Ini Syarat dan Manfaat dari Melakukan Investasi Deposito Berjangka

2
211
Deposito Berjangka

Deposito berjangka merupakan sebuah produk bank sejenis tabungan, dimana dana yang didepositkan tidak dapat ditarik nasabah sebelum jatuh tempo. Biasanya dalam deposito berjangka ini waktu yang dapat dipilih adalah 1,3,6,12 hingga 24 bulan. Jika deposito dicairkan sebelum tanggal jatuh tempo yang sudah ditentukan, maka akan dikenakan penalti. 

Deposito memiliki kelebihan yaitu tingkat suku bunga yang ditawarkan lebih besar daripada produk tabungan biasa, oleh karenanya dana yang telah didepositkan hanya dapat ditarik sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati di awal. Deposito juga memiliki sistem Automatic Roll Over yaitu perpanjangan secara otomatis. Adanya sistem itu membuat deposito akan diperpanjang secara otomatis saat selesai jatuh tempo. Selain itu, deposito terbilang cocok untuk pemula karena jangka waktu dan bunga yang ditawarkan cukup kompetitif. Lalu, apa saja sih manfaat lainnya yang ada dalam deposito berjangka?

Manfaat Memiliki Simpanan Deposito Berjangka

Sebelum melakukan simpanan deposito berjangka, kamu membutuhkan informasi terkait apa saja manfaat dari simpanan tersebut dan apa saja yang dapat kamu peroleh. Karena itu, ini manfaat dari deposito berjangka:

  • Deposito Berjangka Merupakan Investasi yang Relatif Aman

Pertimbangan yang paling utama saat orang memilih deposito berjangka sebagai investasinya adalah risiko yang rendah. Instrumen investasi ini memang salah satu yang tingkat risikonya paling rendah dibandingkan beberapa instrumen investasi lainnya, seperti saham. Namun, tingkat risiko ini bisa saja meningkat apabila hal seperti krisis atau masalah politik dalam suatu negara berkembang. 

Tetapi, deposito cukup kuat jika menghadapi kondisi naik turunnya pasar modal dan pasar uang. Oleh karena itu, deposito bisa dianggap sebagai instrumen investasi yang tingkat risikonya rendah.

  • Manfaat Suku Bunga

Suku bunga yang ditawarkan oleh deposito juga cukup kompetitif dibandingkan dengan produk tabungan. Perbandingan suku bunga deposito dengan suku bunga tabungan ini cukup jauh hampir 3 kali lipat. Ini juga alasan mengapa orang lebih memilih deposito berjangka sebagai instrumen investasinya dibandingkan produk tabungan.

  • Proses Administrasi

Untuk melakukan pembukaan rekening deposito biasanya memerlukan syarat yang banyak dan panjang. Namun, beberapa Bank sekarang sudah ada yang menyediakan deposito secara online. Tetapi, kamu tetap perlu melengkapi persyaratan yang ada. Dalam deposito online tersebut, kamu dapat menentukan besaran jumlah dana yang akan didepositkan serta jangka waktu yang sesuai dengan kebutuhan dana.

  • Jaminan Keamanan

Seperti yang sudah kita bahas sedikit di atas, keamanan adalah salah satu faktor penting mengapa beberapa orang memilih deposito sebagai investasinya. Instrumen investasi ini memberikan rasa aman untuk masyarakat karena uang yang disimpan dalam bentuk deposito langsung dijamin oleh negara.

Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) inilah yang menjaminkan deposito nasabah hingga mencapai Rp2 miliar dengan tingkat suku bunga yang tertinggi. Karenanya, deposito relatif lebih aman terutama untuk mereka para pemula dalam dunia investasi.

Baca juga: Yakin Deposito Adalah Produk Simpanan Paling Aman? Kenali Dulu Cirinya!

  • Investasi Lebih Mudah

Deposito juga memberikan kemudahan dengan menerima segala mata uang untuk di depositkan. Mata uang seperti Dollar, Poundsterling, Euro dan beberapa mata uang lainnya dapat diterima di Bank besar yang menyediakan produk deposito ini.

Syarat Umum Deposito

Saat sudah mengetahui mengenai deposito dan kamu tertarik untuk melakukan deposito. Maka, kamu dapat mempersiapkan terlebih dahulu beberapa persyaratan umum dari deposito seperti:

  • Melakukan pengisian formulir pembukaan rekening deposito
  • Menunjukkan bukti asli identitas diri seperti KTP/SIM/Paspor *untuk perorangan
  • Atau menyerahkan fotokopi bukti identitas/legalitas badan usaha/hukum *untuk perusahaan
  • Melakukan setoran awal untuk pembukaan rekening deposito

Setelah mempersiapkan segala hal di atas, kadang kali kamu memikirkan berapa keuntungan yang dapat kamu terima dari deposito yang kamu lakukan. Oleh karenanya, kamu butuh perhitungan terkait bunga keuntungan dari deposito.

Cara Menghitung Bunga Deposito

Saat akan membuka rekening deposito sebagian orang tentu memiliki bayangan berapa keuntungan yang akan diterima karenanya ini cara mudah menghitung berapa keuntungan yang dapat kamu terima dari deposito.

Keuntungan bunga deposito = suku bunga deposito x nominal uang yang ditanamkan x hari/365
Pajak deposito = Tarif pajak x bunga deposito
Pengembalian Deposito = Nominal Investasi + (Bunga deposito – Pajak)

Di atas adalah rumus perhitungan bunga dari deposito. Cara lainnya yang dapat kamu lakukan adalah membagi dana tersebut ke beberapa jangka waktu yang berbeda. Strategi ini cukup efektif untuk mendapatkan keuntungan yang lebih dan menghindari risiko terkena penalti. 

Pilih Instrumen Investasi yang Cocok Sesuai dengan Preferensimu. Untuk kamu yang ingin mempersiapkan investasi jangka panjang deposito adalah tempat terbaik untuk dana milikmu. Namun, untuk kamu yang seringkali membutuhkan dana darurat, deposito bukanlah pilihan terbaik.

Persiapkan Dana Masa Depan dengan Melakukan Pendanaan di P2P Lending!

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

2 COMMENTS

  1. In fact, deposits are fairly suitable for beginners because the term and interest offered is quite competitive. Then, what other benefits are there in time deposits?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here