Jadi Pilih Mana, Karyawan atau Pengusaha?

1
6730
Karyawan atau Pengusaha

Berbicara mengenai profesi dari sekian banyak profesi yang ada tentu memiliki kelebihan dan kekurangan dari setiap profesi tentu banyak kelebihan dan kekurangan dari setiap profesi yang ada. Lalu sebenarnya mana sih yang lebih menguntungkan dan lebih sedikit tekanannya?

Ini memang selalu menjadi pertanyaan yang tidak akan pernah usai, mana yang lebih baik diantara menjadi karyawan atau pengusaha. Bagi mereka yang bekerja sebagai seorang karyawan, tentu memiliki kepuasan tersendiri apabila ia berhasil naik jabatan dalam perusahaan tempatnya bekerja.

Sementara untuk mereka yang memiliki impian menjadi pengusaha yang sukses tentu akan sangat bahagia apabila usaha yang ia jalani meraup keuntungan yang besar. Karenanya kita akan membahas beberapa kelebihan dan kekurang karyawan dan pengusaha diantaranya:

Kelebihan Menjadi Seorang Karyawan!

Bekerja sebagai karyawan di perusahaan bonafit, tentunya memiliki kebanggaan tersendiri. Dengan bekerja di perusahaan bonafit, pasti gaji yang didapatkan tentu lebih baik. 

  • Penghasilan Pasti Setiap Bulannya

Menjadi karyawan juga kamu akan mendapatkan kepastian terhadap pendapatan bulanan yang kamu terima. Saat kamu menjadi karyawan dengan pendapatan bulanan, tentu kamu sudah memiliki rencana membeli atau membayar tagihan di setiap bulannya dari pendapatan bulanan itu. Karenanya, dengan pendapatan tersebut kamu mendapatkan kepastian sehingga kamu tidak khawatir tidak dapat membayar tagihan yang kamu miliki setiap bulannya.

  • Bonus Tahunan

Saat kamu dapat memberikan hasil yang baik atas kerja kamu selama 1 tahun untuk perusahaan tersebut tentu kamu akan mendapatkan reward dari kerja keras kamu itu sebagai bentuk apresiasi juga dari perusahaan terhadap karyawannya. Bonus juga kadang diberikan perusahaan untuk dapat membuat karyawan senang dan termotivasi untuk dapat memberikan yang terbaik untuk perusahaan tersebut.

  • Jenjang Karir

Setiap karyawan yang bekerja sebagai pegawai swasta maupun pegawai negeri tentu ingin memiliki jenjang karir yang baik dalam pekerjaannya. Jenjang karir dapat diraih saat kita bekerja dengan maksimal dan memiliki reputasi yang baik atas kinerja kita. Dari jenjang karir yang ingin kita raih ini tentu akan berdampak dengan pendapatan yang kita terima atau juga ilmu yang kita terima.

  • Cuti Tahunan

Dengan beban pekerjaan yang setiap harinya cukup banyak tentu dapat menyebabkan kelelahan baik secara fisik maupun secara psikologis. Oleh karena itu, para karyawan yang bekerja juga tentu membutuhkan waktu istirahat lebih. Apabila kamu seorang karyawan kamu akan mendapatkan hak cuti selama 12 hari untuk periode 1 tahun. Dengan mendapatkan waktu cuti inilah kamu dapat membuat kamu bekerja lebih baik lagi setelah melakukan cuti tersebut.

Untuk itu jika kamu membutuhkan kemudahan pengajuan cuti kamu dapat menggunakan Talenta untuk mempermudahnya. Talenta adalah software cuti dan absensi yang membantu kamu sebagai karyawan dalam mengajukan cuti dan absen kapan dan di mana saja.

Kelebihan Menjadi Seorang Pengusaha!

Menjadi seorang pengusaha yang sukses tidaklah mudah. Memerlukan banyak hal yang dapat mendukung hal tersebut, tetapi saat sudah dalam puncak kesuksesan, maka pengusaha adalah pekerjaan terbaik dari sekian banyak pekerjaan yang ada.

Salah satu alasan kenapa banyak yang ingin menjadi pengusaha adalah banyaknya keuntungan yang menjanjikan ketimbang apabila hanya menjadi seorang karyawan. Karena itu kita akan membahas kelebihan menjadi seorang pengusaha.

  • Fleksibel dalam Bekerja

Saat kamu memilih untuk menjadi seorang pengusaha, maka kamu dapat mengatur waktu kamu dengan lebih fleksibel artinya sesuai dengan keinginan kamu. Selain itu juga kamu dapat menentukan usaha yang kamu ingin mulai baik itu usaha yang sedang trend, usaha yang sesuai dengan hobi kamu ataupun dengan usaha modal kecil.

  • Menentukan Keuntungan Sendiri

Dapat menentukan sendiri target pendapatan atau keuntungan yang ingin kamu dapatkan. Saat kamu memilih untuk menjadi seorang pengusaha, biasanya pertimbangannya adalah keuntungan. Nah, saat kamu menjadi pengusaha kamu dapat mengatur semua, mulai dari modal awalnya sampai keuntungan yang dapat kamu raih dari usaha tersebut.

  • Belajar Menjadi Pemimpin

Melatih diri kita menjadi seorang pemimpin. Ya, karena menjadi seorang pengusaha artinya menjadi seorang pemimpin untuk usahanya sendiri. Secara sederhananya tentang bagaimana memimpin usahanya dengan mengatur usaha tersebut, mengorganisasikan pekerjaan dan pekerjanya dan menyelesaikan permasalah selama jalannya usaha tersebut.

Artinya saat kamu menjadi pengusaha tersebut secara tidak langsung kamu dapat melihat diri kamu menjadi seorang pemimpin, artinya apabila usaha tersebut sukses, maka artinya kamu juga sukses menjadi seorang pemimpin karena dapat membuat usaha tersebut dikenal orang banyak.

Pilih Mana Jadi Karyawan atau Pengusaha?

Ingat! Seorang karyawan atau pengusaha tentu memiliki tingkat kesuksesan masing-masing, yang terpenting bagaimana kamu membuat sebuah pekerjaan dapat menghasilkan hasil yang terbaik untuk kedua pihak. 

Baik itu karyawan atau pengusaha jangan lupa untuk mempersiapkan masa depan kamu dengan mengembangkan danamu.

Coba Pendanaan P2P Lending dan Dapatkan Bunga Hingga 21% per Tahun!

BLOG100

Akseleran Apps

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk syarat dan ketentuan dapat menghubungi (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here