Tips Membaca Analisis Fundamental Saham

0
7767
Analisis Fundamental Saham

Saham merupakan jenis investasi yang memiliki tingkat risiko kerugian sangat tinggi. Apalagi, ketika Anda melaksanakan investasi saham tanpa disertai penilaian kualitas saham secara tepat. Untuk meminimalkan risiko kerugian tersebut, Anda perlu melakukan analisis yang bertujuan mengetahui nilai intrinsik saham. Salah satu metodenya adalah analisis fundamental saham. 

Melalui analisis fundamental saham, Anda bisa menghindarkan diri dari pembelian saham yang tak layak untuk dibeli. Terkait kelayakan saham tersebut, setiap orang bakal memiliki preferensi tersendiri. Meski menggunakan metode analisis yang sama, kemungkinan besar Anda bakal punya hasil yang berbeda dengan orang lain. Hal itu bisa terjadi karena kemampuan membaca analisis. 

Dengan metode pembacaan yang tepat, Anda bakal memperoleh hasil analisis yang lebih akurat. Untuk membantu Anda agar bisa membaca analisis fundamental saham dengan cara lebih baik, terdapat 7 tips penting yang dapat dipraktikkan, yaitu: 

  • Tetapkan time frame

Saat melakukan analisis, investor sebaiknya menggunakan time frame jangka panjang. Alasannya, karena pengamatan kondisi pasar dalam jangka panjang memiliki pengaruh lebih besar dibandingkan jangka pendek. 

  • Cermati price earning ratio (PER)

Tips selanjutnya adalah terkait PER, yang berguna untuk memperoleh gambaran terkait tingkat keuntungan dibandingkan nilai saham perusahaan. Saham bernilai murah kalau punya PER lebih rendah dibandingkan PER rata-rata dalam sebuah sektor industri. 

Hanya saja, jangan mudah terkecoh ketika mendapati saham dengan PER murah. Meski punya nilai PER murah, bukan berarti saham perusahaan tersebut memiliki kualitas bagus. Jadi, kalaupun mendapati saham dengan PER murah, selidiki kualitasnya. 

  • Lakukan pendekatan top down

Tips selanjutnya dalam melakukan pembacaan analisis fundamental saham adalah lewat pendekatan top down. Pendekatan ini bisa Anda lakukan dengan melakukan analisis secara berurutan, mulai dari analisis ekonomi makro, industri perusahaan, hingga kondisi perusahaan. 

Analisis ekonomi makro dilakukan dengan melihat kebijakan ekonomi yang diterapkan pemerintah serta tingkat kestabilan politik. Selanjutnya analisis industri dilakukan dengan mengamati tingkat perkembangan sektor industri. Terakhir, analisis dijalankan dengan melihat kualitas manajemen serta kondisi keuangan perusahaan. 

  • Konsistensi peningkatan laba perusahaan

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat membaca analisis fundamendal saham adalah terkait konsistensi tingkat laba perusahaan. Usahakan untuk mengincar saham perusahaan yang secara konsisten mampu menghasilkan laba bersih dari tahun ke tahun. 

Anda perlu menghindari pembelian saham yang mempunyai laba turun naik secara berulang-ulang. Perusahaan yang bagus bakal memiliki performa yang positif, dibuktikan dengan profit secara konsisten. Sebagai pelengkap, Anda juga perlu memastikan bahwa tingkat laba perusahaan selaras dengan jumlah penjualannya. 

  • Nilai utang

Kepemilikan utang oleh sebuah perusahaan merupakan hal yang lumrah. Hanya saja, jangan sampai membeli saham perusahaan yang punya utang sangat besar. Patokan penilaian standar kepemilikan utang perusahaan bisa Anda perhitungkan dengan melihat angka debt to equity ratio atau DER. 

Anda perlu memastikan bahwa jumlah utang perusahaan tidak lebih besar dibandingkan total modalnya. Nilai DER dihitung dengan membandingkan total utang dengan total ekuitas dan dikalikan 100%. Dari hasil perhitungan itu, perusahaan yang memiliki DER lebih dari 1, menjadi indikator bahwa perusahaan punya kondisi keuangan tidak sehat. 

Baca juga: Utang Adalah: Ciri-Ciri, Jenis dan Pengertiannya!

  • Tingkat pengembalian

Tips selanjutnya, bisa dilakukan dengan melihat tingkat pengembalian investasi saham perusahaan. Caranya, dapat dilaksanakan dengan melihat data return on asset (ROA) dan return on equity (ROE). Perusahaan yang memiliki ROA dan ROE tinggi bakal menjanjikan tingkat keuntungan yang juga tinggi. 

  • Dividen

Kalau Anda menginginkan keuntungan investasi saham berupa dividen, dapat mencermati angka DPR atau dividen payout ratio. Nilai DPR menjadi indikator seberapa besar persentase pembayaran dividen oleh sebuah perusahaan. 

Itulah 7 tips penting yang dapat Anda praktikkan ketika ingin memperoleh keuntungan dalam berinvestasi saham melalui analisis fundamental saham. Ingat, analisis tersebut tidak akan menjanjikan hasil yang pasti. Artinya, terdapat kemungkinan mengalami kerugian meski sudah melakukan analisis dan mempraktikkan tips di atas secara lengkap. 

Dalam situasi seperti itu, jadikan kegagalan berinvestasi sebagai sarana belajar. Dari pengalaman tersebut, Anda bakal memperoleh banyak pelajaran sehingga mampu melakukan pembacaan analisis fundamental saham dengan lebih baik. 

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 16% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]