5 Kemudahan Untuk Pemula yang Ingin Menabung Saham

0
1376
Menabung Saham

Tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk mulai menabung saham. Apalagi karena saat ini saham bukan lagi merupakan hal yang asing bagi masyarakat milenial. Dengan kecanggihan teknologi, menabung saham kini jauh lebih mudah untuk dipraktikkan. 

Salah satu modal utamanya adalah smartphone. Dengan perangkat ini, investor dapat memantau pergerakan saham secara real time. Jadi, keputusan yang diambil terkait jual beli saham pun lebih tepat. Nah, bagi pemula yang ingin menabung saham, ada beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan. Berikut di antaranya:

  • Buka rekening efek di perusahaan sekuritas

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka rekening efek. Caranya hampir sama seperti membuka rekening di bank. Menabung saham memang seperti menabung uang di bank. Bedanya, pembukaan rekening efek melibatkan perusahaan sekuritas atau broker. Selain itu, saham memiliki risiko investasi yang lebih besar.

Ada banyak perusahaan sekuritas di Indonesia. Supaya aman dan terjamin, pastikan perusahaan sekuritas yang dipilih telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagian besar perusahaan ini telah bekerja sama dengan bank konvensional, contohnya BCA Sekuritas. Perusahaan sekuritas akan mengutus karyawannya untuk mengakomodir calon nasabah di bank terkait. 

Jadi, Anda hanya perlu datang ke bank tersebut dan membuka tabungan rekening efek. Jika belum memiliki tabungan biasa, Anda harus membuatnya terlebih dulu. Dokumen yang perlu dipersiapkan adalah kartu identitas seperti KTP, Kartu Keluarga (KK), NPWP, buku tabungan, dan meterai.

  • Top up ke rekening efek

Setelah membuka rekening efek, saatnya untuk mengisi rekening dengan sejumlah dana. Tujuannya untuk mempermudah proses pembelian saham di bursa efek. Setelah melakukan top up, Anda akan mendapatkan akses ke aplikasi  jual beli saham yang dimiliki oleh perusahaan sekuritas. 

Supaya lebih praktis, setorkan dana setiap bulan secara rutin ke rekening efek  dengan memanfaatkan fitur auto transfer. Bukan hanya mudah, cara ini akan membuat Anda lebih disiplin untuk berinvestasi. Nominal dana yang disetorkan tidak harus besar. Dengan dana Rp100.000 per bulan, Anda sudah bisa mendapatkan saham sejumlah emiten.

  • Lakukan pembelian saham

Langkah selanjutnya, lakukan pembelian saham. Caranya sangat mudah, cukup dengan melakukan klik pada tombol buy. Lalu, masukkan jumlah pembelian saham, yaitu minimal 1 lot (100 lembar). 

Masalahnya, bagaimana menentukan emiten yang sebaiknya dikoleksi oleh investor pemula? Perlu diketahui, saat membuka akun saham di sebuah perusahaan sekuritas, Anda dapat mengakses hasil riset berbagai emiten yang disediakan secara rutin oleh perusahaan sekuritas. 

Nah, tidak perlu menghabiskan waktu untuk mempelajari keuangan emiten yang rumit itu. Anda hanya perlu membaca ringkasannya. Dari informasi ini, Anda bisa memilih emiten yang wajib dikoleksi.

Baca juga: 5 Cara Memulai Investasi Saham Untuk Pemula

  • Beli saham lalu “lupakan”

Saham merupakan instrumen investasi jangka panjang. Hasilnya bisa didapatkan secara ideal 3 tahun kemudian. Investor pemula wajib memahami hal ini. Jadi, walaupun saham bergerak naik dan turun sesuai kondisi pasar, tidak perlu terlalu panik. Hal yang perlu dilakukan adalah membeli saham, lalu “melupakannya”, apalagi jika jumlahnya tidak terlalu besar. 

Investor sebaiknya tidak melakukan trading saham atau jual beli saham pada tahap awal. Aksi ini dapat mengakibatkan kerugian. Sebagai bentuk investasi, saham memang tak terlepas dari risiko. Apalagi jika investor belum ahli membaca fluktuasi di pasar saham.

  • Persiapkan dana darurat 

Sebelum memulai berinvestasi, Anda pun harus mempersiapkan dana darurat. Idealnya, besar dana darurat adalah tiga kali jumlah pengeluaran bulanan. Dana darurat sangat penting. Pasalnya, dana inilah yang bisa diandalkan jika pengeluaran lebih besar daripada seharusnya karena kondisi tertentu. 

Sebaiknya, dana darurat ditempatkan di rekening yang berbeda dengan rekening sehari-hari. Tujuannya supaya dana tersebut tidak dimanfaatkan untuk hal-hal yang tidak penting.

Nah, inilah sejumlah langkah mudah yang perlu dilakukan untuk menabung saham. Sebagai investor pemula, keuntungan investasi memang tidak dapat langsung dinikmati. Meskipun demikian, dengan menambah banyak wawasan dan melatih kemampuan, Anda dapat menjadikan saham sebagai sumber penghasilan yang menguntungkan. Yuk, mulai berinvestasi sekarang!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]