Kenalan Dulu Yuk Sama Apa Itu Fintech!

1
301
Fintech Adalah

Seiring perkembangan zaman yang maju, tentu segala proses juga akan semakin mudah. Dunia finansial juga mengalami kemajuan dengan munculnya Fintech. Pastinya kalian sudah sering mendengar kata Fintech. Tetapi apa sih Fintech itu? Fintech adalah Financial Technology. Financial Technology ini adalah sebuah inovasi dari perkembangan teknologi dalam dunia finansial. Inovasi yang diberikan juga sangat luas seperti Business to Business (B2B) hingga Business to Consumer (B2C).

Dengan adanya Fintech juga dapat membantu sekaligus mempengaruhi kebiasaan transaksi masyarakat untuk menjadi lebih praktis dan efektif. Fintech juga akan memudahkan akses terhadap produk keuangan dan meningkatkan literasi keuangan.

Apa Manfaat dengan Keberadaan Fintech di Indonesia?

Dari pemanfaatan teknologi yang digabung dengan sistem finansial, mendukung inklusi keuangan di Indonesia, dan banyak manfaat lainnya yang bisa kamu nikmati dengan adanya fintech. Kita akan bahas selengkapnya di bawah ini:

  • Kemudahan Layanan Finansial

Manfaat yang paling utama diberikan oleh fintech adalah kemudahan layanan finansial. Sebagai contoh mungkin beberapa tahun lalu ke belakang pembayaran di restoran biasanya masih dengan menggunakan uang tunai, sekarang banyak yang sudah menggunakan uang elektronik bahkan dengan menggunakan uang elektronik, banyak benefit yang bisa kita nikmati di dalamnya.

Karena itu dengan kehadiran fintech. Kamu juga bisa memaksimalkan segala bentuk pembayaran tersebut melalui smartphone.

  • Membantu UKM Mendapatkan Modal

Menurut data dari Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) total UKM yang ada di Indonesia sebanyak 59,2 juta. Dari total sebanyak itu 8% atau 3,79 juta sudah memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Artinya mereka sudah mulai menyadari bahwa dengan perkembangan zaman yang terus berjalan mereka juga perlu berkembang.

Saat mereka sudah menyadari bahwa mereka harus mengembangkan usahanya dengan mengubah ke platform online, satu hal lagi yang perlu mereka dapatkan yaitu modal.

Baca juga: 7 Ide Usaha Modal Kecil Paling Menjanjikan!

Fintech adalah solusi yang paling tepat apabila mereka ingin mengembangkan UKM miliknya. Dengan banyaknya fintech yang memberikan kemudahan pinjaman terutama untuk para UKM, fintech juga biasanya memberikan bunga yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan perbankan.

  • Mendukung Inklusi Keuangan

Fintech adalah jawaban untuk membantu pemerintah dalam mencapai target inklusi keuangan. Karena dengan fintech semua dapat melakukan proses transaksi finansial selama dia memiliki koneksi internet, maka akan sangat mudah menggunakan layanan dari financial technology ini.

Pemerataan inklusi keuangan dapat menjangkau masyarakat yang tidak mampu dijangkau oleh perbankan konvensional, karenanya Fintech akan membantu membuat masyarakat yang tinggal di daerah dapat merasakan proses transaksi yang lebih mudah dan efisien melalui fintech.

Jenis-Jenis Fintech Yang Berkembang di Indonesia

Setelah mengetahui manfaat dari Fintech, kamu juga harus mengetahui jenis jenis fintech yang ada dan berkembang di Indonesia seperti:

  • Payment, Clearing dan Settlement

Tentu Fintech yang satu ini sudah tidak asing lagi untuk masyarakat. Atau beberapa mungkin tidak sadar bahwa mereka sehari-hari malah menggunakan jenis Fintech yang satu ini. Jenis Fintech ini biasanya digunakan untuk melakukan pembayaran di merchant-merchant, Ojek Online, Pembayaran Naik Transportasi Umum seperti Commuter Line atau MRT dan lainnya.

Ya, mungkin tanpa sadar kamu menggunakan fintech ini setiap hari untuk kebutuhan sehari-hari kamu. Karena itu tentu fintech sangat memudahkan kamu dalam proses transaksi sehari-hari.

  • Market Aggregator

Yang satu ini juga berperan sebagai pembanding produk keuangan, dimana Fintech tersebut akan mengumpulkan data dan informasi finansial yang dijadikan sebagai referensi oleh pengguna. Informasi yang diberikan juga berupa tips finansial dan sebagainya. Fintech ini juga ditujukan agar kamu mendapatkan informasi yang lebih akurat sebelum memilih produk keuangan.

  • Risk dan Investment Management

Fintech ini memiliki konsep seperti layaknya seorang financial planner yang berbentuk digital. Ya fungsinya seperti melakukan perencanaan keuangan dengan lebih mudah dan praktis, yang dapat kamu pantau dimanapun dan kapanpun.

  • Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding

Yang terakhir ada Peer-to-Peer (P2P) Lending dan Crowdfunding. Kedua platform ini memiliki kesamaan yaitu mempertemukan pihak yang membutuhkan dana dengan pihak yang memberikan dana. Proses transaksi juga mudah dan aman.

Permodalan adalah aspek terpenting saat ingin memiliki usaha atau mengembangkan usaha yang sudah ada. Karena itu, Fintech jenis ini sangat memudahkan masyarakat khususnya mereka yang memiliki UKM, sehingga mereka dapat mengajukan pinjaman dengan lebih mudah dibandingkan apabila mereka mengajukan di perbankan. 

Keberadaan fintech adalah bukti bahwa teknologi dapat memberikan kemudahan lebih untuk masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu yang sifatnya transaksi maupun investasi. Yuk! mulai sekarang optimalkan penggunaan financial technology.

Gunakan Sekarang Fintech P2P Lending Akseleran dan Nikmati Imbal Hasil 18%-21% Per Tahun!

Akseleran memberikan saldo awal senilai Rp 100 ribu untuk pendaftar baru dengan menggunakan kode BLOG100. Melakukan pendanaan di Akseleran juga sangat aman kok karena lebih dari 98% nilai portofolio pinjamannya memiliki agunan. Sehingga dapat menekan tingkat risiko yang ada. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play atau Apple App Store

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi Eben (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi Omar (+62812-9799-7917) dan Rizky (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

1 COMMENT

  1. tapi sekarang banyak yang tercebak dengan fintect,,,giamna cara mengetahui fintect yang bagus, agar tidak terjebak dalam masalah keuangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here