Jadi, Lebih Untung Mana Investasi P2P Lending atau Deposito di Bank?

0
116

Deposito dan P2P Lending – Setiap jenis investasi tentu memiliki hal yang ditawarkan mulai dari yang paling aman atau yang paling menguntungkan. Di beberapa tahun ke belakang mungkin deposito dapat dikatakan menjadi investasi yang paling aman dan menguntungkan apalagi jika dibandingkan dengan tabungan biasa imbal hasilnya jelas sangat jauh. Namun, di era digital ini deposito tidak lagi bisa dikatakan menjadi investasi yang paling menguntungkan. Karena beberapa instrumen investasi baru mulai muncul dan menawarkan imbal hasil yang relatif lebih tinggi dibandingkan deposito. 

Salah satunya adalah Peer-to-Peer (P2P) Lending. Karena jika dibandingkan deposito yang memiliki imbal hasil keuntungan 5%-7% per tahun, di P2P Lending imbal hasil yang ditawarkan mulai dari 15% hingga 21% per tahun. Tidak hanya dari segi keuntungan saja, P2P Lending dan Deposito ini kerap kali dibandingkan oleh beberapa investor maupun calon investor terkait beberapa hal. Namun, apa saja sih perbedaan yang paling mencolok dalam kedua instrumen ini?

P2P Lending atau Deposito?

Kedua instrumen ini memang instrumen yang cukup digemari masyarakat di Indonesia karena dari segi imbal hasil, kemudahan dan keamanan cukup baik. Lalu apa saja sih yang perbandingan dari kedua instrumen ini. Simak penjelasannya di bawah:

Baca juga: Ini Syarat dan Manfaat dari Melakukan Investasi Deposito Berjangka

  • Perbankan dan Fintech

Jika berbicara mengenai deposito sudah pasti akan menyangkut dengan perbankan. Jenis instrumen ini memang lekat sekali dengan perbankan. Karena, perbankan sebagai tempat dimana dana tersebut disimpan akan mengelola dana tersebut sesuai dengan jangka waktu yang disepakati. Setoran yang diberikan kepada bank, akan kembali beserta bunga deposito.

Sementara itu P2P Lending merupakan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan Financial Technology (Fintech) yang menghubungkan pemberi pinjaman dengan peminjam secara langsung. Itulah mengapa disebut sebagai Peer-to-Peer (P2P) Lending. Imbal hasil akan diterima oleh pemberi pinjaman apabila tenor yang dipilih sudah selesai.

  • Pajak Bunga dan PPh Pasal 23

Pada Deposito, apabila pokok deposito milikmu lebih dari Rp7,500,000, maka bunga yang dapat diperoleh akan dipotong pajak sebesar 20% dan itu bersifat PPh final. Namun, lain lagi di P2P Lending semua imbal hasil yang kamu terima dari akan dikenakan PPh pasal 23 yaitu sebesar 15% dan itu bersifat tidak final. Artinya, setelah dipotong pajak, pendapatan yang diterima dari bunga deposito tersebut tidak perlu diperhitungkan lagi ke dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Tahunan, namun pendapatan investasi P2P perlu diperhitungkan kembali.

Perbedaan  Deposito P2P Lending
Penyedia Perbankan Financial Technology (Fintech)
Penjamin LPS Asuransi
Pajak 20% dari bunga deposito, final 15% dari imbal hasil investasi, tidak final

 

  • Besar Bunga Deposito dan Imbal Hasil P2P Lending

Untuk besaran bunga deposito setiap perbankan tentu berbeda-beda. Karenanya berikut beberapa perbandingan bunga deposito di setiap perbankan dan imbal hasil dari P2P Lending. 

Perusahaan Bunga Deposito Investasi P2P Lending
BCA 4,75% – 5%
DBS Indonesia 5% – 6,5%
Mandiri 4,25% – 4,75%
BRI 4,75% – 5,5%
BNI 4,25% – 5%
Akseleran 18% – 21% 

 

Dari segi imbal hasil sangat jauh sekali perbedaannya. Namun, perlu diingat pepatah “High Risk, High Gain” di P2P Lending risiko memang relatif lebih besar jika dibandingkan di deposito. Namun, dengan adanya proteksi asuransi pada beberapa platform investasi membuat investasi yang dilakukan menjadi lebih terjaga. Pilih mana, deposito atau P2P Lending?

Baca juga: Yakin Deposito Adalah Produk Simpanan Paling Aman? Kenali Dulu Cirinya!

Ingat sebelum melakukan investasi, pastikan terlebih dahulu beberapa hal seperti tenor, imbal hasil, setoran awalnya dan yang terpenting tingkat keamanannya.

Gunakan P2P Lending Akseleran dan Nikmati Imbal Hasil Hingga 21% Per Tahun!

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here