Sebelum Melakukan Investasi Ketahui dulu Apa Itu Likuiditas!

0
2269
Likuiditas Adalah

Likuiditas Adalah – Untuk kamu yang sudah rutin berkecimpung di dunia finansial mungkin sudah mengetahui beberapa istilah-istilah yang ada seperti profitabilitas, solvabilitas, likuiditas dan lainnya. Tetapi mungkin beberapa yang baru mengenal dunia finansial terutama dunia investasi tentu ada juga yang belum mengetahui istilah-istilah tersebut, maka dari itu kita akan membahas istilah tersebut khususnya istilah dari likuiditas. Jadi, likuiditas itu apa sih?

Likuiditas adalah kemampuan suatu usaha maupun bisnis dalam memenuhi kewajiban membayar utang-utang yang harus segera dibayar. Dari sini tingkat likuiditas dari sebuah perusahaan juga akan terlihat dari angka-angka tertentu seperti angka rasio cepat, angka rasio lancar dan angka rasio kas.

Sebagai catatan, bahwa semakin tinggi tingkat likuiditas dari suatu perusahaan, maka tentu akan dianggap semakin baik juga kinerjanya. Lalu bagaimana mengukur baik tidaknya tingkat likuiditas tersebut?

Cara Menghitung Tingkat Likuiditas Yang Benar!

Likuiditas diukur dengan perbandingan antara aktiva lancar dengan utang lancar atau yang biasa disebut rasio lancar. Tetapi banyak perusahaan yang menggunakan rasio lain sebagai alat ukur tingkat likuiditas, karena itu kita akan membahas beberapa rasio yang digunakan untuk mengukur likuiditas.

  • Rasio Lancar

Rasio lancar merupakan tingkat kemampuan suatu perusahaan untuk menggunakan aktiva lancar untuk membayar semua kewajiban atau utang lancarnya.

Rasio Lancar = Aset Lancar / Utang Lancar

  • Rasio Cepat

Rasio cepat merupakan tingkat kemampuan dalam suatu perusahaan untuk membayar utang jangka pendek menggunakan aktiva lancar tanpa memperhitungkan persediaan yang ada. Karena persediaan itu membutuhkan proses dan waktu yang lebih lama dibandingkan aset lainnya.

Rasio Cepat = Aset Lancar – Persediaan / Utang Lancar

  • Rasio Kas

Rasio kas merupakan tingkat kemampuan perusahaan untuk melunasi utang jangka pendek yang ada dengan menggunakan dana kas, seperti contohnya rekening giro.

Rasio Kas = (Kas + Surat Berharga) / Utang Lancar

Fungsi dan Manfaat dari Likuiditas!

Likuiditas adalah hal yang selalu diperhatikan dalam suatu usaha, karena itu likuiditas  juga tentunya dalam suatu perusahaan memiliki fungsi dan manfaat tersendiri dari setiap perusahaan. Secara garis besar fungsi dan manfaat dari likuiditas sendiri antara lain:

  • Sebagai media untuk melakukan kegiatan bisnis perusahaan sehari-hari.
  • Sebagai alat untuk mengantisipasi kebutuhan dana
  • Untuk mempermudah nasabah yang ingin melakukan pinjaman atau penarikan dana.
  • Sebagai alat untuk meningkatkan upaya perbaikan kinerja.
  • Sebagai alat untuk mengukur tingkat kemampuan perusahaan dalam membayar utang jangka pendek.
  • Membantu perusahaan untuk melakukan analisis posisi keuangan jangka pendek.

Itulah beberapa cara melihat baik tidaknya tingkat likuiditas dari suatu perusahaan.

Tingkat Likuiditas Usaha-Usaha di Akseleran!

Para pengusaha yang mengajukan pinjaman di Akseleran pun memiliki tingkat likuiditas yang cukup baik karena mereka menggunakan aset berupa invoice sebagai jaminannya. Kamu juga dapat melihat segala macam informasi terkait usaha tersebut melalui aplikasi maupun web di bagian info usaha dan keuangan. Disitu kamu akan melihat debt equity to ratio sebagai rasio long term dari perusahaan itu sendiri untuk menilai stabilitas perusahaan tersebut dalam jangka panjang.
voucher promo akseleran blog blog100Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here