerja team work yang sangat kompeten dan saling support. Sehingga saya berterima kasih untuk tim Kaldera maupun tim dari Akseleran yang sangat responsif.

5. Dampak pinjaman dari Akseleran ke bisnis Kaldera?
Pinjaman dari Akseleran tentunya memberikan dampak yang sangat positif untuk Kaldera, karena sejak pertama kali mendapatkan fasilitas pinjaman pada tahun 2019, kami berhasil mencapai penjualan yang telah kami targetkan sebelumnya. Pada saat itu, kami menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 25% dibandingkan tahun lalu. Ternyata, target tersebut tak hanya mencapai target yang telah kami tentukan, melainkan meningkat tajam yakni sebesar 40% dibandingkan realisasi penjualan kami tahun lalu.

6. Kesan selama menjadi borrower Akseleran?
Awalnya saya tipe orang yang konservatif dengan yang namanya modal kerja, sehingga kami hanya mengandalkan perbankan, yaa… seperti diketahui secara umum bahwa meminjam dana biasanya melalui perbankan. Sehingga ketika pertama kali mengenal fasilitas pinjaman modal usaha melalui P2P Lending kami belum percaya, terlebih untuk menggalang dana yang besar. Hal tersebut belum bisa kami lakukan mengingat usaha kami memiliki risiko yang cukup menarik, yang mana jika kami ingin menjual, maka kami perlu memiliki modal yang kuat, jika tidak bisa merugikan kami. Lalu karena kami pun belum begitu familiar dengan P2P Lending, sehingga perlu pertimbangan yang sangat matang.

Tetapi ketika pertama kali kami ingin mencoba pinjaman dana sekitar Rp500 juta, kami sempat bertanya kepada pak Christopher, apakah yakin bisa? Lalu berapa lama dananya bisa terkumpul? Pak Christo berkata “cepat koq, palingan sehari sudah terkumpul”. Setelah itu akhirnya kami mencoba, dan ternyata benar dalam satu hari sudah terkumpul dan saya lihat di website Akseleran, dari situ kami mulai percaya dengan Akseleran.

Berjalannya waktu, hingga saat ini total pinjaman usaha kami sudah mencapai Rp40 miliar. Sehingga kami merasa Akseleran sangat suportif, artinya ketika kita butuh tanggal sekian pasti 99% bisa mendapatkan pada tanggal tersebut. Suportif di sini maksudnya adalah, baik dalam penggalangan dana, pencairan dana dijalankan berjalan tepat waktu. Lalu kita sebagai borrower mendapatkan suku bunga yang cukup kompetitif tanpa perlu adanya jaminan fixed asset. Sehingga ini sangat membantu pengembangan bisnis kita.

7. Agunan yang digunakan saat meminjam di Akseleran?
Pertama kali meminjam di Akseleran, kami menggunakan fasilitas agunan berupa purchase order financing dan support invoice financing. Agunan ini sangat fleksibel.

Baca Juga:
Special Guest: Ungkap Rahasia Lender Akseleran
Pendanaan di Rumah Saja? Ini Kata Lender
Apa Kata Borrower Mengenai Pinjaman Usaha di Akseleran?

8. Apa yang ingin disampaikan kepada pelaku usaha lain?
Bagi para pelaku usaha atau borrower, P2P Lending ini sangat baik untuk bisa dijadikan sebagai anchor atau sebagai acuan, karena bisa membantu usaha-usaha Anda dimanapun berada agar tetap berkembang.

Dalam usaha, kita pasti membutuhkan modal usaha, namun kadang kita berpikir, modal kerja itu dapat dari mana saja? Pertama kita bisa gunakan tabungan pribadi, tetapi tidak mencukupi. Kedua bisa dari bank, tetapi dari bank harus ada fixed asset. Ketiga, dari investor luar tetapi biasanya tidak mudah dan pasti mematok bunga sendiri atau profit sharing dan pasti akan melihat bagaimana usahanya dan sebagainya. Keempat, yakni P2P Lending Akseleran dengan adanya P2P Lending ini sangat mudah prosesnya dan yang pasti tidak terlalu ribet seperti perbankan. Artinya semuanya jelas, kontraknya seperti apa? Bunganya berapa persen? Dibayarkan tiap kapan?.

Maka bagi pelaku usaha yang ingin meminjam atau menjadi borrower di Akseleran, saya merekomendasikan Akseleran, karena Akseleran bisa menjadi salah satu kunci penambahan modal kerja yang baik dan tidak perlu ragu untuk langsung kontak tim Akseleran agar bisa langsung difollow up kira-kira seperti apa progress peminjamannya.

Sob! agar terus mendapatkan informasi terkini dari Akseleran, subscribed dan nyalakan lonceng channel youtube Akseleran ya!

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]