Special Guest: Ungkap Rahasia Lender Akseleran

0
457

Didorong rasa ingin tahu agar dapat mengelola keuangan tetap stabil dan terus mengalami pertumbuhan di tengah Pandemi Covid-19 sekarang ini, Willyam Kurniawan dan Derry Danur Wafi Hidayat berbagi pengalamannya selama menjadi Pendana (Lender) di Akseleran.

Semua pengalaman mereka diungkapkan secara spontan, lugas, dan dari hati di dalam Special Guest Akseleran. Berikut kutipan hasil wawancara Rimba Laut selaku Senior Vice President Corporate Communication Akseleran bersama Willyam Kurniawan dan Derry Danur Wafi Hidayat:

1. Pertama kali tahu Akseleran dari mana & kapan mulai gabung?

Willyam Kurniawan:
Sebenarnya sebelum saya gabung dengan Akseleran, saya sudah gabung dengan Peer to Peer (P2P) Lending lainnya. Untuk Akseleran, saya gabung sekitar bulan Februari 2018. Ketika itu saya searching di internet mencari tahu sendiri tentang P2P Lending yang available di Indonesia apa saja, lalu saya menemukan Akseleran.

Derry Danur Wafi Hidayat:
Saya berbeda dengan mas Willyam, pertama dengar P2P Lending sekitar awal tahun 2019, tetapi gabung dengan Akseleran sekitar bulan Oktober 2019.

2. Masih ingatkah berapa nilai pendanaan pertama kali di Akseleran?

Derry Danur Wafi Hidayat:
Pertama kali, jujur hanya sebesar Rp5 juta dan Rp100 ribu dapat dari promo saat sign up Akseleran. Jadi pendanaan pertama saya Rp5,1 juta dan sekarang totalnya sudah mencapai Rp15 jutaan.

Willyam Kurniawan:
Saya waktu pertama kali melakukan pendanaan di Akseleran sekitar Rp10 juta, sayangnya saya dulu tidak mendapatkan tambahan Rp100 ribu seperti mas Derry, mungkin dulu belum ada promo pada waktu itu. Untuk pendanaan, saya biasanya melakukan split setiap borrower dengan rata-rata pendanaan sekitar 10-50 juta per borrower.

3. Berkaitan dengan diversifikasi: seberapa penting diversifikasi ketika melakukan pendanaan di Akseleran?

Willyam Kurniawan:
Diversifikasi itu seperti istilah jangan taruh telur dalam satu keranjang, artinya jika ada gagal bayar dari 1 (satu) borrower kita tidak mengalami kerugian secara penuh. Lalu kebetulan RM (Relationship Manager) yang handle saya komunikatif dan saya juga banyak tanya jadi saya minta rekomendasi dari RMnya. Sehingga ini sangat menguntungkan untuk saya.

Baca Juga:
Bebas Kembangkan Dana di Akseleran
5 Keuntungan Memiliki Tabungan Berjangka

4. Kenapa berani melakukan pendanaan di Akseleran?

Willyam Kurniawan:
Pertama, saya merasa komunikasi lancar selama menjadi lender. Meski hal ini bukan berarti semua dana yang saya lendingkan lancar juga, tetapi komunikasi atau feedback balik dari Akseleran membuat saya nyaman, walau belum tentu borrower yang telat bayar menjadikan bayarnya cepat, tapi itu buat saya nyaman.

Kedua, setahu saya Akseleran menggunakan sistem fidusia apalagi ada proteksi asuransi, hal itu menjadikan saya lebih nyaman dan terus berani melakukan pendanaan di Akseleran.

Derry Danur Wafi Hidayat:
Pertama saya percaya dan Akseleran ini masuk kriteria saya sebagai produk pengembangan dana sehingga saya sebagai lender merasa aman, Kedua Akseleran sudah mendapat izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan saya melihat di aplikasi Akseleran jelas ada agunannya dan asuransinya.

Selain itu, saya perhatikan dan mendapatkan referensi dari teman-teman saya yang sudah menggunakan Akseleran bahwa di Akseleran itu aman.

5. Apa masukan untuk Akseleran?

Derry Danur Wafi Hidayat:
Overall saya sudah cukup puas, tetapi saya memang belum punya pengalaman seperti mas Willyam karena beberapa Usaha Kecil Menengah (UKM) atau borrower yang saya berikan pendanaan belum ada yang terlambat, hampir semuanya tepat waktu bahkan ada yang lebih cepat. Saran saya, saya mengharapkan bonus untuk sign upnya lebih besar.

Kedua, ada akses lebih mudah terkait informasi seperti saran-saran atau tips-tips dari Akseleran, contoh pendanaan yang lebih baik dan trend industri yang sedang berkembang dan lain sebagainya.

Willyam Kurniawan:
Saya berharap lender bisa tarik data berupa spreadsheets, karena itu jadi lebih mudah ketika lender ingin memeriksa dana yang kita berikan pinjaman. Selama ini lender harus scroll dan klik.

Sob, untuk tayangan selengkapnya Special Guest edisi perdana bertemakan “Testimoni Lender Baru & Lender Lama” bisa saksikan tayangan berikut:

Sob, jangan lupa subscribed, like dan share ya! Lalu agar terus dapat informasi terkini dari Akseleran, nyalakan/klik tombol lonceng pada channel youtube Akseleran.

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]