Contoh Surat Keterangan Penghasilan Beserta Komponennya

0
10085
Contoh Surat Keterangan Penghasilan

Surat keterangan penghasilan merupakan salah satu surat resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan, khususnya bagian keuangan. Surat ini dapat dipergunakan oleh karyawan untuk meyakinkan pihak lain mengenai jumlah penghasilan yang diterima setiap bulan. Biasanya, dokumen tersebut dibutuhkan saat mengajukan pinjaman di bank, leasing, koperasi, atau jasa pinjaman lain.

Untuk mendapatkan surat ini, seorang karyawan bisa mengajukan permohonan terlebih dahulu. Selanjutnya, pihak keuangan menerbitkan surat sesuai kebutuhan karyawan. Supaya lebih jelas, simak salah satu contoh surat keterangan penghasilan berikut ini.

Surat Keterangan Penghasilan

 

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Juanita Meranti

Jabatan : Direktur Keuangan 

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:

Nama : Krisna Sembada

Jabatan : Staf administrasi 

Adalah benar merupakan karyawan PT Adi Perkasa Jaya sejak Mei 2019 hingga saat ini. Ada pun perincian gaji Saudara Krisna Sembada setiap bulan, khususnya pada Februari 2020, adalah sebagai berikut:

Gaji Pokok : Rp1.700.000

Uang makan : Rp400.000

Transport : Rp200.000

Kesehatan : Rp100.000

Lain-lain : Rp250.000

 Rp2.650.000

Surat keterangan penghasilan ini dibuat untuk dipergunakan oleh yang bersangkutan sebagai syarat pengajuan kredit di bank.

 

Yogyakarta, 20 Maret 2020

TTD

Juanita Meranti

Direktur Keuangan

Komponen Surat Keterangan Penghasilan

Contoh surat keterangan penghasilan tersebut menunjukkan bahwa bentuknya tidak terlalu rumit. Meski demikian, ada beberapa poin yang tidak boleh diabaikan saat membuat surat ini, antara lain:

  • Ada perincian gaji

Hal yang paling penting terdapat pada surat keterangan penghasilan adalah rincian dan jumlah gaji setiap bulan atau bulan yang diminta. Rincian gaji terdiri atas gaji pokok dan tunjangan lain, seperti makan, transportasi, kesehatan, dan sebagainya. Jumlah semuanya merupakan gaji atau penghasilan karyawan setiap bulan. Informasi ini harus dicantumkan dalam surat keterangan penghasilan.

  • Disahkan oleh pihak terkait

Surat keterangan penghasilan tidak sah jika tidak diketahui dan ditandatangani oleh pihak terkait di sebuah perusahaan. Dalam hal ini, bagian yang berperan mengatur urusan gaji adalah bagian keuangan. Karena itu, segala informasi akan lebih valid jika disampaikan oleh bagian tersebut.

Dalam surat ini, nama dan jabatan dari pihak keuangan yang mengesahkan surat keterangan penghasilan harus tertera pada bagian pertama. Selanjutnya, tanda tangan dan cap stempel bagian terkait juga perlu dilengkapi.

  • Nama dan jabatan karyawan harus jelas

Selain nama dan jabatan pihak yang mengeluarkan surat, nama dan jabatan penerima surat alias karyawan juga harus ada di surat tersebut. Hal ini untuk menegaskan peruntukan surat yang dimaksud. 

  • Tujuan penggunaan surat

Pada beberapa perusahaan, tujuan penggunaan surat keterangan penghasilan juga turut dicantumkan. Dengan demikian, surat tersebut benar-benar digunakan sesuai kebutuhan. Namun, ada pula yang bersifat lebih fleksibel sehingga surat tersebut bisa digunakan untuk berbagai keperluan karyawan.

Baca juga: Contoh Invoice Word dan Excel yang Bisa Kamu Gunakan

Surat Keterangan Penghasilan Wiraswasta

Selain karyawan, wiraswasta juga dapat membuat surat keterangan penghasilan. Namun, bentuknya sedikit berbeda. Karena mendapatkan penghasilan sendiri, wiraswasta harus membuat surat keterangan sendiri. Untuk wiraswasta, komponen yang harus terdapat dalam surat adalah:

  • Mencantumkan data identitas diri

Pada surat, wiraswasta perlu mencantumkan data identitas diri secara lengkap. Beberapa informasi yang harus tersedia adalah nama, tanggal lahir, alamat, nomor KTP, nomor Kartu Keluarga, jenis usaha, dan penghasilan per bulan. 

  • Diketahui oleh pemerintah setempat

Karena tidak tergabung dalam sebuah instansi atau perusahaan, wiraswasta harus menandatangani sendiri surat tersebut. Namun, harus ada pula pengesahan dari pihak pemerintah setempat, khususnya RT dan RW tempat tinggal. Hal ini untuk menegaskan bahwa jumlah penghasilan tersebut memang benar.

Jadi, inilah beberapa komponen yang terdapat pada sebuah surat keterangan penghasilan, baik untuk karyawan maupun wiraswasta. Perlu diketahui, bentuknya bisa menyesuaikan kebijakan perusahaan yang mengeluarkan surat atau berdasarkan peruntukan surat tersebut. Pada beberapa kasus, pihak yang membutuhkan surat dapat meminta informasi tambahan.

Berdasarkan contoh surat keterangan penghasilan tersebut, jelas bahwa cara membuatnya tidak sulit. Namun, Anda harus memastikan informasi yang tertera di dalamnya sesuai dengan fakta yang ada. Semoga bermanfaat!

Dapatkan Template Contoh Keterangan Penghasilan Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh keterangan penghasilan word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Download Contoh Surat Keterangan Penghasilan Word

Cek juga:

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Sebagai platform pengembangan dana yang optimal dengan bunga hingga 21% per tahun kamu dapat memulainya hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]