9 Manfaat Menabung Untuk Masa Depan!

6
18897
Manfaat Menabung

Manfaat Menabung – Kamu salah satu orang yang sulit sekali untuk menabung? Tenang aja kamu bukan satu-satunya orang yang merasakan hal seperti itu. Menabung memang bisa dikatakan sulit dalam mengaplikasikannya karena memang melakukan hal seperti menabung membutuhkan kesadaran ekstra dan kemauan yang ditanam sejak dini.

Ada pepatah yang mengatakan “semakin dini kamu menabung maka semakin banyak pula tabungan di masa depan nanti”. Oleh karena itu, selain memiliki tabungan yang banyak di masa depan dengan menabung juga kamu bisa menikmati manfaat menabung yang sangat banyak salah satunya dengan menabung kamu bisa menentukan prioritas uang yang kamu miliki.

Tapi sebagian dari pembaca artikel ini tentu ada yang berpikir tanpa menabung pun tetap bisa kok menentukan prioritas pengeluaran uangnya. Ok! Selain itu masih banyak manfaat yang bisa kamu nikmati dengan hanya sekedar menabung.

Simak Dulu Manfaat Menabung Sejak Dini

  • Belajar Hemat

Dengan menabung kamu sudah belajar untuk lebih bijak mengatur keuangan yang kamu miliki. Menghindari membeli sesuatu hal yang kurang berguna dan menyisihkan uang kamu untuk ditabung agar kebutuhan dana saat hari tua nanti bisa tercukupi.

Baca Juga : 6 Tahap Mengatur Rencana Keuangan Terbaik!

  • Mencegah Berhutang

Keadaan darurat memang tidak dapat dihindari oleh siapapun seperti sakit dan membutuhkan perawatan yang tentunya membutuhkan dana tidak sedikit, sehingga mau tidak mau berhutang lah yang menjadi jalan paling mudah. Seperti berhutang ke bank, padahal berhutang ke bank bunganya cukup tinggi dan prosesnya pun sulit untuk pengajuan ataupun pembayarannya. Dengan menabung kamu tidak lagi perlu takut mengalami hal-hal seperti diatas. Karena, dengan memiliki tabungan kamu sudah memiliki dana yang bisa digunakan saat ada keadaan darurat tanpa harus mencari dana apalagi berhutang.

  • Belajar Sabar

Menabung adalah hal terbaik untuk melatih kesabaran. Maksudnya dengan menabung kamu bisa bersabar atau menahan diri untuk membeli sesuatu dengan dana yang kamu miliki. dengan menabung kamu bisa lebih mudah mengatur dan menentukan mana sesuatu yang bisa kamu dahulukan prioritasnya dan mana yang bukan prioritasnya.

Manfaat Menabung

  • Belajar Lebih Disiplin

Manfaat menabung yang penting lainnya yaitu belajar lebih disiplin dengan menetapkan nominal tertentu di setiap hari, minggu atau bulan yang kamu tabungkan secara terus menerus, itu akan membuat kamu lebih disiplin dalam mengatur keuangan kamu agar lebih bijak lagi menggunakan dana yang kamu miliki.

  • Belajar Membangun Karakter

Dengan membiasakan diri untuk menabung, artinya kamu juga dapat membuat karakter atau pribadi kamu menjadi orang yang lebih bertanggung jawab. Oleh karena itu, manfaat-manfaat di atas bisa kamu nikmati sekaligus hanya dengan terus menerapkan menabung dalam keseharianmu.

Yuk! Mulai Menabung yang aman sejak dini agar dapat membentuk karakter sebagai pribadi yang lebih hemat dan peduli akan kebutuhan utama kita bukan kebutuhan yang kita inginkan.

  • Memiliki Konsep Mengatur Keuangan

Manfaat menabung lainnya adalah memahami konsep mengatur keuangan. Contohnya, mulai dengan membeli satu barang yang diinginkan dengan menyisihkan dananya, ditabung lalu apabila ingin membeli barang gunakan tabungan khusus tersebut untuk membeli barangnya. Dengan demikian, kamu akan belajar untuk memilih serta menyesuaikan waktu agar dapat membeli barang-barang yang diinginkan menggunakan hasil tabungannya. 

Dengan membiasakan menabung sejak dini, tentu dapat membentuk kebiasaan dalam mengatur serta merencanakan keuangan di masa depan. Selain itu, kamu juga dapat membuat rencana atau target contohnya seperti mempersiapkan liburan bersama teman atau keluarga dengan menggunakan hasil tabungan sendiri, dengan target tersebut tentu semangat akan menabung akan lebih tinggi.

  • Menghargai Uang yang Dimiliki

Apabila sudah pernah merasakan masa dimana untuk menahan diri agar tidak membelanjakan semua uang yang dimiliki dan digunakan hanya untuk menabung. Tidak hanya itu, kamu juga akan menjadi pribadi yang lebih menghargai uang, ketika sudah berhasil menahan semua keinginan berbelanja, hingga akhirnya tabungan sudah mencapai jumlah yang diinginkan. 

Berapapun jumlah tabungannya, jika kamu mengingat kembali perjuangannya untuk menabung, kamu tentu akan merasa bahwa usaha yang kamu lakukan berbuah hasil. Pemahaman ini dapat dilengkapi dengan konsep sebagai alat tukar jual beli, di mana kamu dapat melakukan berbagai macam kebutuhan dari uang yang dimiliki.

Manfaat Menabung

  • Memupuk Kebiasaan Menabung Hingga Dewasa

Ingat! kebiasaan yang dilakukan secara terus menerus tentu akan menjadi rutinitas yang melekat pada pembentukan karakter seseorang. Orang yang telah memiliki kebiasaan menabung, tidak lagi harus mengkhawatirkan konsep pengelolaan uang karena ia sudah memiliki dana yang ia miliki di tabungan.

Hal ini juga untuk mencegah perilaku boros apabila kamu dihadapkan dengan memiliki uang yang banyak. Bagi mereka yang sudah berumur juga tentu cenderung lebih lama untuk dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru,  salah satunya karena menabung ia belum terbiasa melakukannya sejak dini.

Baca juga: 4 Manfaat Persiapkan Dana Pensiun Kamu Sekarang!

  • Mempersiapkan Dana Pensiun

Selain kebutuhan-kebutuhan jangka pendek, menabung juga perlu dilakukan agar dapat untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang salah satunya adalah dana pensiun. Saat kamu sudah memenuhi kebutuhan dasar dan juga dana darurat, kamu bisa menabung untuk kebutuhan yang satu ini. Mengingat, hal tersebut harus dilakukan karena uang pensiun akan sangat penting di masa-masa dimana kita tidak lagi produktif untuk bekerja.

Nah, yang terakhir apabila kamu bingung ingin mulai menabung dimana, kamu bisa mulai menabung di Akseleran sekaligus menikmati 9 manfaat di atas.

Menabung Sekaligus Memberikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100 Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here