5 Tips Agar Kamu Konsisten Menabung!

0
123
Tips Menabung

Tips Menabung – Dari kecil mungkin sebagian dari kalian sudah diajarkan menabung baik itu melalui guru maupun langsung dari orang tua kamu. Tetapi dalam prakteknya kadang menabung sulit sekali untuk dilakukan. Banyak sekali orang yang gagal untuk menerapkan hal ini dikarenakan berbagai hal, malah banyak dari mereka yang justru lebih rutin mengajukan pinjaman dibandingkan menabung.

Biasanya yang membuat gagal menabung ini adalah gaya hidup. Seperti contoh biasanya di era sekarang tempat nongkrong yang paling sering ditemui adalah coffee shop saat kamu nongkrong dan menghabiskan waktu di coffee shop tersebut tentu mau tidak mau kamu akan mengeluarkan uang tidak sedikit baik itu untuk membeli kopi atau cemilan lainnya. Apabila kamu rutin melakukan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin dana yang kamu miliki akan habis dan malah mengajukan pinjaman untuk kebutuhan hidup lainnya.

Tentu akan sangat wajar kamu tidak dapat menabung, mengingat gaya hidup tersebut rutin kamu lakukan. Lalu, bagaimana agar kita dapat mempraktekkan menabung dalam kehidupan sehari-hari? Berikut tips menabung yang dapat membantu kamu untuk mulai menabung.

5 Tips Ini Memudahkan Kamu Untuk Mulai Menabung!

  • Ikut Menabung Auto Debit di Bank

Mungkin banyak dari kalian yang sudah memiliki niat menabung, lalu sudah menabung melalui rekening bank kamu tiba-tiba tanpa sadar kamu gunakan dana tabungan kamu. Mungkin hal itu dapat terjadi karena kamu merasa dapat menabung lagi, namun hal inilah yang membuat kamu tidak pernah bisa menabung dengan konsisten.

Untuk kamu yang seringkali merasakan hal seperti ini, kamu dapat memanfaatkan fasilitas autodebit yang sekarang banyak ditawarkan di beberapa perbankan. Program tersebut membuat mau tidak mau dana kamu akan di debit bank secara otomatis dengan nominal dan tanggal yang sudah disepakati.

Nah, apabila kamu sudah mengikuti tips menabung yang satu ini, tidak akan ada alasan untuk kamu untuk mengambil kembali dana tabungan kamu untuk keperluan yang sebenarnya sifatnya tidak darurat. 

  • Buat ‘Notes’ di Setiap Tabungan

Bagi beberapa orang cara yang satu ini cukup ampuh untuk diterapkan. Saat kamu ingin menerapkan tips menabung pisahkan dulu kebutuhan nabung kamu untuk apa. Saat sudah mengetahui tabungan yang kamu lakukan untuk apa, maka kamu dapat membuat notes kecil di setiap celengan tersebut sesuai dengan keperluan kamu.

Cara seperti ini tentu akan mempengaruhi psikologis kamu untuk terus menabung dan menyisihkan dana kamu untuk keperluan tersebut. Contoh, kamu ingin menabung untuk mempersiapkan modal awal menikah saat kamu melihat celengan dengan notes tersebut, maka kamu akan termotivasi untuk terus menabung demi pernikahan impian kamu.

Notes tersebut juga dapat membuat kamu berpikir ulang apabila tiba-tiba kamu ingin mengambil dana yang sudah kamu kumpulkan tersebut.

  • Sisihkan Pendapatan Ekstra

Kamu sering mendapatkan bonus di luar gaji rutin? Kamu menunggu datangnya gaji ke 13, 14 atau 15? Atau kamu sedang menunggu imbal hasil keuntungan dari investasi yang kamu lakukan? Optimalkan pendapatan ekstra tersebut dengan menabung. Jangan sia-siakan pendapatan ekstra tersebut untuk hal yang tidak berguna. Setidaknya saat kamu mendapatkan pendapatan lebih tersebut kamu dapat menyisihkan 30%-40% untuk ditabung dan sisanya dapat kamu gunakan untuk keperluan harian kamu.

Tips Menabung

  • Manfaatkan Diskon atau Cashback

Siapa yang tidak suka dengan diskon? Apalagi Cashback? Dengan adanya diskon atau Cashback tentu akan mempermudah sekaligus membantu kamu menabung penghasilan kamu. Ya, di era seperti sekarang semua serba cashless alias tanpa uang cash dan mengandalkan uang elektronik, dengan uang elektronik ini biasanya barang-barang yang dijual ada diskon dan cashback.

Apabila kamu dapat membeli kebutuhan kamu dengan harga diskon tentu akan sangat membantu keuangan kamu, bukan?

  • Lakukan Investasi

Kamu niat menabung? Optimalkan tabungan kamu dengan melakukan investasi. Saat berinvestasi tidak hanya menabung kamu juga dapat membuat dana kamu berkembang dari imbal hasil investasi yang kamu lakukan. Namun, saat melakukan investasi kamu perlu mencari investasi yang cocok dan sesuai dengan preferensi kamu. Artinya apakah investasi kamu sifatnya jangka pendek atau panjang. 

Saat kamu memilih investasi juga tentu kamu harus mencari investasi yang mudah, aman dan menguntungkan. Salah satu investasi untuk kamu yang baru dalam dunia investasi serta ingin mencobanya secara bertahap terlebih dahulu. Platform investasi P2P Lending Akseleran dapat menjadi salah satu pilihan kamu

Daftar sekarang dan dapatkan imbal hasil 18%-21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode BLOG100. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan, juga ada yang mendapatkan proteksi asuransi kredit, sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

Selamat Berinvestasi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here