Apa Itu Pasar Uang? Apa Bedanya dengan Pasar Modal?

0
49488
Pasar Uang dan Pasar Modal

Pasar Uang dan Pasar Modal – Pasar yang kita kenal bukan hanya pasar konvensional tempat menjual barang dan jasa secara langsung. Ada satu pasar lagi bernama pasar abstrak yang tidak ada barang atau jasa yang diperjualbelikan, tapi ada modal atau uang yang digunakan sebagai komoditas.

Pasar uang adalah salah satu pasar yang ramai digunakan sebagai transaksi sampai saat ini. Pasar ini dianggap mampu memberikan keuntungan meski secara risiko juga tetap besar. Apalagi komoditas yang diperjualbelikan cukup abstrak dan tidak stabil harganya.

Mengenal Pasar Uang dan Instrumennya

Pasar uang adalah tempat pertemuan antara pemberi dana atau lender dengan calon konsumen. Pertemuan ini bisa dilakukan secara langsung atau melalui perantara atau broker.  Pasar uang muncul karena ada transaksi permintaan atau penawaran terhadap sejumlah dana atau surat-surat berharga jangka pendek umumnya di bawah 270 hari.

Pasar uang memiliki beberapa instrumen di dalamnya. Instrumen ini umumnya diperdagangkan dalam bentuk surat berharga. Berikut daftar instrumen surat berharga dalam pasar uang.

  • Surat Berharga Pasar Uang (SBPU).
  • Sertifikat Bank Indonesia (SBI).
  • Deposito.
  • Promissory Notes.
  • Treasury Bills.
  • Banker’s Acceptance.
  • Commercial Paper.
  • Call Money.

Fungsi Pasar Uang

Pasar uang tidak muncul begitu saja kalau tidak ada fungsi atau tujuan yang jelas. Secara umum fungsi dari pasar uang terdiri dari:

  • Sumber Pembiayaan

Pasar ini muncul sebagai salah satu sumber pembiayaan modal kerja dan investasi jangka pendek. Perusahaan yang akan melakukan ekspansi usaha dan membutuhkan dana akan mendapatkan dana langsung dari pasar ini.

  • Fasilitator dan Mediator

Investor yang berasal dari luar negeri tentu butuh berbagai dokumen yang merepotkan kalau ingin menanamkan modal di Indonesia. Oleh karena itu banyak dari mereka yang menggunakan pasar uang untuk berinvestasi dan menyalurkan pinjaman jangka pendek kepada perusahaan di Indonesia.

  • Penghimpun Dana Masyarakat

Selain dari investor luar negeri, pasar uang juga menghimpun dana dari masyarakat lokal. Transaksi yang dilakukan masyarakat umumnya berupa perdagangan surat-surat berharga berjangka pendek.

  • Menawarkan Investasi pada Masyarakat

Pasar uang juga menawarkan pembelian Sertifikat Bank Indonesia (BI) dan serta Surat Berharga Pasar Uang langsung ke masyarakat. Dengan pengelolaan yang baik, imbal hasil bisa didapatkan.

Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal

Banyak yang mengatakan kalau pasar uang dan pasar modal adalah dua hal yang sama. Padahal dua hal ini berbeda meski mungkin ada kemiripan. Berikut perbedaan pasar uang dan pasar modal selengkapnya.

  • Produk yang Diperjualbelikan

Produk yang diperjualbelikan berbeda antara dua pasar ini. Kalau pasar modal umumnya memperjualbelikan saham, obligasi, hingga reksadana. Sementara itu untuk pasar uang memperjualbelikan Surat Berharga Pasar Uang (SBPU), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito, Promissory Notes, hingga Treasury Bills.

  • Jangka Waktu

Jangka waktu pasar uang biasanya pendek dan kurang dari setahun. Beberapa ada yang beberapa bulan saja. Karena pasar ini banyak digunakan untuk pemberian dana untuk usaha, pengembalian juga berjalan cepat sesuai kesepakatan.

Pasar modal memiliki jangka panjang meski pada periode tertentu banyak pelakunya yang harus memutar dana untuk menjual atau membeli saham. Hal ini dilakukan untuk terus mendapatkan untung.

  • Otoritas 

Otoritas tertinggi dari pasar uang adalah Bank Indonesia. Sementara itu untuk pasar modal kalau di Indonesia ada Bursa Efek Indonesia. Pelaku perdagangan harus mematuhi regulasi yang ditetapkan.

  • Risiko

Secara umum risiko untuk dua pasar ini sama-sama besar. Hanya saja untuk pasar uang lebih baik karena bisa berjalan dengan modal yang kecil. Sementara itu untuk pasar saham, harganya bisa naik turun setiap hari sehingga risiko yang didapatkan bisa besar.

Dari ulasan di atas kita bisa sedikit membuat ringkasan kalau pasar uang adalah pasar abstrak yang menjadi tempat bertemunya lender, customer, dan broker. Dana yang ada di sini banyak digunakan sebagai modal usaha atau memberikan suplai dana segera pada perusahaan yang membutuhkan.

Pasar uang adalah salah satu platform untuk melakukan investasi yang banyak dilakukan masyarakat. Kalau Anda tertarik untuk melakukan investasi di sini ada baiknya mempelajari semua hal terkait pasar uang mulai dari keunggulan sampai risiko. Dengan begitu Anda bisa berinvestasi sesuai kebutuhan dan kemampuan.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].