9 Contoh Surat Pernyataan Yang Baik dan Benar

3
18949
Contoh Surat Pernyataan Utang

Ada suatu kondisi dimana membutuhkan sebuah surat pernyataan untuk menegaskan bahwa apakah orang tersebut sudah atau belum melakukan suatu hal sesuai yang tertulis pada surat tersebut. Ya, surat pernyataan merupakan salah satu cara yang digunakan untuk menyatakan bahwa orang tersebut bisa, mampu atau telah menyepakati hal yang sudah dibuat pada surat pernyataan.

Biasanya mereka yang telah membuat surat pernyataan bisa saja membuatnya dengan sederhana, namun seringkali kadang merasa kurang yakin apakah benar atau tidak sehingga biasanya mereka membutuhkan beberapa referensi contoh surat pernyataan sebagai perbandingannya.

Penjelasan Seputar Surat Pernyataan

Perlu diketahui bahwa surat pernyataan dibuat memang untuk memperkuat sebuah pernyataan yang tertulis untuk suatu hal. Karenanya, sebuah surat pernyataan tentunya akan memiliki kekuatan hukum. Karenanya untuk membuat surat pernyataan biasanya disertakan juga materai 6000 dan ditulis pada kertas segel.

Biasanya sebuah surat pernyataan digunakan untuk kebutuhan seperti saat melamar pekerjaan, saat berhenti pekerjaan dan lainnya. Terutama mereka yang bekerja pada sebuah instansi, perusahaan atau lembaga yang menetapkan surat pernyataan pada prosesnya.

Cara Membuat Surat Pernyataan

Tahapan untuk membuat surat pernyataan terbilang cukup mudah jika kamu sudah memahaminya. Namun, untuk membuat surat pernyataan dari awal tentu kamu memerlukan contoh surat pernyataan agar dapat melakukan perbandingan serta penyesuaian.

Berikut beberapa tahapan untuk membuat surat pernyataan dengan beberapa cara di bawah ini:

  • Menentukan Surat Pernyataan yang Akan dibuat

Sebelum memutuskan untuk mulai membuat surat pernyataan pastikan terlebih dahulu bagaimana serta apa tujuan dari pembuatan surat pernyataan ini. Hal tersebut sudah termasuk dengan judul, isi surat serta informasi penting lainnya yang akan diperjelas dalam surat pernyataan tersebut.

  • Memperhatikan Penulisan

Ingat! Surat pernyataan dapat dikatakan bahwa surat yang formal atau resmi dan tentu di dalamnya memiliki kekuatan hukum. Karenanya, saat membuat serta penulisan surat pernyataan itu dilakukan dengan seksama dan jeli.

Selanjutnya, memastikan surat pernyataan yang dibuat terhindar dari beberapa kesalahan kecil seperti typo atau penggunaan tanda baca serta penulisan tata bahasa dalam penyampaiannya.

  • Langsung ke Inti

Tidak banyak yang menerima surat pernyataan yang telah kamu buat tanpa membacanya dengan seksama. Karena itu surat pernyataan yang baik adalah surat pernyataan yang jelas dan informasi di dalamnya dapat tersampaikan dengan baik.

Mulai dari pemilihan kalimat yang lugas dan langsung ke inti hal ini dimaksudkan agar penerima dapat lebih mengerti apa yang dimaksudkan dengan lebih jelas. Pembuatan surat pernyataan ini bisa dibuat dengan menggunakan pengetikan atau tulis manual menggunakan tangan. 

Contoh Surat Pernyataan

  1. Surat Pernyataan Diri
    Download Link Surat Pernyataan Diri (doc file)

    Contoh Surat Pernyataan Diri
    Contoh Surat Pernyataan Diri

  2. Pernyataan Kesanggupan
    Download Link Surat Pernyataan Kesanggupan (doc file)

    Surat Pernyataan Kesanggupan
    Surat Pernyataan Kesanggupan

  3. Surat Pernyataan Perjanjian
    Download Link Surat Pernyataan Perjanjian (doc file)

    SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN PERTANGGUNGJAWABAN
    SURAT PERNYATAAN PERJANJIAN PERTANGGUNGJAWABAN

  4. Surat Pernyataan Kerja
    Download Link Surat Pernyataan Kerja (doc file)

    Contoh Surat Pernyataan Kerja
    Contoh Surat Pernyataan Kerja

  5. Surat Pernyataan Orang Tua
    Download Link Surat Pernyataan Orang Tua (doc file)

    Contoh Surat Pernyataan Orang Tua
    Contoh Surat Pernyataan Orang Tua

  6. Surat Pernyataan Cerai
    Download Link Surat Pernyataan Cerai (doc file)

    Contoh Surat Pernyataan Cerai
    Contoh Surat Pernyataan Cerai

  7. Surat Pernyataan Hutang
    Download Link Surat Pernyataan Hutang (doc file)

     

    Surat Perjanjian Hutang Piutang
    Surat Perjanjian Hutang Piutang

     

  8. Surat Pernyataan Ahli Waris
    Download Link Surat Pernyataan Ahli Waris (doc file)

    SURAT PERNYATAAN AHLI WARIS
    SURAT PERNYATAAN AHLI WARIS

  9. Surat Pernyataan Belum Menikah
    Download Link Surat Pernyataan Belum Nikah (doc file)

    SURAT PERNYATAAN BELUM PERNAH MENIKAH
    SURAT PERNYATAAN BELUM PERNAH MENIKAH

Dapatkan Template Contoh Surat Pernyataan Word Gratis!

Klik tombol di bawah berikut dan dapatkan contoh surat pernyataan Word yang bisa digunakan langsung untuk keperluan perusahaan dan pribadi.

Cek juga:

Di atas ini adalah contoh surat pernyataan untuk kepemilikan tanah yang biasanya dibutuhkan saat melakukan pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan) terutama jika status pajak tanah atas nama orang lain.

Jadi, bagaimana sekarang sudah memahami cara membuatan surat pernyataan yang baik dan benar? Contoh surat pernyataan di atas dapat menjadi referensi untuk kamu membuat surat pernyataan ya.

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

BLOG100

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

3 COMMENTS

Comments are closed.