5 Keuntungan Memiliki Tabungan Berjangka

0
3691
Tabungan Berjangka

Menabung adalah salah satu cara termudah mengatur keuangan pribadi, dengan jenis tabungan beragam sesuai kebutuhan. Tabungan berjangka memberi manfaat ekstra dibandingkan tabungan biasa, terutama bagi Anda yang ingin lebih disiplin soal keuangan. Pilihan ini pun populer untuk pengaturan keuangan jangka panjang, terutama jika ada proyeksi pengeluaran besar di masa depan.

Apa Itu Tabungan Berjangka?

Tabungan berjangka merupakan jenis tabungan dengan jangka waktu tertentu, mulai dari enam bulan hingga 20 tahun. Tabungan berjangka biasanya ditarik secara otomatis dari rekening terdaftar Anda setiap bulan (transaksi auto debit). 

Karena memiliki jangka waktu alias tenor, Anda tidak bisa menarik uang dari rekening ini hingga mencapai periode yang disepakati. Bank memberi denda kepada nasabah yang menarik uang sebelum waktunya. Akan tetapi, bank biasanya memiliki toleransi tunggakan, misalnya maksimal tiga kali.

Mengapa Pilih Tabungan Berjangka?

Ada beberapa alasan memilih tabungan berjangka untuk investasi, yaitu:

  •  Suku Bunga Menguntungkan

Suku bunga tinggi menjadi alasan orang memilih tabungan berjangka. Setiap bulan, bank akan menerapkan angka suku bunga tertinggi, sehingga keuntungan tabungan Anda semakin bertambah seiring waktu. Semakin lama menabung, semakin tinggi juga hasilnya. Suku bunga tabungan berjangka bisa mencapai empat hingga lima persen per tahun, lebih tinggi dari tabungan konvensional.

  • Melatih Kedisiplinan Menabung

Apakah Anda tipe orang yang susah atau sering lupa menabung? Transaksi auto debit tabungan berjangka bisa menjadi solusi. Karena uang otomatis ditarik ke rekening tabungan, nasabah tidak perlu melakukannya sendiri. Mengatur keuangan pribadi menjadi lebih mudah karena uang tabungan yang penting sudah disisihkan. Anda bisa mengatur tanggal penarikan sedemikian rupa agar lebih mudah, misalnya beberapa hari setelah tanggal gajian.

  • Dana Tabungan Aman

Menabung di bank jelas aman karena berbagai sebab. Anda tidak perlu menyimpan uang fisik di tempat penyimpanan yang kurang aman. Nasabah juga tidak perlu membawa-bawa uang tunai dalam jumlah besar, karena aktivitas auto debit plus teknologi membuat proses menabung bisa dilakukan tanpa meninggalkan rumah.

Bank terpercaya biasanya merupakan peserta program Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Menabung lewat program tabungan berjangka berarti menjaga dana tetap aman. Hal ini berguna untuk mengantisipasi keamanan uang Anda jika terjadi masalah atau perubahan ekstrem seperti likuidasi, misalnya. LPS akan menjamin uang Anda kembali.

  • Bisa Menabung dengan Setoran Rendah

Walau uang Anda langsung dipotong, tabungan berjangka tidak begitu menyulitkan dalam pengaturan finansial. Setoran pertama serta rutinnya termasuk rendah dibandingkan dengan deposito. Misalnya, banyak bank meminta setoran awal sekitar Rp100.000 hingga Rp500.000, sedangkan setoran rutin biasanya mulai hanya dari Rp100.000 per bulan.

Jumlah setoran seperti ini terdengar remeh, tetapi jika dilakukan setiap bulan dan dengan suku bunga tinggi, Anda bisa mengumpulkan cukup banyak dana pada akhir periode. 

  • Bisa Mendapat Asuransi

Tabungan berjangka biasanya ditawarkan bersama layanan asuransi, walau rinciannya mungkin berbeda-beda antar bank. Ada yang menawarkan asuransi jiwa untuk peristiwa seperti cacat total tetap atau meninggal dunia. Ada juga yang memberi jaminan untuk meneruskan setoran hingga periode berakhir jika nasabah, karena suatu hal, tidak bisa meneruskannya.

Kapan Mendaftar untuk Tabungan Berjangka?

Tabungan berjangka cocok untuk mengumpulkan dana yang akan Anda pakai dalam waktu dekat, misalnya dalam waktu dua hingga tiga tahun. Karena tidak terlalu berisiko, uang untuk keperluan yang akan digunakan sebentar lagi itu akan lebih terjamin. Suku bunga tinggi juga akan memberi keuntungan lumayan, walau manfaat terbesarnya adalah keamanan simpanan dana.

Contohnya, jika Anda ingin memasukkan anak ke playgroup atau SD dalam waktu beberapa tahun, buat sistem cicilan dananya dengan mendaftar ke program tabungan berjangka. Pasang target jangka waktu sehingga dana bisa ditarik tepat sebelum membayar biaya sekolah. Cara ini menjamin keamanan dana pendidikan dan mencegah Anda memanfaatkannya tanpa sadar.

Baca juga: 4 Perbedaan Tabungan dan Deposito

Ayo, Menabung Sekarang!

Tabungan berjangka mirip deposito, tetapi dengan risiko dan setoran yang lebih rendah. Sistem tabungan yang ditarik langsung membuat Anda lebih disiplin dalam menabung. Jika Anda ingin mengatur finansial dengan lebih teliti dan disiplin, padukan tabungan berjangka dengan investasi seperti program Akseleran. Rencanakan keuangan Anda mulai sekarang dan rasakan kemudahan saat kebutuhan finansial masa depan terpenuhi dengan lancar!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]