7 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Ingin Memulai Persiapan Pensiun

0
1091
Persiapan Pensiun

Pensiun akan menjadi fase yang dilalui setiap orang yang bekerja. Oleh karenanya, persiapan pensiun harus dipikirkan secara matang agar dapat melewati masa tersebut dengan tingkat kesejahteraan yang tetap terjamin. Untuk itu, berikut ini tujuh hal yang harus Anda persiapkan bila ingin melewati masa pensiun dengan tenang dan bahagia. Apa saja? Yuk disimak!

  • Tentukan Kapan Waktu Pensiun 

Batas usia pensiun rata-rata adalah 57 tahun, khususnya jika merujuk pada undang-undang terbaru yang dirilis per 1 Januari 2019 lalu. Akan tetapi, tidak sedikit yang memiliki rencana pensiun di usia yang lebih muda. Untuk itu, hal pertama yang perlu diperhatikan saat melakukan persiapan pensiun adalah tentukan waktunya. Hal ini terutama berlaku bagi Anda yang bekerja sebagai pegawai swasta. 

  • Pastikan untuk Bebas Utang

Langkah selanjutnya adalah memastikan diri terbebas dari utang saat memasuki masa pensiun. Untuk itu, coba buat rincian detail tentang seluruh utang yang dimiliki saat ini. Kemudian, cek kapan seluruh utang itu dapat dibayar lunas jika merujuk pada kondisi finansial Anda yang sekarang.

  • Hitung Kebutuhan Dana Bulanan Saat Pensiun

Dalam menyusun persiapan pensiun, Anda juga perlu menghitung kebutuhan dana bulanan. Hal ini terkait dengan kebutuhan pokok apa saja yang nantinya akan Anda butuhkan ketika menjalani masa pensiun. Apa saja biaya yang bisa Anda pangkas setelah tidak lagi aktif bekerja? Oleh karena itu, diskusikan topik ini bersama pasangan untuk mengetahui kira-kira rencana keuangan seperti apa yang ideal untuk masa pensiun.

  • Transfer Dana Pensiun ke Instrumen Keuangan yang Minim Risiko

Salah satu langkah terbaik dalam persiapan pensiun adalah memastikan dana simpanan Anda berada di instrumen keuangan yang punya risiko lebih kecil. Sebagai contoh, dalam masa 5 hingga 10 tahun sebelum pensiun, cermati bagaimana karakter portofolio Anda.

Apakah terbilang agresif? Jika ya, sebaiknya mulai jadikan karakter portofolio Anda lebih konservatif atau setidaknya moderat. Hal ini karena makin tinggi imbal hasil yang diberikan sebuah instrumen investasi, makin tinggi pula risikonya. 

  • Hitung Jumlah Saldo dari Seluruh Program Dana Pensiun yang Anda Punya

Setiap perusahaan menerapkan program dana pensiun yang berbeda bagi karyawan. Ada yang memilih untuk mendaftarkan karyawannya di program dana pensiun yang diselenggarakan sebuah perusahaan asuransi atau bank. Pun, tidak sedikit yang memutuskan untuk mengelola sendiri dana pensiun bagi karyawannya. 

Selain itu, para pekerja kini juga dapat mengikuti program Jaminan Hari Tua yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Untuk itu, sebelum masa pensiun tiba, cek kembali semua program dana pensiun yang Anda ikuti. Hitung berapa jumlah saldo yang akan Anda dapatkan saat waktu klaim dana pensiun tiba. Dari situ, Anda juga bisa mulai mempertimbangkan, ke mana dana besar itu akan disimpan. Dalam hal ini, sebaiknya pilih instrumen berisiko rendah seperti obligasi pemerintah atau deposito ketika menyimpan dana tersebut. 

  • Susun Rencana Pengelolaan yang Matang untuk Dana Pensiun Anda

Selain menghitung kebutuhan dana bulanan setelah pensiun nanti, sangat penting untuk membuat rencana pengelolaan yang tepat. Hal ini karena dana pensiun yang besar perlu dikelola secara baik agar dapat memberikan manfaat yang optimal untuk kesejahteraan diri selama melalui masa pensiun. Selain itu, tidak jarang klaim dana pensiun tidak dapat dicairkan secara bersamaan atau dalam kurun waktu yang singkat. Untuk itu, sangat penting untuk membuat perencanaan yang matang soal pengelolaan dana tersebut. Bila memungkinkan, cobalah berkonsultasi dengan perencana keuangan yang berpengalaman. 

Baca juga: 4 Manfaat Persiapkan Dana Pensiun Kamu Sekarang!

  • Pertimbangkan Soal Biaya Kesehatan Saat Pensiun

Poin terakhir yang tidak boleh dilewatkan dalam persiapan pensiun adalah memperhitungkan biaya kesehatan. Ketika sakit, Anda tentunya ingin mendapatkan pelayanan terbaik dari fasilitas kesehatan. Maka dari itu, dapatkan proteksi untuk hari tua Anda nanti dengan mengikuti asuransi kesehatan yang tepercaya.

Karena umur manusia terus bertambah, pensiun tentunya menjadi fase yang tidak bisa dihindari. Namun, bukan berarti fase itu akan berubah menjadi masa yang menyeramkan karena orang tidak bisa aktif bekerja—sementara kebutuhan hidup sehari-hari tetap harus dipenuhi. Karena itulah, persiapan pensiun yang matang harus direncanakan sejak dini agar Anda memiliki jaminan hari tua yang sejahtera.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]