Cara Menabung Emas di Pegadaian

1
6808
Emas di Pegadaian

Tahukah Anda bahwa pegadaian kini bukan hanya sebagai tempat untuk menggadaikan emas, tetapi juga menabung emas? Emas merupakan investasi yang sangat menjanjikan. Selain potensi keuntungan yang didapatkan lebih besar daripada bunga tabungan atau deposito, investasi emas juga tidak terpengaruh inflasi. 

Keuntungan Menabung Emas di Pegadaian

Dahulu, orang membeli emas dan menyimpannya sendiri di rumah. Metode ini memiliki risiko yang besar, apalagi jika sistem keamanan di rumah belum bagus. Emas yang disimpan tersebut rentan hilang atau dicuri. Nah, untuk menghindari hal itu, Anda kini dapat membeli dan menabung emas di Pegadaian. 

Ada sejumlah keuntungan menabung emas di Pegadaian, yaitu:

  • Biaya administrasi dan pengelolaan yang tergolong ringan
  • Nasabah dapat melakukan pembelian emas atau top up mulai 0,01 gram
  • Order cetak emas dapat dilakukan mulai dari 1 gram
  • Karatase dijamin 24 karat
  • Emas dikelola secara profesional dan transparan
  • Harga jual dan buyback dijamin kompetitif

Dengan beberapa keunggulan ini, menabung emas di Pegadaian merupakan salah satu cara praktis berinvestasi.  

Cara Menabung Emas di Pegadaian

Lalu, apa saja langkah yang perlu dilakukan untuk menabung emas di Pegadaian? Berikut di antaranya:

  • Mempersiapkan persyaratan yang ditentukan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mempersiapkan persyaratan yang telah ditentukan. Pertama, kartu identitas diri yang masih berlaku, seperti KTP atau paspor. Kedua, mempersiapkan biaya transaksi Tabungan Emas. Besarnya beragam tergantung channel yang dipilih.

Perlu diketahui, ada 4 channel di Pegadaian yang menawarkan Tabungan Emas, yaitu outlet Pegadaian, Pegadaian Digital, Pegadaian Syariah Digital, dan agen Pegadaian. Biaya administrasi pembukaan rekening di outlet Pegadaian dan agen Pegadaian adalah Rp10.000, sedangkan di Pegadaian Digital dan Pegadaian Syariah Digital bersifat gratis.

Selain itu, nasabah juga perlu membayar biaya fasilitas penitipan emas sebesar Rp30.000. Biaya ini ditagih per tahun dan harus dibayar di muka. Jika mendaftar melalui Pegadaian Digital, biaya fasilitas penitipan emas bersifat gratis pada tahun pertama.

  • Datang ke kantor Pegadaian

Selanjutnya, nasabah perlu datang ke kantor Pegadaian untuk mengisi formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas. Setelah membayar biaya administrasi dan biaya fasilitas penitipan, nasabah akan menerima Buku Tabungan Emas. Saat itu juga, pembelian emas bisa langsung dilakukan mulai 0,01 gram.

Tabungan Emas di Pegadaian Digital

Untuk memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi jual beli emas, ada aplikasi Pegadaian Digital yang bisa dimanfaatkan. Aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone ini juga sangat berguna untuk memantau fluktuasi harga emas. Pasalnya, nasabah bisa melakukan buyback (dijual kembali) mulai 1 gram dengan minimal saldo emas sebesar 0,1 gram.

Cara menabung emas di Pegadaian Digital adalah sebagai berikut:

  • Unduh aplikasi Pegadaian Digital di Google Play atau App Store
  • Lakukan registrasi dengan memasukkan sejumlah data pribadi
  • Setelah itu, untuk dapat melakukan transaksi melalui aplikasi Pegadaian Digital, tiap nasabah harus melakukan CDD (Customer Due Diligence) Secara Elektronik. Dalam hal ini, informasi yang harus dilengkapi adalah NPWP dan data rekening bank. CDD harus dilakukan di outlet Pegadaian tempat membuka rekening Tabungan Emas.
  • Setoran awal yang wajib dibayarkan adalah Rp50.000. Setoran ini wajib dibayarkan sebelum pukul 22.00 WIB pada hari pembukaan rekening. Jika melewati batas tersebut, rekening yang dibuka otomatis dibatalkan.
  • Nasabah akan mendapatkan Buku Tabungan Emas.
  • Selanjutnya, Anda sudah bisa mulai melakukan top up Tabungan Emas melalui Pegadaian Digital dengan pembelian emas minimal Rp50.000 dan maksimal Rp10.000.000.

Bukan hanya membeli atau menjual emas, Pegadaian Digital juga menawarkan fitur Gadai Tabungan Emas. Melalui fitur ini, nasabah tidak perlu menjual emas untuk mendapatkan dana segar, tetapi bisa menggadaikannya. Jangka waktu gadai adalah 30 hari hingga 120 hari. Hasil gadai emas akan langsung masuk ke nomor rekening yang terdaftar.

Baca juga: Cara Mulai Menabung Emas yang Menguntungkan

Nah, inilah beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait cara menabung emas di Pegadaian. Dengan aktif melakukan top up, meskipun dalam jumlah kecil, Anda dapat mulai belajar berinvestasi. Jika terdesak kebutuhan, emas pun bisa langsung dijual dengan proses yang mudah dan aman. Nah, tunggu apa lagi, mulailah berinvestasi dengan menabung emas sejak sekarang.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

Comments are closed.