#dirumahaja CARI CUAN DARI BLOG

0
521

Di era sekarang untuk meraup pundi-pundi rupiah bisa menjadi peluang bagi siapapun dan dimanapun terutama melalui internet. Apalagi momen #dirumahaja sekarang ini, banyak kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk meraup pendapatan bahkan menjadikannya sebagai peluang passive income. Salah satunya adalah Blogging! Bagaimana tidak, Blogging menjadi cara yang paling mudah untuk mendapatkan pendapatan. Terpenting, blog tersebut memiliki desain sesuai dengan konten yang cocok bagi audiens atau para pembacanya.

Nah, dari sekian banyak jenis blog yang tengah berkembang, financial blog bisa jadi merupakan salah satu fenomena yang paling populer di Indonesia saat ini. Mereka, biasanya sudah memiliki basis komunitas keuangan sendiri.

Bersama Rimba Laut selaku Senior Vice President Corporate Communication Akseleran, Kata Akseleran Episode ke-13 akan menghadirkan dua financial blog yang sudah malang melintang di dunia blogger sekaligus berprofesi sebagai pemberi dana (Lender) Akseleran, adalah Adrian Siaril dan Sabda Awal. Keduanya sukses mempertebal kantongnya dari cuan yang diterima melalui tulisannya tentang Akseleran. Kok bisa ya…???. Anda penasaran? Berikut kutipan Kata Akseleran Episode ke-13 dengan judul “Cari Cuan dari Blog”.

Adrian Siaril

1. Sejak kapan berprofesi sebagai financial blog? Kenapa pilih menulis Akseleran, apakah memberikan keuntungan?
Saya mulai menulis blog sebenarnya sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP), namun untuk menulis finansial di blog baru terpikirkan pada awal tahun 2018. Alasan saya menulis Akseleran, sebetulnya ketika itu tidak memiliki ekspektasi untuk mendapatkan penghasilan karena memang saya sendiri adalah pengguna (pemberi pinjaman/lender) Akseleran, tetapi karena saya pikir Akseleran cukup oke untuk direkomendasikan lalu saya berbagi informasi secara jujur dan ternyata dari situ menghasilkan keuntungan. Maka untuk blog saya ini saya cukup takjub karena menghasilkan uang untuk saya.

2. Apa sih yang biasanya paling Adrian sorot saat menulis tentang Akseleran supaya pembacanya bisa terhanyut dan menggunakan kode referral Adrian?Sebenarnya perlakuan saya untuk setiap ulasan sama, tapi Akseleran ini fair-fair saja, menurut saya lebih banyak keunggulannya daripada kekurangannya jadi cukup oke untuk ditulis.

Jika ditanya highlightnya, ya seperti judulnya yakni Akseleran ini cukup menjanjikan karena returnnya cukup tinggi. Jika dibandingkan Peer to Peer (P2P) Lending lainnya, lalu dari segi keamanan tentu aman karena Akseleran sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain itu, Akseleran memiliki proteksi dana, dimana Akseleran sangat concern dengan dana lender. Selain proteksi dana lender tapi holdingnya bertanggung jawab jika dana lender terkena imbas yang tidak mengenakkan, misalnya peminjam (borrower) gagal bayar.

3. Dari tulisan yang sudah dibuat di blog Adrian, seringkali yang menjadi pertanyaan dari pembaca tentang Akseleran itu apa saja? Bagaimana Adrian menjawabnya?
Sebenarnya pertanyaan yang benar-benar menguras pikiran tidak ada, karena standar saja. Namun saya paling sering ditanya, apa itu P2P Lending? Saya harus jawab sesingkat mungkin, saya jelaskan anggap saja Akseleran sebagai bank yang tidak menyediakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), tetapi memberikan bunga lebih tinggi.

Pertanyaan kedua, Akseleran aman apa nggak? Karena di Indonesia ini banyak fintech yang bodong, jadi pertanyaan lanjutannya adalah bodong apa nggak? Lalu untuk menjawab itu, saya jelaskan bahwa Akseleran berizin dan diawasi oleh OJK.

Ketiga, dana saya aman apa nggak? Saya selalu jawab, ada asuransi kredit. Di sisi lain, holding Akseleran bertanggung jawab jika ada peminjam (borrower) yang gagal bayar. Artinya usaha recovery Akseleran ini paling transparan, karena bisa sampai satu tahun ke depan ternyata masih ada yang diupdate. Dan karena belum terbayarkan oleh borrower akhirnya sampai direcover oleh Akseleran. Saya merasa hampir tidak ada P2P Lending yang seperti Akseleran, yang seniat ini dalam upaya recovery.

Tetapi akhirnya ada yang bertanya lagi, ini benar apa tidak? Dari situ saya jelaskan kembali apa yang saya alami, jika ada yang macet ya saya infokan bahwa memang ada yang macet tapi informasi yang disampaikan Akseleran sudah sangat jelas. Mulai dari alasan pembayaran macet, hingga upaya mitigasinya. Artinya Akseleran sangat transparan.

4. Di luar sana, ternyata banyak yang mau jadi blogger kayak Adrian ini karena dianggap mudah dapat cuan dari internet. Boleh tahu berapa sih total nilai dana yang sudah diraih dari mereka yang sudah membaca artikel Anda hingga menggunakan Akseleran juga?
Kebetulan beberapa waktu lalu saya rekap untuk lapor pajak, nominalnya itu sekitar Rp2 miliar lebih yang menggunakan kode referral saya, dan Akseleran memberikan bonus referral selama 6 bulan, jadi sebenarnya bisa lebih dari Rp2 miliar. “Untuk nominal yang saya dapat cukuplah, okelah buat uang jajan.” Jawab Adrian dibarengi senyum bahagia. Apalagi uang yang didapat ini dijadikan pendanaan kembali ke Akseleran jadi dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

5. Anda juga berprofesi sebagai lender di Akseleran, pesan apa yang mau disampaikan kepada orang lain yang mau sukses menjadi financial blog?
Akseleran sangat terbuka, dan saya bukan pertama kali datang ke Akseleran, bertemu dengan tim akseleran dan tim Akseleran pernah main ke kantor saya, lalu saya pernah ketemu di beberapa event Akseleran, jadi hubungan interpersonal saya dengan Akseleran meningkatkan kepercayaan saya terhadap Akseleran. Dibandingkan P2P Lending lainnya yang hanya by telp, WhatsApp bahkan kantornya pun kurang kredibel, jadi saya senang dengan cara Akseleran membangun hubungan interpersonal yang baik dengan lender-lendernya.

6. Jika saya dan orang di luar ingin menjadi finansial blog, apa yang harus saya lakukan sebelum menulis?
Pertama harus posisikan sebagai pembaca, yakni informasi apa sih yang ingin dibaca? Jadi kita harus empati. Kedua kita harus jujur, jangan hanya jualan saja. Jika ingin jualan ya ngelamar saja di Akseleran. Jadi harus informasikan yang berimbang. Ketiga, konsisten menulis karena orang ingin membaca tulisan kita karena ada tulisan yang baru, jika tidak ada tulisan baru orang tidak mau baca. Keempat, kita harus update terus, misalkan saya menulis sejak 2018 dan sekarang Akseleran sudah berizin ya jadi harus saya update statusnya bukan lagi terdaftar melainkan sudah berizin dan diawasi oleh OJK.

Sobat Akseleran, Tak kalah hebat dari Adrian Siaril, financial blog lainnya yang dikenal dengan nama Sabda Awal dan domisili di Medan, Blogger satu ini telah menulis pengalaman mengembangkan dana di Akseleran, namun hanya dalam waktu kurang dari dua bulan saja sudah mengajak para pembacanya melakukan total pendanaan di Akseleran hampir Rp100 juta. Bagaimana caranya? Berikut kutipannya:

Sabda Awal

1. Kelihatannya memang simpel artikel yang Sabda Awal tulis tetapi sangat mengedukasi. Biasanya, sebagai financial blog, apa yang membuat Akseleran ini memiliki keistimewaan?
Sebelumnya saya ingin bercerita cara melakukan pendanaan di platform P2P Lending terlebih dahulu, jadi sebelum melakukan pendanaan atau mengembangkan dana saya pastikan apakah ini legal apa tidak? Caranya cek di Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lalu saya kunjungi websitenya. Ketika saya mengulik website Akseleran, lalu saya melihat banner mengembangkan dana mulai dari Rp100 ribu, dari situ sangat menarik buat saya, karena mengembangkan dana bisa mulai dari modal kecil. Maka pada tulisan yang saya buat yang saya tekankan untuk pembaca adalah di Akseleran dengan modal Rp100 ribu sudah bisa mengembangkan dana dan mendapatkan bunga yang menarik.

2. Buat para pembaca blog lainnya di seluruh Indonesia, pesan apa sebetulnya yang ingin Sabda sampaikan tentang Akseleran?
Ada beberapa hal, pertama yang saya lihat adalah nilai TKB90, karena sebagai lender TKB90 itu sebagai input untuk melihat apakah P2P Lending ini bagus apa tidak? Tetapi ketika saat saya lihat pada saat itu sekitar 94% dan itu cukup tinggi sehingga dari situ bisa melihat sejauh mana P2P Lending memitigasi risikonya, jika semakin tinggi berarti semakin bagus.

Kedua adanya proteksi asuransi, kita mengembangkan dana bisa untung bisa rugi dengan proteksi asuransi berarti ada jaminan uang kita kembali jika peminjam (borrower) gagal bayar. Lalu adanya agunan, dimana dengan adanya agunan apabila borrower gagal bayar agunannya bisa dicairkan.

Ketiga yang saya suka adalah di Akseleran bisa mengembangkan dana dengan nominal kecil mulai dari Rp100 ribu.

Terakhir yang paling saya suka adalah bagian kode referralnya, karena Akseleran bisa dibilang tidak pelit untuk para penggunanya, dimana jika ada yang menggunakan kode referral kita, si pengguna akan mendapatkan free saldo senilai Rp100 ribu dan yang memiliki kode referral akan mendapatkan 0,5% dari total pendanaan dari si pengguna referral tersebut, referral ini berlaku selama 6 bulan ke depan tanpa mengurangi saldo si pengguna referral.

Jadi pesan yang sering saya tekankan adalah, iniloh ada P2P Lending yang bisa mengembangkan dana dengan modal mulai dari Rp100 ribu dan bisa mendapatkan return hingga 21% per tahun, serta memiliki proteksi asuransi dan agunan sehingga kita sebagai lender pun akan merasa aman, nyaman dan menguntungkan.

3. Berarti nggak sulit ya Sabda, cara dapat cuan dari blog? Nah, buat orang yang ingin menjadi blogger hal apa saja yang sebaiknya harus dilakukan?
Sebenarnya jika kita sudah punya nama/brand itu tidak begitu sulit. Karena kita sudah punya komunitasnya sendiri. Namun yang paling sulit adalah bagaimana membangun brand atau blog kita di awal-awal, kuncinya adalah harus konsisten.

4. Pertanyaan terakhir dan tak kalah menarik. Pesan Sabda kepada blogger lainnya yang mungkin ingin tahu juga tentang Akseleran bahkan menulis serupa?
Dalam dunia blog agak kompleks, kita harus memiliki kemampuan menulis, tapi saya dulu menulis belum begitu oke, karena ada blog jadi saya belajar nulis di blog, jika ada kamera saya juga belajar photography, lalu saya belajar bagaimana menyampaikan pesan dengan tulisan agar lebih menarik. Terpenting niatnya dulu, niat membuat blog untuk dapat penghasilan atau bikin blog biasa?

Lalu jika ingin membuat tulisan di blog tentang pengembangan dana, harus ada kejujuran di dalamnya karena kita harus tampilkan kelebihan dan kekurangannya, seperti keuntungannya apa dan kekurangannya apa, jadi dijabarkan sejujur-jujurnya dan alangkah lebih baik dicoba dulu pendanaan tersebut biar bisa menjelaskan lebih detail.

Sob, untuk tayangan selengkapnya Kata Akseleran episode ke-13 dengan judul “Cari Cuan dari Blog” bisa saksikan tayangan berikut:

Sob, jangan lupa subscribed, like dan share ya! Lalu agar terus dapat informasi terkini dari Akseleran, nyalakan/klik tombol lonceng pada channel youtube Akseleran.

Daftar sekarang dan dapatkan bunga hingga 21% per tahun di Akseleran

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode CORCOMMBLOG. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]