Tetap Happy Lebaran di Rumah Saja

0
7165

Setelah menjalankan ibadah puasa Ramadan, seluruh umat muslim dengan suka cita menyambut hari raya Idul Fitri. Momen ini umumnya diisi dengan bersilaturahmi baik berkunjung ke tetangga, teman dekat dan pastinya juga keluarga besar untuk sekedar bersalaman bahkan hingga bersantap ketupat bersama-sama.

Dengan adanya pandemi selama beberapa bulan ini, di mana setiap orang dianjurkan untuk #dirumahaja, sehingga beberapa tradisi Lebaran harus ada yang ditunda, seperti sholat Idul Fitri di luar rumah, mengunjungi keluarga, teman ataupun tetangga.

Meski Sobat tidak lagi dianjurkan untuk bisa melakukan kegiatan tersebut saat pandemi COVID19 seperti saat ini, Sobat tidak perlu khawatir, karena libur lebaran di rumah akan tetap bisa asyik, seru dan bermakna bersama keluarga inti.

Beberapa kegiatan yang bisa Sobat lakukan bersama keluarga agar suasana Idul Fitri tetap terasa hangat. Berikut ini beberapa ide aktivitas seru yang bisa dilakukan saat lebaran di rumah:

1. Silaturahmi Lewat Video Call
Terpisah jarak dengan anggota keluarga yang tinggalnya berjauhan, teman dekat dan kerabat di lebaran kali ini, tak lantas memutus tali silaturahmi. Sobat tetap bisa bersilaturahmi menyambut Idul Fitri tanpa harus keluar rumah, caranya yaitu dengan menggunakan teknologi video call. Cukup dengan smartphone atau laptop dan aplikasi video call yang tersambung internet. Momen ini tetap terasa hangat dan suka cita, karena Sobat tetap bisa bertatap muka.

Agar semakin hangat, Sobat bisa mulai dengan berbagi cerita terbaru hingga melakukan hal-hal sederhana bersama-sama secara virtual, seperti bermain permainan bersama, tebak gambar melalui aplikasi, presentasikan foto-foto lama, dan karaoke bareng.

2. Membuat Kue atau Memanggang Ikan Bersama Keluarga
Tidak ada salahnya merayakan datangnya hari kemenangan dengan membuat kue atau memanggang. Baik itu kue khas lebaran, memanggang ikan atau mungkin sekedar membuat sate ayam serta membuat makanan favorit salah satu anggota keluarga. Aktivitas lebaran ini pun bisa menjadi hangat karena membuat kue atau memanggang ikan bisa sambil ngobrol, canda gurau bersama keluarga.

Karena semua keluarga ada di rumah, akan menyenangkan jika Sobat mengajak mereka untuk menghias kue lebaran atau meracik makanan penutup yang bisa dikreasikan bersama di rumah.

Jika Sobat ingin mengajak si kecil, kegiatan membuat kue lebih aman dan cocok karena bisa menjadi sarana melatih motorik si kecil, di sini si kecil bisa belajar mendekorasi kue atau mencetak kue. Sehingga kreativitas si kecil pun bisa tersalurkan.

Setelah memasak atau membuat kue, jangan lupa untuk menyantapnya bersama. Di sini suasana hangat pun kembali tercipta. Karena bisa bercanda gurau hasil kue atau panggangan, baik soal rasa maupun bentuk. Seru kan?

3. Bermain Bersama Keluarga
Setelah puas menyantap makanan, perut pun perlu istirahat. Untuk mengisi waktu sambil beristirahat, Sobat bisa bermain dengan koleksi mainan board game atau permainan tradisional. Kegiatan ini sangat cocok untuk meninggalkan aktivitas sehari-hari yang sebelumnya sangat dekat dengan gadget atau smartphone, karena kini Sobat bisa semakin dekat dengan keluarga.

Beberapa board game populer antara lain twister, uno, dan monopoli atau congklak, bola bekel dan karambol. Pada permainan ini, sangat cocok dimainkan oleh semua usia sehingga seluruh anggota keluarga bisa diajak main. Tidak perlu ada yang merasa ditinggalkan dengan aktivitas ini!

Baca Juga:
Mengatur Keuangan di Tengah Pandemi COVID-19
#dirumahaja CARI CUAN DARI BLOG

4. Foto Bersama Keluarga
Hari lebaran juga kerap sekali menjadi momen untuk foto keluarga, karena ini biasanya menjadi ajang keluarga besar berkumpul bersama. Meski hanya bisa berkumpul dengan keluarga inti, momen lebaran tahun ini harus tetap diabadikan, dong! Apalagi sudah dandan dan pakai baju rapi. Agar foto keluarga terlihat kece perlu diperhatikan cahaya, latar tempat, dan angle saat mengambil foto ya, Sob.

Agar hasilnya maksimal dan kece ketika diposting di sosial media. Saat menata cahaya, latar tempat dan angle photo, Sobat bisa bergotong royong atau sharing bersama keluarga.

5. Kembangkan Dana Lebih di Akseleran
Momen lebaran dengan mengembangkan dana bisa menjadi hal menarik karena berkumpul dengan keluarga sambil bertukar pikiran untuk kehidupan masa depan. Jika biasanya saat lebaran Sobat memiliki alokasi dana untuk keluar rumah atau liburan bersama keluarga maka lebaran kali ini di rumah saja, sehingga dana tersebut bisa dialihkan untuk hal-hal yang produktif. Salah satunya adalah mengembangkan dana di Akseleran.

Mengembangkan dana di Akseleran bisa mulai dari Rp100 ribu. Selain mendapatkan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun, Sobat juga memberikan manfaat ekonomi untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) yang membutuhkan dana.

Nah, itulah beberapa aktivitas lebaran di rumah yang seru dan bisa Sobat praktikan nanti. Sehingga tetap happy meski lebaran di rumah saja.

Selamat Idul Fitri 1441 H / 2020 M.
Minal Aidin Wal Faizin, Mohon Maaf Lahir dan Batin.

 

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]