Ini Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengajukan Pinjaman Bank

0
286
Pinjaman Bank

Munculnya pengeluaran yang datang tak terduga membuat kadang orang kebingungan untuk memenuhi atau menutup pengeluaran tersebut disaat dana yang dimiliki belum cukup atau justru tak tersedia. Oleh karenanya banyak dari mereka yang akhirnya mencoba untuk mencari pinjaman melalui berbagai macam cara baik itu melalui pinjaman melalui orang sekitarnya, pinjaman melalui perusahaan startup maupun pinjaman bank.

Mengajukan pinjaman memang diperlukan mengingat kebutuhan finansial seseorang seringkali tidak dapat diprediksi. Karena itu, mengajukan pinjaman adalah hal yang diperlukan. Pinjaman bank adalah pinjaman yang seringkali dipilih orang saat membutuhkan dana. 

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman Bank

Beberapa orang kadang banyak yang menganggap bahwa mengajukan pinjaman melalui bank adalah hal yang terbilang cukup sulit, namun sebagian lainnya menganggap bahwa pinjaman bank adalah pinjaman yang paling aman dibandingkan mengajukan pinjaman di tempat lain. Tetapi, kamu memerlukan beberapa untuk dipersiapkan terlebih dahulu untuk mengajukan pinjaman dengan baik agar pengajuan yang diajukan dapat diterima.

Namun, sebelum mengetahui syarat untuk mengajukan pinjaman bank, kamu harus menentukan nominal pengajuan yang ingin kamu ajukan terlebih dahulu agar dapat menyesuaikan nantinya jenis pinjaman yang kamu pilih.

Menentukan Jumlah Pinjaman

Beberapa bank yang memiliki produk pinjaman, biasanya mereka memiliki beberapa jenis produk kredit yang dapat dipilih sesuai dari kebutuhan nasabahnya. Dari beberapa produk kredit ini, jumlah kredit yang dipinjamkan juga lebih beragam. Hal tersebut yang membuat para nasabah harus menentukan terlebih dahulu jumlah pinjaman yang akan diajukannya.

Umumnya apabila nominal pinjamannya lebih dari Rp200 juta, maka skema kredit serta persyaratannya tentu akan berbeda dengan nasabah yang mengajukan pinjaman dengan nominal Rp5 juta. Karenanya pastikan jumlah pinjaman yang diajukan sesuai dengan kebutuhan kita dan jangan lupa untuk mengukur risiko serta pinjaman yang diajukan ke Bank agar mendapatkan persetujuan.

Menentukan Jenis Pinjaman

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas bahwa di setiap bank memiliki produk pinjaman yang beragam tidak hanya 1 atau 2 saja, pastikan untuk memilih mana jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan.

Lebih jauh inilah beberapa jenis pinjaman yang biasa disediakan di bank:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak)
  • Kartu Keluarga 
  • Memiliki Penghasilan Tetap
  • Fotokopi Akta Nikah (bagi yang sudah menikah)
  • Fotokopi Buku Tabungan
  • Fotokopi slip gaji (untuk  karyawan) atau SIUP (untuk wiraswasta)
  • Slip gaji atau surat keterangan penghasilan
  • Rekening koran selama 3 bulan terakhir
  • Dokumen aset yang diagunkan

Beberapa hal di atas merupakan syarat umum yang biasa diperlukan saat pengajuan pinjaman, namun setiap bank juga memiliki persyaratan yang berbeda-beda menyesuaikan dari produk pinjaman yang diiajukan.

Baca juga: Nikmati Kemudahan Pinjaman Bunga Rendah di Akseleran!

Mencari Informasi Sejelas Mungkin

Ya, sebagai nasabah kamu perlu mengetahui hak sebagai konsumen dalam lembaga jasa keuangan. Diantaranya hak mendapatkan informasi yang jelas. Karena itu, saat pengajuan pinjaman perhatikan suku bunga yang ditawarkan dan jangan lupa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami hingga mendapatkan informasi yang benar-benar sesuai.

Lalu, jangan melupakan untuk bertanya terkait bagaimana hitungan dari bunganya, sanksi keterlambatan pembayaran cicilan serta berbagai hal lainnya yang membuat kita dapat memahami dari produk pinjaman yang akan diajukan.

Selain memastikan informasi dengan lebih jelas terkait dari produk pinjamannya, kamu sebagai konsumen juga memiliki hal untuk mendapatkan perlindungan keamanan terkait data-data yang kamu miliki.

Apabila mengalami kendala, jangan ragu untuk melakukan konsultasi permasalahan pada lembaga jasa keuangan yang bersangkutan jika menemui masalah dari produk pinjaman yang diajukan melalui pinjaman bank tersebut.

Jangan Melupakan Kewajiban

Nah apabila sudah cukup jelas terkait pinjaman bank, jangan lupa kewajiban kita sebagai nasabah yaitu dengan mengikuti petunjuk informasi serta prosedur dari pemakaian dan pemanfaat barang serta jasanya. Termasuk dengan memiliki itikad baik untuk membayar sesuai dengan nilai yang telah disepakati di awal.

Saat kita pintar dalam mengelola keuangan serta baik dalam melihat jenis pinjaman yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial kita, maka pinjaman adalah sebuah cara ampuh untuk memperbaiki permasalahan keuangan.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

BLOG100

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]