5 Investasi Yang Menguntungkan di Tahun 2021!

9
13401
Investasi Yang Menguntungkan

Tahun baru waktunya memulai sesuatu yang baru demi menggapai resolusimu di akhir tahun. Di tahun 2021 ini kamu bisa memulai investasi mengingat perkembangan investasi pada tahun 2018 yang mengalami peningkatan secara signifikan, seiring berjalannya waktu masyarakat Indonesia juga sudah mulai aware dengan pentingnya investasi sebagai jaminan masa depan. 

Karena itu sebelum kamu memulai investasi awalmu di tahun 2021, kamu bisa mulai memikirkan jenis investasi yang menguntungkan untuk kamu mulai di tahun ini.

  • Reksa Dana

Investasi reksa dana bisa menjadi pilihan awal investasi yang menguntungkan, selain kemudahan yang ditawarkan pada investasi ini reksa dana juga memberikan kemudahan dalam memonitor dan menganalisa keuangan kamu secara menyeluruh dengan adanya manajer investasi. Untuk menghasilkan hasil investasi yang menguntungkan sekaligus maksimal juga kamu harus memilih manajer investasi yang mempunyai reputasi baik serta memiliki tim yang dapat memproses investasi secara terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan. Kelebihan lainnya yang bisa kamu dapatkan jika berinvestasi reksa dana kamu bisa mendapatkan keuntungan dari selisih nilai jual dan beli dari Nilai Aktiva Bersih (NAB) reksa dana.

Untuk jenisnya investasi ini memiliki banyak ragam diantaranya, reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap dan reksa dana campuran.

Munculnya Financial Technology (Fintech) juga membuat proses investasi reksadana menjadi relatif lebih mudah, karena:

  1. Investasi di reksadana sekarang dapat dimulai dari hanya Rp10 ribu tentunya jumlah ini sangat terjangkau dan menjadi salah satu yang paling rendah diantara beberapa instrumen investasi lain.
  2. Banyak aplikasi investasi reksadana online yang ditawarkan saat ini, sehingga kesempatan untuk melakukan investasi reksadana ini terbuka lebih lebar.
  3. Beberapa platform seperti contohnya Akseleran memiliki produk reksadana sehingga para anak muda ataupun mereka yang ingin memulai investasi reksadana dapat mencobanya.
  • Obligasi

Dalam obligasi ini jika kamu membeli atau sudah memiliki obligasi artinya kamu sedang meminjamkan uangmu untuk perusahaan atau pemerintah. Setelah itu, perusahaan atau pemerintah tersebut akan mengembalikan modal kamu beserta bunganya untuk pinjaman tersebut.

Keuntungan dari obligasi ini adalah keamanan. Jadi, jika kamu membeli obligasi dari pemerintah maka investasi tersebut bisa dikatakan aman. Tetapi tentu dengan keamanan dari obligasi ini keuntungan yang diberikan dari obligasi masih tergolong rendah dibandingkan investasi lainnya yang bisa memberikan return yang lebih tinggi.

  • Saham

Untuk kamu yang memiliki analisis yang baik dan mempunyai keinginan untuk mendiversifikasikan danamu, saham bisa menjadi pilihanmu. Saat kamu membeli atau memiliki saham, maka saham tersebut menjadi tanda kepemilikan kamu terhadap suatu usaha. Karenanya, ini memberikan kamu hak keuntungan berupa dividen. Dividen merupakan pembagian laba kepada setiap pemegang saham dilihat dari berapa banyak saham yang dimiliki.

Perlu diingat bahwa dibandingkan dengan Obligasi yang dapat memberikan keuntungan dengan pasti, investasi dengan saham ini bersifat tidak menentu. Tidak menentunya dikarenakan adanya perubahan dari nilai saham setiap harinya. Terlepas dari itu investasi saham masih cukup banyak diminati masyarakat di Indonesia.

Risiko saat melakukan investasi saham:

  1. Memahami proses instrumen investasi ini karena dengan memahaminya tentu akan membuat strategi yang tepat sehingga hasilnya akan lebih optimal.
  2. Lakukan diversifikasi dengan menempatkan ke berbagai peluang saham lainnya ataupun instrumen lainnya sehingga apabila ada satu peluang sedang menurun kamu memiliki opsi lainnya.
  3. Kesabaran adalah salah satu kuncinya karena keuntungan datang dalam jangka waktu yang panjang dan jangan lupa ada risiko yang menjanjikan keuntungan besar dalam waktu cepat namun ternyata adalah penipuan. Oleh karenanya, ikuti saja prosesnya untuk mencapai keuntungan yang lebih optimal.
  • Properti

Investasi yang menguntungkan satu ini perkembangannya cukup luar biasa karena beberapa sumber mengatakan bahwa peningkatan harga properti sebesar 8% setiap tahunnya. Karenanya memang properti di Indonesia seperti rumah, apartemen dan ruko saat ini menunjukkan perkembangan harga yang luar biasa. Di daerah ibu kota peningkatan harganya bisa mencapai 2 kali lipat dalam waktu kurang dari lima tahun. Dari angka tersebut bisa kita simpulkan bahwa investasi properti di Indonesia ini sangat menjanjikan untuk dimulai di 2021.

Memang pada investasi properti ini membutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memulainya. Dalam investasi properti ini keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan yaitu kamu dapat menyewakan properti milikmu untuk disewakan.

Risiko dalam Investasi Properti:

  1. Harga properti tidak selalu naik mengingat trend harga properti yang saat ini menurun dibandingkan beberapa tahun belakangan.
  2. Biasanya investasi properti dilakukan dengan membeli saat unit belum dibangun, karena memberikan potensi keuntungan yang cukup optimal, namun cara ini memiliki resiko yang relatif lebih tinggi mengingat beberapa kasus seperti pembangunan gedung apartemen yang terlambat dibangun atau lebih jauh dari target.
  3. Selain itu, proses pemecahan sertifikat apartemen yang membutuhkan waktu, jika dibandingkan dengan rumah.
  • Deposito

Deposito adalah produk simpanan yang cukup optimal sebagai alternatif tabungan yang ideal. Seperti produk simpanan lainnya, deposito memberikan penawaran bunga yang cukup menjanjikan. Selain itu juga, memberikan keamanan dan kemudahan dalam produknya, karena dengan menggunakan deposito kamu tidak perlu lagi memantau perkembangan deposito milikmu. Sesuai dengan jangka waktu serta bunga yang disepakati di awal, maka itulah yang dapat kamu terima.

Selain memiliki fungsi sebagai tabungan berjangka, deposito juga merupakan produk simpanan yang cukup optimal dalam menghasilkan keuntungan. Keuntungan dari deposito ini rata-rata mulai dari 5% hingga 7%.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected].

9 COMMENTS

  1. […] Jika kamu berinvestasi dengan tabungan di bank, kamu tidak memiliki kewajiban untuk menyetorkan sejumlah dana pada setiap waktu yang sudah ditentukan. Investasi ini umumnya banyak digunakan oleh masyarakat karena kemudahan dan prosesnya yang cepat. Tetapi untuk kamu yang menginginkan return yang lebih tinggi mungkin bisa memilih investasi lainnya yang memiliki keuntungan lebih baik. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here