Cara Mulai Menabung Emas yang Menguntungkan

0
81
Menabung Emas

Menabung emas merupakan salah satu pilihan investasi yang semakin marak selama beberapa tahun terakhir. Hal ini dikarenakan tak lain oleh nilai emas lebih menguntungkan di masa mendatang dibandingkan nilai uang yang terus tergerus inflasi. Mengapa demikian?

Menabung Uang vs Menabung Emas

Perhatikan ilustrasi berikut. Sebagai contoh, kamu menabung uang di bank sebesar satu juta rupiah dengan bunga sebesar 1,25% per tahun. Sementara itu, nilai inflasi per tahun mencapai angka sekitar 2,7%. Artinya, meski secara nominal uangmu bertambah di tahun berikutnya, nilai uangmu justru berkurang. 

Berbeda dengan emas yang justru nilainya relatif bertambah setiap tahun. Salah satu alasannya yang paling kuat adalah karena ketersedian sumber daya alam logam mulia yang terbatas dan tak dapat diperbarui. Dengan semakin sedikit ketersediaan emas di dunia dan seiring berjalannya waktu, wajar jika nilainya di kemudian hari pun akan menjadi jauh lebih tinggi.

Menabung Emas Batangan

Perlu diingat, jenis emas yang direkomendasikan sebagai investasi adalah emas batangan. Hal ini dikarenakan emas pada bentuk lain seperti perhiasan biasanya sudah mendapat campuran dari berbagai bahan lainnya. Di samping itu, harga jual-beli emas perhiasan juga boleh jadi dipengaruhi oleh kerumitan ukiran, desain, dan lain-lain yang terbilang cukup subjektif. Oleh karena itu, menabung emas batangan adalah hal yang disarankan.

Ada beberapa pihak yang mulai menawarkan layanan tabungan emas, salah satunya adalah Pegadaian. Badan keuangan milik pemerintah ini telah menyediakan fasilitas menabung emas sejak tahun 2016 silam.

Cara Menabung Emas

Prosedur menabung emas di Pegadaian sangat mudah dan tidak berbelit-belit. Pun demikian dengan besarnya angsuran tabungan yang perlu kamu bayarkan. Untuk selengkapnya, simak langkah-langkah menabung emas berikut ini.

  • Cek harga emas hari ini melalui situs resmi PT Antam. Harga pada situs tersebut dapat menjadi acuan sebab umumnya harga di Pegadaian lebih tinggi sekitar 3%.
  • Tentukan berat emas yang akan dibeli sesuai dengan kebutuhan dana. Pembelian Tabungan Emas dapat berlaku mulai dari 0,01 gram.
  • Datanglah ke kantor Pegadaian terdekat dengan membawa persyaratan berikut ini: Identitas diri yang masih berlaku (KTP atau paspor) baik asli maupun salinan, Biaya transaksi sebesar Rp10.000,00 untuk administrasi dan Rp30.000,00 untuk fasilitas titipan selama 12 bulan. 
  • Isi formulir dengan data sebenar-benarnya.
  • Bayarlah biaya transaksi yang sudah ditentukan.
  • Selesai. 

Setelah mendapatkan buku Tabungan Emas, kamu pun dapat melakukan pembelian Tabungan Emas. Sebagai catatan, saldo emas ini tidak akan diberikan padamu dalam bentuk cetakan emas selama kamu tidak menghendakinya. 

Baca juga: Ini Untung dan Rugi Melakukan Investasi Emas!

Jika kamu ingin menukarkan saldo emas yang dimiliki, maka kamu perlu melakukan pengajuan pencetakan emas dan membayar biaya cetak sesuai jenis dan berat emas yang dikehendaki. Adapun rincian nilai cetak dan batas berat minimum pencetakan emas sebagai berikut.

Denominasi Cetakan ANTAM Emas UBS
1 gram Rp85.000,00 Rp40.000,00
2 gram Rp86.000,00 Rp66.000,00
5 gram Rp127.000,00 Rp83.000,00
10 gram Rp177.000,00 Rp111.000,00
25 gram Rp245.000,00 Rp178.000,00
50 gram Rp516.000,00 Rp301.000,00
100 gram Rp632.000,00 Rp507.000,00

Ketentuan Lain Saat Menabung Emas di Pegadaian

Selain memahami cara menabung emas di kantor Pegadaian di atas, berikut beberapa hal lain yang perlu kamu ketahui.

  • Pendaftaran Tabungan Emas Pegadaian juga dapat dilakukan melalui Agen Pegadaian, Pegadaian Digital, dan Pegadaian Digital Syariah.
  • Bila pendaftaran dilakukan di selain kantor Pegadaian, maka buku Tabungan Emas dapat diperoleh dengan syarat: Datang langsung ke kantor Pegadaian, Maksimal enam bulan sejak melakukan pembukaan rekening.
  • Bila ingin mencetak emas, pastikan saldo minimal yang tersisa setelah pencetakan adalah 0,1 gram.
  • Emas cetakan dapat diterima dalam jangka waktu 15-45 hari tergantung lokasi kantor Pegadaian.

Nah, itulah informasi seputar menabung emas. Pada dasarnya, tabungan ini merupakan salah satu jenis investasi sehingga uang yang kamu miliki akan bertambah nilainya di kemudian hari. Cara menabung emas pun terbilang sangat mudah dan dapat kamu lakukan dengan modal awal yang tidak selalu besar.

Menabung emas merupakan salah satu bentuk investasi yang memiliki risiko rendah. Bila ingin mendapat keuntungan nilainya yang cukup signifikan, kamu perlu menunggu waktu beberapa tahun. Namun di sisi lain, tabungan ini juga memiliki likuiditas yang tinggi sehingga kapan pun kamu membutuhkan uang, saldo emas yang kamu miliki dapat diubah menjadi uang tunai.

Apabila kamu mencari alternatif investasi lainnya, P2P Lending dapat menjadi alternatif investasi pilihanmu.

Pilih Pengembangan Dana yang Cocok denganmu dan Pastikan Memulainya dengan nominal yang Relatif Lebih Kecil bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin memulai mengembangkan dana, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai alternatif investasi dengan imbal hasil hingga 21% per tahun kamu dapat mulai mengembangkan dana di platform P2P Lending Akseleran hanya dengan dari Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]