5 Tips Menabung Agar Hasilnya Optimal!

2
4604
Tips Menabung

Dari kecil mungkin sebagian dari kalian sudah diajarkan berbagai tips menabung baik itu melalui guru maupun langsung dari orang tua kamu. Tetapi dalam prakteknya kadang menabung sulit sekali untuk dilakukan. Banyak sekali orang yang gagal untuk menerapkan hal ini dikarenakan berbagai hal, malah banyak dari mereka yang justru lebih rutin mengajukan pinjaman dibandingkan menabung.

Biasanya yang membuat gagal menabung ini adalah gaya hidup. Seperti contoh biasanya di era sekarang tempat nongkrong yang paling sering ditemui adalah coffee shop saat kamu nongkrong dan menghabiskan waktu di coffee shop tersebut tentu mau tidak mau kamu akan mengeluarkan uang tidak sedikit baik itu untuk membeli kopi atau cemilan lainnya. Apabila kamu rutin melakukan hal tersebut, maka bukan tidak mungkin dana yang kamu miliki akan habis dan malah mengajukan pinjaman untuk kebutuhan hidup lainnya.

Lebih Konsisten dengan 5 Tips Menabung Ini!

Tentu akan sangat wajar kamu tidak dapat menabung, mengingat gaya hidup tersebut rutin kamu lakukan. Lalu, bagaimana cara mudah untuk memulai menabung dalam kehidupan sehari-hari? Berikut tips menabung yang mudah yang dapat membantu kamu untuk memulai secepatnya.

  • Ikut Menabung Auto Debit di Bank

    Mungkin banyak dari kalian yang sudah memiliki niat menabung, lalu sudah menabung melalui rekening bank kamu tiba-tiba tanpa sadar kamu gunakan dana tabungan kamu. Mungkin hal itu dapat terjadi karena kamu merasa dapat menabung lagi, namun hal inilah yang membuat kamu tidak pernah bisa menabung dengan konsisten.

    Untuk kamu yang seringkali merasakan hal seperti ini, kamu dapat memanfaatkan fasilitas autodebit atau bisa menggunakan tabungan berjangka yang sekarang banyak ditawarkan di beberapa perbankan. Program tersebut membuat mau tidak mau dana kamu akan di debit bank secara otomatis dengan nominal dan tanggal yang sudah disepakati.

    Nah, apabila kamu sudah mengikuti tips menabung yang satu ini, tidak akan ada alasan untuk kamu untuk mengambil kembali dana tabungan kamu untuk keperluan yang sebenarnya sifatnya tidak darurat. 

  • Buat ‘Notes’ di Setiap Tabungan

    Bagi beberapa orang cara yang satu ini cukup ampuh untuk diterapkan. Saat kamu ingin menerapkan tips menabung pisahkan dulu kebutuhan nabung kamu untuk apa. Saat sudah mengetahui tabungan yang kamu lakukan untuk apa, maka kamu dapat membuat notes kecil di setiap celengan tersebut sesuai dengan keperluan kamu.

    Cara seperti ini tentu akan mempengaruhi psikologis kamu untuk terus menabung dan menyisihkan dana kamu untuk keperluan tersebut. Contoh, kamu ingin menabung untuk mempersiapkan modal awal menikah saat kamu melihat celengan dengan notes tersebut, maka kamu akan termotivasi untuk terus menabung demi pernikahan impian kamu.

    Notes tersebut juga dapat membuat kamu berpikir ulang apabila tiba-tiba kamu ingin mengambil dana yang sudah kamu kumpulkan tersebut.

  • Sisihkan Pendapatan Ekstra

    Kamu sering mendapatkan bonus di luar gaji rutin? Kamu menunggu datangnya gaji ke 13, 14 atau 15? Atau kamu sedang menunggu bunga keuntungan dari investasi yang kamu lakukan?

    Jangan sia-siakan pendapatan ekstra tersebut untuk hal yang tidak berguna. Setidaknya saat kamu mendapatkan pendapatan lebih tersebut kamu dapat menyisihkan 30%-40% untuk ditabung dan sisanya dapat kamu gunakan untuk keperluan harian kamu.

Tips Menabung

  • Manfaatkan Diskon atau Cashback

    Siapa yang tidak suka dengan diskon? Apalagi Cashback? Dengan adanya diskon atau Cashback tentu akan mempermudah sekaligus membantu kamu menabung penghasilan kamu. Ya, di era seperti sekarang semua serba cashless alias tanpa uang cash dan mengandalkan uang elektronik, dengan uang elektronik ini biasanya barang-barang yang dijual ada diskon dan cashback.

    Apabila kamu dapat membeli kebutuhan kamu dengan harga diskon tentu akan sangat membantu keuangan kamu, bukan?

  • Lakukan Investasi

    Kamu niat menabung? Optimalkan tabungan kamu dengan melakukan investasi. Saat berinvestasi tidak hanya menabung kamu juga dapat membuat dana kamu berkembang dari bunga investasi yang kamu lakukan. Namun, saat melakukan investasi kamu perlu mencari investasi yang cocok dan sesuai dengan preferensi kamu. Artinya apakah investasi kamu sifatnya jangka pendek atau panjang. 

    Saat kamu memilih investasi juga tentu kamu harus mencari investasi yang mudah, aman dan menguntungkan.

Bonus! 3 Hal Ini Agar Menabung Kamu Lebih Konsisten

Dengan 5 tips di atas, diharapkan kamu sudah bisa memulai menabung. Nah, selanjutnya bagaimana cara supaya kamu bisa menabung secara konsisten? Konsistensi itu sangat penting untuk mencapai tujuan dari tabungan kamu. Yuk, simak caranya!

  • Buat Rekening Terpisah

    Seringkali saat orang sudah memiliki niat untuk menabung, namun dana sudah keburu habis. Hal ini bisa jadi karena pengeluaran melebihi anggaran yang telah ditetapkan. Supaya hal ini tidak terjadi, pastikan kamu menabung dulu baru belanja.

    Nah, biar lebih efektif, buka rekening bank baru yang terpisah dari rekening pengeluaranmu, tanpa membuat kartu ATM. Sehingga tabungan yang kamu sisihkan di awal bulan tidak dapat diambil secara mendadak.

  • Buat Rencana Tabungan

    Pastikan mengetahui berapa banyak dana yang akan kita tabungkan, idealnya sisihkan 20% hingga 30% pendapatan bulanan untuk ditabung. Lalu, sekiranya kamu dapat menabung hingga memiliki dana untuk menutupi biaya hidup enam bulan kedepan untuk dijadikan dana darurat.

    Kenapa harus 6 bulan? Apabila terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) atau kita dalam tahap sedang tidak mampu untuk bekerja, waktu 6 bulan adalah waktu yang paling efektif untuk kita agar pulih kembali secara finansial.

  • Batasi Penggunaan Kartu Kredit

    Penggunaan kartu kredit memang terbilang dapat membantu keuangan bulananmu, tetapi memang penggunaan kartu kredit ini harus lebih bijak. Karena dengan menggunakan kartu kredit biasanya penawaran dan potongan harga jauh lebih besar dibandingkan melakukan pembayaran secara tunai. Ini yang tanpa kita sadari penggunaan kartu kredit menjadi bengkak dan menyebabkan keuangan terganggu.

    Untuk terhindar dari jerat utang ataupun pengelolaan keuangan yang berantakan, tutup akun kredit milikmu menggunakan pembayaran melalui tunai maupun debit.

Mudah-mudahan dengan dengan tambahan 3 langkah di atas bisa membuat tips menabung kamu lebih konsisten dan semoga tujuan tabungan kamu pun tercapai!

Selamat menabung!

Sisihkan Dana Tabungan Untuk Dikembangkan dana di P2P Lending Akseleran

Bagi kamu yang ingin mencoba mengembangkan dana untuk melawan inflasi, kamu bisa mencoba pengembangan dana di P2P Lending Akseleran yang telah berizin resmi dari OJK. Melalui P2P Lending Akseleran, kamu bisa mendapatkan bunga hingga 16% per tahun dan kamu bisa mulai dari Rp100 ribu saja.

P2P Lending Akseleran pun telah dilengkapi dengan agunan dan asuransi, sehingga jika terjadi gagal bayar, dana yang kamu masukan akan dilindungi oleh perusahaan asuransi. Bila takut ingin mencoba, gunakan kode promo BLOG100 dan dapatkan dana awal sebesar Rp100 ribu!

BLOG100 Akseleran Apps

Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here