10+ Contoh Surat untuk Guru yang Baik dan Sopan

0
1769
Contoh Surat Untuk Guru

Menulis surat merupakan sarana komunikasi yang lebih murah daripada menelepon langsung. Kali ini, buatlah guru terkesan dengan beragam contoh surat untuk guru.

Contoh Surat untuk Guru

  • Surat untuk memberi kabar tentang diri

 “Bapak Ari, bagaimana kabarnya? Saya baik-baik saja. Semoga Bapak selalu sehat. Saat ini saya sudah berhasil kuliah di Universitas Indonesia. Dulu Bapak selalu menyemangati saya agar giat belajar demi masuk ke jurusan kedokteran. Terima kasih atas dukungan Bapak selama ini.”

  • Surat dengan bonus oleh-oleh

 “Apa kabar, Ibu Bianca, guru Bahasa Indonesia Chita di SMA X dulu? Chita ingin mengabarkan bahwa Chita sudah terpilih menjadi guru Bahasa Indonesia di Sydney, New South Wales, Australia. Sebagai ucapan terima kasih karena telah menjadi inspirasi Chita, bersama surat ini terdapat kalung kerajinan suku Aborigin untuk Ibu. Semoga Ibu berkenan menerimanya.”

  • Surat untuk guru dari luar kota atau negeri

 “Assalamu’alaikum, Pak Danang. Nama saya Erlangga dari SMP X. Masih ingat saya yang dulu paling semangat menghafal peta buta di kelas Geografi Bapak? Saat ini saya tengah kuliah di UCLA, seperti impian saya dulu. Semua berkat Bapak yang gigih mengajar kami mengenal berbagai tempat di bumi ini.”

  • Surat untuk memberi kabar keberhasilan diri

 “Apa kabar, Ibu Fira yang baik? Semoga Ibu sehat-sehat saja di rumah bersama keluarga. Ibu, Gina baru saja memenangkan lomba esai tentang lingkungan hidup. Ibu ingat dulu Ibu sering memberikan tugas menulis? Lama-lama Gina jadi terbiasa menulis panjang.”

  • Surat untuk guru yang pindah sekolah

 “Assalamu’alaikum, Bapak Hamid? Apa kabar Bapak di sekolah baru? Di sini, kami merindukan Bapak dan cara mengajar Bapak yang jenaka dan seru. Kami tidak pernah bosan masuk ke kelas Bapak.”

  • Surat untuk mengucapkan Selamat Tahun Baru

 “Selamat Tahun Baru, Ibu Ivana. Mungkin Ibu lupa dengan saya, Jason, anak paling bandel di kelas X SMA XX dulu. Jason cuma mau minta maaf, karena dulu pernah iseng menjahili Ibu di kelas. Karena kini Jason kena batunya saat punya anak perempuan. Jason selalu dijahili oleh Jessica. Semoga surat ini cukup menghibur Ibu di sana.”

Baca juga: 9 Contoh Surat Pernyataan Yang Baik dan Benar

  • Surat untuk mengucapkan terima kasih

 “Bagaimana kabar Bapak Kadir yang baik? Nama saya Lili dan saya dulu murid Bapak di SMP X. Saya ingin mengucapkan terima kasih pada Bapak karena terus menyemangati saya untuk meraih ilmu dan cita-cita. Bapak pernah bilang bahwa menuntut ilmu adalah hak setiap anak, baik laki-laki maupun perempuan. Karena ucapan Bapak-lah saya berani membujuk orang tua saya agar tidak langsung menikahkan saya saat lulus SMA dan membiarkan saya kuliah, meskipun dengan bantuan biaya dari paman dan bibi.”

  • Surat untuk mengucapkan Hari Guru

“Halo, Ibu Maya. Selamat Hari Guru. Dalam hari yang istimewa ini, Niko (yang dulu paling sering Ibu setrap karena tidak pernah mengerjakan PR dan sering membuat keributan di kelas) ingin mengucapkan mohon maaf telah menyusahkan Ibu selama SMP dulu. Niko juga ingin berterima kasih atas kesabaran Ibu.”

  • Surat untuk memohon maaf

“Apa kabar, Bapak Omar guru Sosiologi Putra waktu SMA dulu? Semoga Bapak sehat-sehat saja di sana. Putra ingin meminta maaf pada Bapak karena telah membuat keributan di kelas dulu. Putra membuat murid perempuan bernama Rina sampai menangis, gara-gara Putra bilang perempuan memang lebih rendah daripada laki-laki? Saya sudah belajar banyak sejak Bapak memberitahu ibu saya mengenai perbuatan saya. Saya sadar, ucapan saya termasuk tidak menghargai perempuan, terutama ibu saya sendiri.”

  • Surat untuk guru Matematika

“Salam sejahtera untuk Ibu Shinta guru Matematika Tika saat SMP. Tika ingin berterima kasih pada Ibu yang tidak pernah menyerah untuk membuat Tika menyukai Matematika. Berkat Ibu, kini Tika kuliah di jurusan Akuntansi UI. Tika ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri dengan Akuntansi.”

  • Surat untuk guru dalam Bahasa Inggris

“Mr.Walton, on behalf of Class X-A, I would like to thank you for all your lessons while we were there. Words cannot express our gratitude enough, since most of us are now abroad to seek further education.”

Sekian contoh surat untuk guru. Semoga bermanfaat!

Kembangkan Dana Sekaligus Berikan Kontribusi Untuk Ekonomi Nasional dengan Melakukan Pendanaan Untuk UKM Bersama Akseleran!

Bagi kamu yang ingin membantu mengembangkan usaha kecil dan menengah di Indonesia, P2P Lending dari Akseleran adalah tempatnya. Akseleran menawarkan kesempatan pengembangan dana yang optimal dengan bunga rata-rata 10,5%-12% per tahun dan menggunakan proteksi asuransi 99% dari pokok pinjaman. Tentunya, semua itu dapat kamu mulai hanya dengan Rp100 ribu saja.

BLOG100

Yuk! Gunakan kode promo BLOG100 saat mendaftar untuk memulai pengembangan dana awalmu bersama Akseleran. Untuk pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi Customer Service Akseleran di (021) 5091-6006 atau email ke [email protected]