12 Cara Mudah Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha

0
573
Pinjaman Modal Usaha

Memiliki rencana bisnis memang hal penting. Tapi tanpa adanya modal berupa uang, maka rencana tersebut tetap tidak akan bisa terlaksana dengan baik. Banyak orang yang memiliki modal dari hasil tabungan atau dari aset yang mereka jual. Bagi Anda yang tidak punya tabungan maupun aset, pinjaman modal usaha adalah opsi yang dapat diambil.

Pinjaman modal usaha bisa didapatkan dengan berbagai cara. Simak 12 cara mendapatkan pinjaman modal usaha berikut ini!

Menggadaikan Aset yang Dimiliki

Aset bisa menjadi sumber modal usaha. Aset ini bisa berupa rumah, bangunan atau kendaraan. Jika Anda masih menggunakan aset tersebut, tentu akan sulit bagi Anda untuk menjualnya, Sebagai opsi, Anda bisa menggadaikannya. Dengan cara gadai, aset masih bisa Anda gunakan dan pinjaman modal usaha juga bisa didapatkan.

Meminjam dari Keluarga dan Teman Dekat

Pinjaman modal usaha juga bisa berasal dari orang-orang terdekat Anda baik itu keluarga ataupun teman. Anda bisa menawarkan kerja sama yang menguntungkan bagi keluarga atau rekan yang bersedia meminjamkan uang. Jangan lupa untuk membuat perjanjian peminjaman dana untuk menghindari masalah di masa depan.

Pembiayaan Multiguna

Saat ini ada banyak lembaga pembiayaan multiguna yang bisa memberi Anda pinjaman untuk modal usaha. Jaminan yang digunakan bisa berupa sertifikat rumah, tanah atau BPKB kendaraan. Pembiayaan multiguna memberikan jumlah pinjaman yang cukup besar, tenor panjang serta plafon yang tinggi.

Modal Pinjaman dari Koperasi

Koperasi simpan pinjam juga dapat menjadi opsi untuk mendapatkan pinjaman dana untuk modal usaha. Untuk mengajukan pinjaman, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu menjadi anggota. Setelah itu Anda bisa mengajukan pinjaman dengan memenuhi berbagai persyarata yang ditetapka oleh koperasi.

KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Pembiayaan ini disediakan oleh bank untuk pelaku UMKM. Untuk bisa mengajukan KUR, Anda harus memiliki usaha yang sudah berjalan selama setidaknya satu tahun. Kredit yang diberikan juga termasuk rendah antara 10 sampai 15% per tahun. Perlu diingat bahwa syarat pengajuan KUR di setiap bank bisa berbeda-beda.

KTA (Kredit Tanpa Agunan)

Kalau Anda tidak memiliki sesuatu untuk diagunkan (baik itu bangunan atau BPKB kendaraan), Anda dapat mencoba mengajukan KTA. Seperti namanya, debitur bisa mendapatkan dana pinjaman tanpa perlu punya agunan. Sebelum pengajuan pinjaman dikabulkan, Anda akan direview terlebih dahulu mulai dari pemeriksaan riwayat kredit, cicilan hingga pinjaman online.

Nilai dana yang bisa Anda peroleh dari KTA bervariasi namun biasanya cukup besar (berkisar antara Rp200 – Rp300 jutaan). Cicilan setiap bulan umumnya tetap dengan bunga yang rendah.

Pinjaman Online

Jika Anda tidak memiliki akses ke perbankan konvensional, Anda bisa memilih mengajukan pinjaman secara online. Besaran dana yang bisa Anda dapatkan bervariasi, begitu juga dengan bunganya. Pastikan Anda hanya mengajukan pinjaman kepada platform pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK.

Baca juga: 10 Pinjaman Online yang Aman dan Legal

KMK (Kredit Modal Kerja)

KMK merupakan skema pembiayaan yang disediakan oleh beberapa bank untuk pelaku usaha jasa, perdagangan dan perusahaan yang bergerak di bidang produksi dan pengadaan. Selain digunakan sebagai modal, KMK juga dapat dimanfaatkan untuk membayar utang dagang. Kredit KMK umumnya berlangsung selama setahun.

Bootsrapping

Istilah satu ini memang tergolong baru dan banyak dimanfaatkan oleh pemilik startup. Modal usaha boostrapping didapatkan dari kekuatan internal perusahaan misalnya dengan cara patungan oleh semua pendiri. Dari modal awal yang kecil –bahkan ada yang tanpa modal sama sekali, perusahaan bisa membangun bisnis dan mencapai keuntungan seperti yang diharapkan.

UMi (Pembiayaan Ultra Mikro)

UMi adalah pembiayaan yang termasuk bagian program sosial yang disediakan bagi pengusaha mikro lapisan terbawah. UMi disalurkan oleh LKBB (Lembaga Keuangan Bukan Bank) di bawah pengawasan BLU (Badan Layanan Umum). Anda bisa mendapatkan UMi dengan menghubungi penyalur termasuk Pegadaian, PT. Permodalan Nasional Madani dan lain sebagainya,

BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro)

BPUM sebenarnya bukan pinjaman melainkan salah satu bentuk bantuan yang diberikan oleh pemerintah terhadap pelaku UMKM yang terdampak pandemi. Anda bisa datang langsung ke kantor Kemenkop UKM untuk mengetahui syarat dan waktu pengajuan BPUM.

P2P Lending

P2P lending merupakan layanan berbasis teknologi yang memungkinkan masyarakat untuk menjadi penerima pinjaman (debitur) dan pemberi pinjaman (kreditur). P2P lending hadir memberikan kemudahan bagi masyarakat yang tidak atau kesulitan mengakses pinjaman dari bank.

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia melalui Akseleran memungkinkan Anda untuk mendapatkan pinjaman modal usaha dengan bunga bersaing. Daftarkan diri Anda dan penuhi semua persyaratannya untuk mendapatkan pinjaman modal sekarang juga!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang igin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata hingga 10,5% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected].