4 Manfaat Persiapkan Dana Pensiun Kamu Sekarang!

4
7142
dana pensiun

Berbicara mengenai dana pensiun pastinya banyak orang yang langsung berpikir ah pensiun masih lama, santai aja deh padahal pensiun itu harus dipersiapkan secara lebih jauh untuk mempersiapkan berbagai kemungkinan yang bisa terjadi nanti. Sebagian dari kamu mungkin lebih memikirkan tentang dana pendidikan ataupun dana membuat usaha padahal pensiun ini lebih penting loh. Kenapa? Karena “you can not finance your retirement” ketika kamu pensiun kamu tidak akan bisa lagi mengajukan pinjaman karena kamu tidak mempunyai penghasilan.

Nah, terus seberapa penting sih mempersiapkan masa pensiun itu? Sebelum kita tau manfaatnya, kita mulai dulu dari jenis pensiun yang wajib kamu ketahui ya!

Kenapa Perlu Dana Pensiun?

Dana pensiun merupakan satu hal yang perlu dipersiapkan untuk masa tua nanti. Hal ini berguna agar di masa tua nanti kita tetap memiliki dana walaupun kita tidak lagi produktif. 

Tentunya, di hari tua nanti kita tidak ingin merepotkan anak cucu kita dengan membebani segala biaya hidup kepada mereka. Selain beberapa hal yang telah disebutkan, beberapa risiko di bawah ini dapat kita alami di masa tua nanti seperti:

  • Kesehatan Serta Biaya Semakin Meningkat

Secara biologi memang semakin tua usia tentu akan semakin rentan terserang penyakit mengingat juga daya tahan tubuh yang semakin menurun.

Berbanding terbalik dengan kenaikan biaya medis di Indonesia yang cukup tinggi. Menurut data Mercer Marsh Benefits 2019 menunjukkan, bahwa kenaikan biaya medis di Tanah Air adalah 11% pertahun.

  • Mempersiapkan Hari Tua

Lansia didefinisikan sebagai mereka yang sudah menginjak usia 60 tahun lebih. Tentu banyak lansia yang memang memiliki ekonomi yang kurang baik dan akhirnya menyesal bahwa tidak dapat mempersiapkan kehidupan yang lebih baik di masa mudanya. Karena itulah, penting untuk mempersiapkan dana pensiun di masa muda.

  • Kebutuhan Hidup yang Semakin Banyak di Hari Tua

Risiko seperti kebingungan untuk mempersiapkan hidup di hari tua, meninggalkan sesuatu yang berharga untuk orang yang terkasih dan ketidaksiapan menanggung segala biaya hidup di hari tua.

Risiko-risiko tersebut tentu dapat kita alami nanti, karenanya perencanaan sedini mungkin dan tentunya dipersiapkan dengan matang selagi produktif inilah yang wajib dilakukan agar kita tidak merasakan hal-hal di atas.

Beberapa hal di bawah ini juga perlu diperhatikan jika ingin mempersiapkan dana pensiun dengan lebih baik yaitu:

  • Kemampuan Finansial

Kemampuan finansial akan menjadi perhatian besar jika kamu memiliki program pensiun yang tepat. Contohnya, jika kamu mengharapkan program pensiun manfaat pasti dimana kemampuan finansial pemberi kerja tentu akan menjadi pertimbangan utamanya.

  • Biaya

Sudah dipastikan bahwa penyelenggaraan dana pensiun, baik DPPK maupun DPLK membutuhkan biaya. Sangat penting agar lebih berhati-hati saat memilih program pensiun, jika dibandingkan baik-baik biaya yang akan dibebankan dengan keuntungan serta jasa yang diperoleh dari dana pensiun. Dana pensiun yang membebankan biaya yang lebih tinggi belum tentu lebih buruk dibandingkan dengan yang membebankan biaya lebih rendah.

  • Waktu

Semakin cepat mempersiapkan masa pensiun, tentu akan semakin ringan juga biaya yang harus dilakukan setiap bulannya. Semakin panjang masa menabung kita, akan semakin besar juga akumulasi dana yang dapat kita kumpulkan untuk bekal di hari tua.

Jenis Dana Pensiun

Pada undang undang no. 11 tahun 1992, menjelaskan bahwa ada 3 jenisnya yaitu :

  • Dana Pensiun Pemberi Kerja

Jenis ini dibuat oleh suatu individu atau badan yang mempekerjakan suatu karyawan, agar dapat menyelenggarakan beberapa program. contohnya, program manfaat pasti dan program iuran pasti. Kedua program ini berguna untuk kepentingan atau seluruh karyawannya sebagai peserta, dan yang bisa menimbulkan kewajiban untuk pemberi kerja.

  • Dana Pensiun Lembaga Keuangan

Untuk jenis yang satu ini dibuat oleh lembaga perbankan seperti bank atau perusahaan asuransi jiwa untuk dapat menyelenggarakan program seperti iuran pasti bagi perorangan, baik itu untuk pemberi kerja atau pun pekerjaan secara mandiri yang terpisah dari dana pensiun pemberi kerja bagi karyawan bank atau perusahaan asuransi jiwa yang terkait.

Oleh sebab itu, dasar dari hukum wajib ada dalam setiap program ini sehingga pesertanya tetap bisa mendapatkan kepastian hukum.

Nah sekarang kita akan bahas manfaat dari dana pensiun. Manfaatnya ini dibagi dan diperhitungkan sesuai dengan jenisnya :

  •  Manfaat Pensiun Normal

Jenis pensiun normal ini adalah seseorang yang memasuki masa pensiunnya di umur 55 tahun atau 60 tahun pada beberapa profesi tertentu. Perhitungan manfaat pensiun normal ini memiliki syarat masa kepesertaan lebih dari 3 tahun. Untuk perhitungannya

Masa kerja x Penghargaan Manfaat Pensiun x PhDP (Penghasilan dasar pensiun selama beberapa bulan terakhir) = PMKP (Penghargaan masa kerja pensiun) x PhDP (Penghasilan dasar pensiun selama beberapa bulan terakhir)

  • Manfaat Pensiun Dipercepat

Pensiun yang satu ini terjadi apabila  pensiun datang lebih cepat. dikarenakan, beberapa hal seperti contoh pengurangan karyawan dan PHK di dalam suatu perusahaan. Untuk perhitungan jenis pensiun itu sendiri seperti :

Nilai Sekarang x PMKP (Penghargaan masa kerja pensiun) x PhDP (Penghasilan dasar pensiun selama beberapa bulan terakhir)

  • Manfaat Pensiun Cacat

Pensiun ini diberikan untuk mereka yang mengalami kecelakaan dan dianggap tidak mampu melakukan pekerjaannya kembali seperti semula. Apabila umurnya belum memenuhi masa pensiun maka tidak ada batasan dari masa kepesertaannya. Perhitungannya seperti dibawah ini :

PMKP (Penghargaan masa kerja pensiun) x PhDP (Penghasilan dasar pensiun selama beberapa bulan terakhir)

  • Manfaat Pensiun Ditunda

Adalah pensiun yang terjadi apabila karyawan memutuskan untuk mengundurkan diri sebelum benar benar pada masa pensiunnya. Jadi, apabila ia mengundurkan diri sebelum masa pensiun mereka, dana pensiun miliknya di tempat ia bekerja baru akan cair apabila umur karyawan tersebut sudah memasuki masa pensiunnya. Untuk perhitungannya seperti ini :

Manfaat pensiun ditunda perbulan x (faktor SOLP + (60% x Faktor SOLJ)) x 12

Selain manfaat pensiun Kamu juga harus tau tujuan dana pensiun karena setiap pihak pastinya memiliki tujuan masing-masing baik itu lembaganya, karyawannya ataupun pemberi kerjanya.

Untuk lembaga memiliki tujuan untuk :

  • Mengatur dana tersebut untuk mendapatkan keuntungan, karena iurannya itu bisa langsung dimasukkan dalam kegiatan investasi.
  • Turut Membantu dan menyelenggarakan program pemerintah.

Untuk karyawan memiliki memiliki tujuan :

  • Memberikan rasa aman agar membuat motivasi bekerja semakin baik.
  • Sudah memiliki suatu kepastian akan mendapatkan penghasilan untuk masa yang akan datang.

Untuk pemberi kerja memiliki tujuan untuk :

  • Untuk masa pensiunnya karyawan mendapatkan jaminan.
  • Memberikan penghargaan terhadap karyawan yang sudah mengabdikan karirnya kepada kepada perusahaan.
  • Memberikan rasa aman dan kenyamanan kepada karyawannya.
  • Meningkatkan citra perusahaan untuk masyarakat

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

4 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here