10 Pinjaman Online yang Aman dan Legal

0
732
Pinjaman Online yang Aman dan Legal

Maraknya pinjaman online (pinjol) ilegal dengan bunga mencekik dan teror debt collector tidak manusiawi membuat banyak orang skeptis. Padahal untuk mengidentifikasi apakah sebuah platform pinjaman aman atau tidak caranya cukup mudah.

Jika platform tersebut terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), bisa dipastikan bahwa layanan pinjaman yang akan dipilih legal. Untuk memastikannya, kita bisa mengunjungi situs resmi OJK. Selain itu, pinjaman online yang aman biasanya tidak membutuhkan akses ke kontak di smartphone.

10 Pinjaman Online Aman dan Legal

Sebagai referensi, berikut ulasan tentang beberapa platform pinjaman online aman dan telah mengantongi izin resmi OJK.

1. Kredit Pintar

Sebagai salah satu platform pinjol tertua di Indonesia, Kredit Pintar telah mengantongi legalitas OJK sejak tahun 2017. Untuk menjadi pengguna Kredit Pintar, syaratnya cukup mudah. Kamu hanya perlu KTP dan beberapa informasi pribadi yang dibutuhkan ketika pengajuan.

Proses pengajuan di Kredit Pintar cukup cepat, yaitu sekitar 5 menit. Setelah pengajuan biasanya kita akan mendapat pilihan limit dan tenor yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

2. AdaPundi

Platform pinjaman yang telah mengantongi izin OJK dan berdiri sejak tahun 2018 ini menawarkan limit pinjaman hingga Rp12 juta dengan tenor sekitar 30 hingga 90 hari saja. Akses aplikasi yang dibutuhkan AdaPundi biasanya adalah lokasi, kamera, dan informasi umum smartphone.

AdaPundi sendiri termasuk salah satu pinjaman online yang aman dan legal menerapkan bunga harian cukup tinggi. Pastikan untuk bijak dalam mengambil pinjaman dan memilih tenor, ya.

3. AdaKami

Menawarkan limit pinjaman mulai dari Rp700.000 hingga Rp5.000.000, AdaKami memiliki pilihan tenor beragam hingga 12 bulan. Proses pengajuan hingga pencairan di aplikasi ini cukup cepat. Tidak lebih dari 24 jam, dana biasanya sudah cair ke rekening pribadi yang didaftarkan. Selain terdaftar di OJK, AdaKami juga tergabung dengan AFPI atau Asosiasi Fintek Pendanaan Indonesia.  

4. Uatas

Platform pinjaman legal dan aman ini memiliki tenor mulai dari 30 hingga 91 hari dengan limit hingga Rp5.000.000. Berbeda dengan platform lain yang bisa dicicil bulanan, nominal cicilan di Uatas tidak flat. Cicilan pertama biasanya lebih besar dibanding cicilan lainnya. Meskipun begitu, proses pengajuan dan pencairan di aplikasi ini cukup cepat, yaitu tidak lebih dari 15 menit.

5. UKU

UKU juga termasuk salah satu pinjaman online yang aman dan telah memiliki izin resmi dari OJK. Tenor pinjaman di aplikasi ini cukup singkat, yaitu 28 hingga 91 hari. Meskipun begitu, ada pilihan cicilan per 7 hari dengan nominal flat dan bunga cukup ringan.

6. Indodana

Indodana juga termasuk aplikasi pinjol yang aman dan legal. Seperti Kredit Pintar, Indodana menawarkan pinjaman dengan limit tinggi dan tenor lama hingga 12 bulan. Selain pinjaman dana instan, Indodana juga menawarkan fitur paylater yang bisa dipakai di beberapa marketplace.

Baca juga: 2 Cara Mudah Menghitung Bunga Pinjaman

7. KTA Kilat

Selain izin resmi dari OJK, KTA Kilat termasuk salah satu platform pinjol yang diakui oleh beberapa lembaga keuangan lainnya. Jadi soal keamanan, kita tidak perlu ragu. Menawarkan limit hingga Rp8.000.000, pinjaman KTA Kilat biasa dicicil per 2 mingguan atau per bulan dengan tenor hingga 90 hari.

8. Julo

Seperti halnya Indodana, Julo juga menawarkan fitur paylater yang bisa digunakan di sejumlah marketplace. Aplikasi yang telah memiliki izin resmi ini cukup aman karena tidak meminta akses ke kontak pribadi, penyimpanan smartphone, atau akses masuk ke aplikasi lain. 

9. BantuSaku

Platform pinjaman online yang aman dan legal ini juga sudah mengantongi izin resmi OJK serta tergabung dalam AFPI. Inilah mengapa soal penagihan, BantuSaku termasuk cukup beretika. Penagihan akan dilakukan paling tidak H-1 jatuh tempo. Sayangnya, tenor pinjaman aplikasi ini cukup singkat, yaitu 90 hari dengan pilihan cicilan 3 kali di hari ke-14, 21, dan 90.

10. Pinjam Yuk

Platform pinjaman ini memberikan pinjaman dengan jumlah pencairan tanpa potongan apapun. Jadi pengguna akan menerima pinjamannya secara utuh sesuai limit dan dikembalikan bersama bunga yang telah ditentukan. Pinjam Yuk sendiri termasuk platform legal yang cukup aman.

11. Akseleran

Akseleran juga menyediakan pinjaman online tunai dengan menawarkan pinjaman hingga Rp15 juta dan tenor hingga 12 bulan. Dengan syarat yang relatif mudah dan bunga yang kompetitif tentunya Akseleran memberikan solusi untuk kamu yang ingin membutuhkan dana instant untuk memenuhi kebutuhan harian kamu. Yuk ajukan pinjaman awalmu di sini!

Itulah ulasan tentang pinjaman online yang aman dan legal, semoga bermanfaat.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]