Ini 4 Jenis Deposito yang Berkembang

0
9247
Jenis Deposito

Jenis Deposito – Deposito merupakan sebuah produk simpanan berjangka di bank yang menjanjikan imbal hasil atau bunga yang lebih baik dibandingkan dengan tabungan biasa. Namun, setoran serta penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu-waktu yang telah disepakati di awal. Semakin besar nominal serta semakin lama waktu penarikan depositnya, maka akan semakin besar juga bunga atau keuntungan yang diperoleh oleh pelanggan.

Tetapi, apabila pelanggan ingin menarik dana dari deposit dengan waktu lebih cepat dari waktu yang telah disepakati, maka akan ada penalti yang dikenakan. Dengan kata lain, produk tabungan berjangka ini lebih cocok untuk pelanggan yang ingin melakukan pengembangan dananya di bank. Memang jika dibandingkan instrumen investasi lainnya seperti saham dan komoditas, dari segi keuntungannya deposito ini terbilang cukup rendah namun dari segi keamanannya relatif lebih baik.

Manfaat Memilih Deposito Sebagai Tabunganmu

Deposito ini memiliki banyak manfaat, baik itu dari sisi ban itu sendiri, deposan dan untuk mereka yang membutuhkan modal. Karena itu lebih jelasnya kita akan bahas di bawah:

  • Dari Sisi Bank

Manfaat deposito dari sisi Bank adalah adanya dukungan bagi bisnis Bank dalam pengumpulan dana dari masyarakat. Dana tersebut nantinya akan digunakan untuk meningkatkan modal bisnis perbankan, terutama di bidang layanan dengan menawarkan suku bunga simpanan.

  • Dari Sisi Deposan

Manfaat lainnya yaitu dari sisi deposan karena keuntungan dari tingkat bunga yang tentu lebih tinggi.  Selain itu, deposan juga memiliki jaminan kredit dan bantuan manajemen keuangan dari perbankan.

  • Dari Sisi Masyarakat

Dari sisi ini manfaatnya adalah terdapat dana bantuan modal dalam bentuk kredit dan modal tersebut dapat digunakan secara lebih optimal dalam kegiatan produksi sehingga dapat meningkatkan pendapatan secara nasional dan dapat mensejahterakan masyarakat.

Karena itu menabung melalui deposito ini banyak manfaatnya ke berbagai lapisan yang ada. Tetapi, sebelum memulai tabungan berjangka ini pastikan kamu mengetahui setiap jenis deposito agar dapat mengoptimalkan hasil yang didapat.

Jenis-Jenis Deposito

Saat ini terdapat empat jenis deposito yang dikenal di Indonesia yaitu deposito berjangka, deposito on call, deposito automatic roll over dan sertifikat deposito. Sekarang kita akan membahasnya satu persatu:

  • Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah salah satu produk simpanan yang paling banyak digunakan di Indonesia, produk ini memiliki jangka waktu. Untuk penarikannya dapat dilakukan pada waktu yang telah disepakati diantara deposan dan bank. Jangka waktunya sendiri beragam mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan.

Deposito berjangka biasanya diterbitkan sesuai dengan nama baik perorangan maupun lembaga. Penarikan bunga deposito berjangka ini dapat dilakukan secara tunai ataupun pemindahbukuan dan setiap bunga depositonya akan dikenakan pajak sesuai dengan jumlah bunga yang diterima.

Baca juga: Yakin Deposito Adalah Produk Simpanan Paling Aman? Kenali Dulu Cirinya!

  • Deposito On Call

Deposito yang satu ini adalah deposito yang berbentuk setoran yang akan digunakan oleh penyedia setoran untuk deposan yang memiliki dana besar dan untuk waktu yang terbilang singkat. Untuk periodenya sendiri berada di angka 7-30 hari. Karena itu bentuk setoran ini biasanya akan diterbitkan dengan nama pemilik sehingga tidak dapat diperjualbelikan.

Untuk besaran bunganya sendiri pada deposito on call ini biasanya dihitung perbulan dan untuk menentukan jumlah bunganya terlebih dahulu dilakukan negosiasi antara nasabah serta pihak bank. Pencairan bunga ini dilakukan dengan memberitahu terlebih dahulu dari pihak bank bahwa yang bersangkutan akan melakukan pencairan depositonya.

  • Deposito Automatic Roll Over

Deposito ini tidak jauh berbeda dari deposito berjangka karena deposito ini merupakan simpanan masyarakat dalam bentuk deposito yang sudah jatuh tempo sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati di awal, tetapi pihak deposan belum mengambilnya karena itu secara otomatis akan dilakukan perpanjangan waktu tanpa menunggu persetujuan dari deposan.

  • Sertifikat Deposito

Sama juga seperti deposito berjangka, deposito ini memiliki penerapan jangka waktu yang berlaku. Dimana perbedaannya hanya terdapat adanya sertifikat keterangan dari deposito itu sendiri dan dapat diperjualbelikan atau dipindahtangankan kepada orang lain. Perbedaan lainnya yaitu dari segi pencairan bunganya, karena sertifikasi deposito dapat dilakukan di muka.

Sekarang sudah mengerti dengan jelas kan mengenai jenis deposito yang ada dan berkembang di Indonesia. Ingat apapun pilihan instrumen investasimu, pastikan untuk melihat risiko serta tingkat keamanannya itu sendiri. 

Coba juga kembangkan dana di P2P Lending Akseleran

Dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]