Penting! Ini Mudahnya Cara Menghitung Bunga Deposito

0
6446
Cara Menghitung Bunga Deposito

Deposito adalah salah satu instrumen pengembangan dana yang cukup populer serta aman bagi mereka yang ingin melakukan pengembangan dana dengan jangka waktu yang sudah disepakati bersama. Sebagai imbalannya akan diberikan suku bunga yang lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan biasa. 

Deposito juga memang lebih dikenal sebagai alternatif tabungan yang aman. Karena ini dapat mempermudah para calon nasabah yang berusaha menabung namun sulit karena tergiur dengan dana yang sudah ditabungkan, ya mengingat akan terkena denda apabila kamu menarik dana sebelum waktu yang telah disepakati.

Penawaran bunga yang cukup kompetitif ini membuat deposito menjadi salah satu pilihan para pemula untuk menggunakan deposito sebagai portofolio investasinya. Tetapi, beberapa orang hanya mengetahui jumlah bunga deposito yang diterimanya saja tidak mempelajari lebih dalam mengenai cara menghitung bunga deposito itu sendiri. Karenanya, kita akan membahas bagaimana cara perhitungan bunganya di bawah ini.

Cara Menghitung Bunga Deposito

Sebelum mulai membuka deposito, pastikan kamu mengetahuinya terlebih dahulu cara menghitung bunga deposito yang akan kamu terima nantinya. Semakin besar dana yang didepositokan tentu akan semakin besar juga hasil yang akan diterima nantinya, namun hal tersebut juga akan dikenakan potongan pajak.

Sebagai catatan bahwa dana yang didepositokan lebih dari Rp7,5 juta akan dikenakan PPh sebesar 20%, tetapi apabila kurang dari Rp7,5 juta maka tidak akan dikenakan pajak. Lalu, bagaimana cara mengetahui kita tetap mendapatkan keuntungan dari deposito yang kita lakukan?

Kita akan melakukan perbandingan dua orang yang berbeda dan ingin melakukan pembukaan deposito. Contoh si A dan si B ingin membuka deposito masing-masing memulainya dengan nominal yang berbeda yaitu si A senilai Rp5 juta, sedangkan si B Rp10 juta. Namun, keduanya memiliki kesamaan yaitu ingin menyimpan dana tersebut dengan jangka waktu 6 bulan. Untuk bunga yang ditawarkan oleh pihak perbankan dengan jangka waktu 3 bulan adalah 7,5%.

Baca juga: Yakin Deposito Adalah Produk Simpanan Paling Aman? Kenali Dulu Cirinya!

Namun, seiring berjalannya waktu mereka ingin melakukan perhitungan bunga yang didapatkan dari simpanan dana mereka. Untuk perhitungan jelasnya di bawah ini:

  • Untuk bunga deposito yang nominalnya kurang dari Rp7,5 juta. Bunga deposito = jumlah uang simpanan X bunga per tahun X tenor : 12
  • Untuk bunga deposito yang nominalnya lebih dari atau sama dengan Rp7,5 juta. Bunga deposito = jumlah uang simpanan X bunga per tahun x 80% x tenor : 12
  • 80% yang terdapat pada rumus mencari bunga deposito untuk simpanan lebih dari Rp7,5 juta di atas adalah persentase dari keuntungan yang sudah dikurang dengan persentase pajak senilai 20%
  • Bunga deposito untuk tenor 12 bulan adalah 7,5%, maka bunga deposito yang jumlah dana simpanannya lebih dari Rp7,5 juta secara riil harus dikurangi dengan 20% dari 7,5% yaitu sebesar 1,5%. Sehingga bunga riil yang diterima pada deposito tenor 12 bulan dengan jumlah simpanan di atas Rp7,5 juta adalah 6%

Penjelasannya di sini: Si A dan si B ingin mengetahui bunga yang diterima dan dapatkan setiap harinya. Asumsi 1 bulan sama dengan 30 hari dan 1 tahun sama dengan 365 hari, kalkulasinya:

  • Perhitungan bunga si A : Pendapatan bunga deposito (per hari) = Rp5 juta x 7,5% x 90 : 365 = Rp92.465,75
  • Perhitungan bunga si B : Pendapatan bunga deposito (per hari) = Rp10 juta x 6% x 90 : 365 = Rp147.945,21

Bagaimana sekarang sudah mulai sedikit memahami terkait cara menghitung bunga deposito, kan? Jika sudah memahami dengan pasti cara menghitung bunga deposito. Kamu tinggal menentukan instrumen yang cocok dan sesuai dengan preferensi pengembangan danamu.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]