6 Cara Mendapatkan Kebebasan Finansial Sejak Dini

0
187
Kebebasan Finansial

Memiliki kebebasan finansial di masa depan adalah impian setiap orang. Namun, jika di usia muda kamu masih memiliki tumpukan utang yang rasanya tidak habis-habis, jangan menyerah karena semua itu dapat berakhir kok!

Akan sulit rasanya apabila ingin memiliki kebebasan finansial, namun hanya mengandalkan satu pemasukan saja. Karenanya, banyak orang yang ingin mencapai kebebasan finansial melalui berbagai cara. Salah satunya yaitu berani mengambil langkah dengan keluar dari zona aman seperti melakukan investasi di usia muda untuk memperoleh pendapatan pasif. 

Cara Mendapatkan Kebebasan Finansial Sejak Dini!

Untuk meraih kebebasan finansial ini memang dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, namun apabila kamu dapat menentukan cara terbaiknya, maka kamu dengan mudah dapat mendapatkan kondisi finansial terbaikmu. 

Lalu, apa saja sih hal-hal yang dapat mendorong langkah untuk mendapatkan kebebasan finansial sejak dini?

  • Menentukan Tujuan

Diperlukan suatu langkah nyata, terukur dan layak. Artinya saat memiliki impian, maka kamu harus mengetahui apa impian yang kamu ingin raih. Jika kamu memiliki tujuan kebebasan finansial, deskripsikan secara jelas dari impian tersebut agar dapat memperoleh solusi yang jelas.

Dengan menentukan tujuan yang nyata, kamu dapat membuat perencanaan dengan lebih matang. Selain nyata, diperlukan juga tujuan yang terukur, dimana kamu dapat mengukur sudah sejauh mana kamu melangkah dalam mencapai impian tersebut. Dengan mengukur tujuan tersebut, kamu dapat melihat apakah langkah yang diambil sudah sesuai atau belum dan apakah perlu evaluasi atau tidak.

Feasible atau layak. Tujuan yang dituju memang harus layak, artinya tujuan tersebut memang mungkin untuk dicapai. Apabila tujuan yang dituju sekiranya tidak layak untuk dicapai, maka lebih baik tidak dijalankan.

  • Buat Anggaran

Buat anggaran, biasanya sebagian dari kita tidak mengetahui dan sadar kemana dana kita dihabiskan. Hal ini membuktikan bahwa kamu belum mengetahui cara mengatur keuangan yang sesuai. Apabila ingin mengatur pengeluaran keuangan agar lebih baik, maka dibutuhkan sebuah anggaran untuk mengatur prioritas dan alokasi kebutuhan yang lebih terencana.

Tentukan apa yang menjadi prioritas kebutuhan, dengan mengatur anggaran ini juga kamu dapat berhenti boros untuk membeli sesuatu yang tidak penting.

  • Bayar Tanggungan dengan Tepat Waktu

Memiliki kartu kredit untuk mengelola keuangan bulanan kamu? Coba pikir ulang kembali deh. Suku bunga kartu kredit yang relatif tinggi inilah yang sangat berbahaya bagi kondisi keuanganmu. Namun, apabila digunakan secara sesuai dan tepat waktu. Kartu kredit merupakan suatu alat pembayaran yang sangat berguna. 

Dengan melakukan pembayaran tanggungan yang ada secara tepat waktu, maka akan meminimalisasi utang dan membuat langkah lebih dekat dengan kebebasan finansial.

  • Gunakan Auto Debit

Auto Debit atau pemotongan secara langsung adalah sebuah fitur yang dimiliki beberapa perbankan di Indonesia. Sistem ini menggunakan sebuah sistem transfer berkala antar rekening secara otomatis. Fitur ini dapat dimanfaatkan untuk mereka yang ingin menabung. Fitur Auto-Debit ini cukup efektif, karena biasanya mereka membuat 2 buah rekening di mana rekening yang pertama dijadikan rekening utama sedangkan rekening kedua digunakan sebagai rekening untuk menabung.

Auto Debit ini memerlukan persetujuan terlebih dahulu sebelum diaktifkan. Sebelum membuat persetujuan, pihak  bank terlebih dahulu akan memastikan nominal serta jangka waktu Auto Debit yang disepakati.

  • Perhatikan Kredit

Credit score sangatlah berpengaruh apabila kamu memiliki rencana untuk mengajukan pinjaman dana. Apabila credit score baik, kemungkinan pinjaman dana yang diajukan akan disetujui dan ditambah dengan suku bunga yang lebih rendah. 

Karenanya, untuk mengatur kredit agar tidak bobol. Lakukan terus pengecekan riwayat kredit dan monitor selalu credit scorenya demi mendapatkan masa depan finansial yang bebas dan bahagia.

  • Hidup Minimalis

Biasakan hidup minimalis. Kamu dapat memulai hidup minimalis, dengan membedakan mana kebutuhan yang penting dan mana kebutuhan yang sekiranya kurang penting. Hidup minimalis bukan berarti hidup serba susah, tetapi hidup minimalis adalah hidup yang mengutamakan prioritas.

Dengan melakukan hidup minimalis, impian untuk mendapatkan kebebasan finansial dapat terlaksana.

  • Kelola Keuangan dengan Melakukan Pendanaan

Mengelola keuangan dengan melakukan pendanaan untuk para UKM adalah hal terbaik yang dapat mendukung kebebasan finansial di masa depan. Namun, sebelum melakukan pendanaan pastikan terlebih dahulu untuk memulainya dengan instrumen investasi yang sesuai. 

Capai Kebebasan Finansial dengan Melakukan Pendanaan di P2P Lending Akseleran

BLOG100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan langsung bisa juga menghubungi (+62811-9300443) atau untuk pinjaman dana usaha kamu bisa menghubungi (+62812-9799-7917) dan (+62811-1312-309) atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here