Ini 7 Komponen Penting dari Invoice Tagihan

0
8650
Contoh Invoice Tagihan

Contoh Invoice Tagihan – Bagi para pebisnis maupun pengusaha invoice adalah hal yang cukup penting dan seringkali digunakan dalam operasional sehari-hari. Namun, banyaknya invoice-invoice yang beredar kadang membuat bingung mengingat setiap orang memiliki gaya invoice yang berbeda disesuaikan dari isi dan tujuan dari pembuatan invoice itu sendiri.

Seperti yang kalian ketahui bahwa invoice sendiri memiliki fungsi sebagai suatu dokumen yang berisi tagihan yang diberikan pembeli kepada penjual. Karenanya, invoice ini harus memiliki data yang akurat di dalamnya. Beberapa data yang akurat seperti jumlah tagihan, kuantiti barang yang dibeli, tanggal terjadinya transaksi dan beberapa hal lainnya yang saling berkaitan.

Untuk itu agar kamu mendapatkan invoice penagihan yang tepat, inilah beberapa contoh invoice tagihan yang bisa kamu buat selengkapnya.

Contoh Invoice Tagihan yang Benar

Setiap usaha maupun bisnis memang sering memiliki contoh invoice tagihan yang berbeda-beda, namun contoh di bawah ini adalah beberapa hal yang wajib ada dalam setiap invoice penagihannya walaupun modelnya berbeda.

cara membuat invoice

Download

Setelah melihat contoh invoice penagihan di atas, banyak hal yang harus ada dalam invoice mulai dari identitas, isi, serta beberapa informasi tambahan yang harus diketahui setiap orang dalam invoice tersebut.

Lalu, alasan mengapa invoice penagihan harus diisi dengan sebaik mungkin adalah karena invoice ini memiliki tujuan sebagai bukti tagihan yang sah dan legal yang nantinya dapat digunakan sebagai sebuah rujukan dalam proses pembukuan keuangan.

Baca juga: Mudahnya Mengajukan Pinjaman di Akseleran Dengan Invoice Financing

Tanpa adanya informasi yang sesuai serta lengkap, maka proses pembukuan dapat berjalan tidak sesuai sehingga menyebabkan adanya kesalahan, tidak hanya itu, invoice tagihan ini juga dapat digunakan untuk faktur pajak seperti untuk kesalahan pengiriman atau perhitungan total tagihan yang ada. Karena itu setiap orang yang membuat serta mengisi invoice tagihan harus benar dan sesuai.

Komponen Invoice

Agar dapat lebih memahami mengenai invoice terlebih dahulu kamu mengetahui jenis serta format invoice yang disesuaikan dengan transaksi dan bisnis yang dijalankan. Tetapi, ada beberapa komponen invoice yang harus disesuaikan agar informasi di dalamnya lengkap dan sesuai. Komponen-komponen di dalamnya seperti:

    • Nomor urut invoice
    • Purchase order / nomor order
    • DO (Delivery Order)/SJ (Surat Jalan) atau kode nomor transaksi DO/SJ
    • Detail barang
    • Sub total
    • Diskon
    • Biaya-biaya

Bagaimana contoh invoice tagihan di atas sudah cukup membuat kamu memahami invoice yang benar, bukan? Ingat! pastikan invoice yang kamu buat memiliki komponen-komponen di atas ya.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

pinjaman modal usaha

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]