10 Pinjaman Tunai untuk Anda yang Ingin Memulai Usaha

0
407
Pinjaman Tunai

Pinjaman tunai sebagai modal memang menjadi salah satu hal terpenting yang harus dipenuhi ketika ingin memulai atau mengembangkan usaha. Jika modal belum terpenuhi, Anda bisa melakukan pinjaman modal usaha. Tanpa modal, usaha yang akan dirintis atau ingin dikembangkan tidak akan bisa berjalan.

Artikel ini akan membahas 10 jenis pinjaman tunai untuk Anda memulai usaha. Namun, pertama-tama Anda perlu tahu apa saja jenis pinjaman tunai yang tersedia.

Jenis-jenis Pinjaman Tunai

Bank dan perusahaan keuangan non-perbankan umumnya menyalurkan dua jenis pinjaman: pinjaman dengan jaminan dan pinjaman tanpa jaminan. 

1. Pinjaman Tunai dengan Jaminan

Pinjaman dengan jaminan adalah jenis pinjaman aman yang mengharuskan peminjam untuk menjaminkan aset untuk memanfaatkan pinjaman. Aset, yang disebut ‘jaminan’, dilikuidasi oleh pemberi pinjaman jika peminjam gagal bayar.

Apa saja aset yang dapat Anda jadikan jaminan? Tanah dan bangunan, kendaraan, emas, harta berharga, dan investasi. Beberapa produk pinjam tunai dengan jaminan, termasuk pegadaian dan kredit multiguna

2. Pinjaman Tunai Tanpa Jaminan

Sebaliknya, dengan pinjaman tunai tanpa jaminan Anda tidak perlu memberikan jaminan untuk uang yang Anda pinjam. 

Anda hanya meminjam uang dari bank atau pemberi pinjaman lain dan setuju untuk melakukan pembayaran rutin sampai pinjaman dilunasi seluruhnya, bersama dengan bunga yang harus dibayar. Karena tidak memerlukan jaminan, maka pinjaman ini biasanya memiliki suku bunga yang cenderung lebih tinggi.

Institusi mana yang menawarkan pinjaman jenis ini? Pinjaman online dan bank melalui produk kartu kreditnya. 

10 Pilihan Pinjaman Tunai

Ada beberapa sumber yang perlu dipertimbangkan saat mencari pinjaman tunai untuk bisnismu. 

1. Teman dan Kerabat

Banyak pendiri startup yang mencari sumber pendanaan pribadi seperti orang tua atau teman. Pengembalian pinjaman tunai ini mungkin dalam bentuk saham dan pembagian keuntungan dalam bisnis tersebut. Namun, peminjaman ini harus dilakukan dengan formalitas yang sama yang akan digunakan dengan investor luar.

2. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

KUR adalah singkatan dari “Kredit Usaha Rakyat”, sejenis pinjaman pemerintah yang disediakan untuk bisnis yang sudah ada dan mereka yang ingin memulai sendiri yang membutuhkan dana awal.

Perusahaan-perusahaan di industri manufaktur, pertanian, perikanan, maritim, penebangan, dan perbankan, serta mereka yang menyediakan layanan simpan pinjam, semuanya dapat memperoleh keuntungan besar dari pinjaman ini.

Bank telah menyiapkan skema ini sehingga pelanggan dapat mengajukan pinjaman untuk membangun kredit perusahaan mereka.

3. Pinjaman Online

Pinjaman online, sering kita kenal sebagai pinjol, adalah jenis kredit yang populer dalam lanskap keuangan modern. Anda dapat mengajukan salah satu dari pinjaman ini dari mana saja dengan komputer dan koneksi internet.

Jika Anda membutuhkan uang tunai untuk perusahaan Anda, pinjol dapat membantu dalam beberapa cara, persyaratan simpel, dan tenor yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Meskipun cepat dan mudah untuk mengajukan pinjaman online, pastikan Anda hanya meminjam dari pinjol yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Jauhi layanan pinjaman apa pun yang menghubungi Anda melalui pesan teks, chat messenger, atau panggilan telepon yang menawarkan pinjaman kepadamu karena biasanya mereka adalah pinjol ilegal.

Baca juga: 10 Pinjaman Online yang Aman dan Legal

4. Modal Ventura

Modal ventura mengacu pada pembiayaan yang berasal dari perusahaan atau individu dalam bisnis investasi. Mereka menyediakan modal untuk bisnis yang masih pada tahap berkembang dengan imbalan saham kepemilikan bisnis.

Perusahaan modal ventura biasanya tidak ingin berpartisipasi dalam pembiayaan awal bisnis kecuali jika perusahaan tersebut memiliki manajemen dengan rekam jejak yang terbukti. Umumnya, mereka lebih suka berinvestasi di perusahaan yang telah menerima investasi ekuitas yang signifikan dari para pendiri dan sudah menguntungkan.

Investor modal ventura juga lebih memilih bisnis yang memiliki keunggulan kompetitif atau proposisi nilai yang kuat dalam bentuk paten, permintaan produk yang terbukti, atau ide yang sangat istimewa. 

5. Pinjaman Koperasi

Koperasi, dalam definisinya yang paling mendasar, adalah usaha yang dikelola secara kolektif untuk kepentingan para anggotanya. Badan usaha ini beroperasi dengan berbagi sumber daya dan saling membantu melalui simpan pinjam.

Koperasi biasanya memberikan pinjaman hanya untuk anggotanya. Oleh karena itu, Anda perlu mendaftar jadi anggota terlebih dahulu untuk dapat mengajukan pinjaman. 

Secara umum, syarat mendapatkan pinjaman dari koperasi tidaklah sulit. Tapi, jangan mengambil pinjaman kecuali Anda yakin mampu membayarnya.

6. Kredit Modal Kerja

Pinjaman modal kerja adalah pinjaman bisnis jangka pendek yang berguna untuk membawa uang ekstra ke dalam bisnismu. Uang pinjaman tunai ini dapat Anda gunakan untuk pertumbuhan dan ekspansi bisnis serta untuk pengeluaran sehari-hari seperti iklan, penggajian, dan pembelian inventaris.

Anda juga bisa menggunakan pinjaman modal kerja untuk menutup biaya darurat atau membayar utang.

Pinjaman ini mengharuskan bisnismu untuk memenuhi ambang batas tertentu dalam hal waktu dalam bisnis, penjualan bulanan atau tahunan, dan nilai kredit.

Pinjaman modal kerja biasanya memiliki suku bunga rendah. Semakin baik skor kreditmu, semakin sedikit biaya untuk meminjam. Saat mengajukan pinjaman, mulailah dengan bank di mana tempat bisnismu beroperasi.

7. Angel Investors

Angel investor adalah individu dan bisnis yang tertarik untuk membantu bisnis kecil bertahan dan berkembang. Jadi, tujuan mereka mungkin lebih dari sekedar berfokus pada pengembalian ekonomi. 

Meskipun angel investor sering kali lebih fokus pada misi, mereka masih tertarik pada profitabilitas dan keamanan investasi mereka. Jadi, mereka mungkin masih mengajukan banyak tuntutan yang sama seperti pemodal ventura. 

Mereka cenderung fokus pada pembiayaan tahap awal dan memberikan jumlah pembiayaan yang lebih kecil daripada pemodal ventura.

8. Kartu Kredit

Banyak pemilik bisnis menggunakan kartu kredit untuk membantu membiayai bisnis mereka. Namun, perilakumu dalam menggunakan kartu kredit sangat penting. Karena suku bunga kartu kredit sangat tinggi, sebaiknya Anda menggunakannya untuk pembelian yang jumlahnya dapat Anda bayar kembali di akhir bulan. 

Kartu kredit juga merupakan cara yang bagus untuk membangun kredit (baik bisnis maupun pribadi), jadi dengan membiasakan menggunakan ini untuk pembelian bisnis, Anda dapat membangun riwayat kredit yang lebih kuat yang dapat membantumu memenuhi syarat untuk pembiayaan di masa mendatang. Anda akan memiliki riwayat kredit yang baik jika membayar tagihan tepat waktu.

9. Crowdfunding

Crowdfunding pada dasarnya adalah praktik mendanai proyek atau usaha dengan mengumpulkan uang dari sejumlah besar orang, biasanya melalui internet. Di sinilah, pemilik usaha akan mendapatkan uang tunai dari para pendukung mereka. Sebagai gantinya, pendukung akan menerima produk atau layanan dari bisnis tersebut. 

10. Pinjaman dari Pemerintah

Salah satu produknya adalah pembiayaan Ultra Mikro. Jika usahamu tergolong usaha mikro yang belum bankable untuk mendapatkan KUR, Anda bisa mencoba pinjaman tunai dari produk ini melalui Lembaga Keuangan Bukan Bank, misalnya pegadaian. 

Rekomendasi Pinjaman Tunai

Jika Anda membutuhkan pinjaman tunai dengan persyaratan yang mudah, bunga bersahabat dengan tenor yang dapat Anda sesuaikan untuk memulai usaha mu, maka pinjaman online berbasis crowdfunding seperti Akseleran sangat direkomendasikan. Selain terdaftar di OJK, Akseleran secara profesional dapat diandalkan karena didirikan oleh tim yang telah berpengalaman secara profesional dalam dunia finansial dan teknologi.

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].