5 Bidang Usaha yang Menjanjikan di 2021

0
4390
Bidang Usaha

Banyaknya berbagai bidang usaha yang berkembang di era digital sekarang ini membuat banyak masyarakat mulai memikirkan untuk mempunyai usaha sampingan di 2021 ini. Banyaknya bidang usaha yang muncul ini juga dapat memberikan dampak yang baik bagi perekonomian di Indonesia, salah satunya usaha-usaha yang produktif.

Selain usaha yang produktif munculnya berbagai bidang usaha baru juga tentu dapat membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak untuk sekitarnya sehingga wajar jika para masyarakat mulai beralih untuk menjadi seorang pengusaha. Namun, masih banyak masyarakat yang kebingungan bagaimana cara memulai usahanya dan menentukan jenis usaha yang ingin dijalankan.

Karenanya, kali ini kita akan membahas mengenai bidang usaha yang dapat kamu coba di tahun 2021 ini:

  • Web/Blogging

Di era digital segala kebutuhan yang dicari oleh orang-orang tentunya pertama kali melalui internet, oleh karena itu sebuah web maupun blog yang dapat menampilkan sebuah produk atau informasi yang lengkap dan informatif akan terus dicari orang yang membutuhkannya. Hal ini juga dibarengi dengan perkembangan yang secara terus menerus mengalami peningkatan yang cukup pesat. 

Di Indonesia sendiri banyak blogger yang memiliki penghasilan hingga puluhan juta rupiah perbulan hanya dengan mengelola sebuah blog pribadinya. Lalu, bagaimana sih cara mendapatkan penghasilan melalui blog atau web?

  • Menjalankan sebuah program periklanan
  • Bergabung dengan afiliasi
  • Menjual produk sendiri
  • Menjalankan advertorial (konten review)

Untuk mengoptimalkan blog sendiri kamu dapat memiliki sebuah domain sendiri yang menampilkan brand darimu sendiri, hal ini juga membuat orang semakin yakin dan kamu akan terlihat lebih profesional. Contohnya www.tokomurah.com bukan seperti tokomurah.blogspot.com.

Hal tersebut dapat membuat toko milikmu terlihat lebih meyakinkan dan mudah untuk diingat pelanggan sehingga apabila dia puas dengan produk dan pelayananmu mereka akan ingat dan kembali lagi.

  • Dropship

Modal yang kamu miliki untuk membangun usaha masih belum cukup? Tenang aja kamu bisa mencoba bidang usaha yang satu ini. Skema dari dropship ini seperti misalkan kamu ingin menjual sebuah produk, nah kamu dapat memulai dengan membuka toko di ecommerce yang ada. Lalu, setelah membuka toko kamu dapat mencari supplier setelah itu mulai mengupload berbagai macam produknya di toko online yang sudah kamu buat.

Lalu, apabila ada yang melihat dan akhirnya ingin membeli produk tersebut, kamu tinggal melakukan order ke supplier dengan tujuan ke alamat pengiriman dari konsumen kamu. Sistem inilah yang disebut sebagai dropshipping.

Keuntungannya? Kamu akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual yang sudah kamu tetapkan sebelumnya. Untuk lebih mengoptimalkannya kamu dapat memasarkannya melalui media sosial maupun forum-forum online. 

Yang terpenting kamu harus dapat melihat kebutuhan pasar dan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat dan tentunya cari supplier yang terpercaya.

Baca juga: Dropship dan Reseller, Mana yang Lebih Menguntungkan?

  • Franchise

Jika memiliki modal yang banyak, salah satu usaha franchise bisa menjadi pilihanmu. Bidang usaha yang satu ini sangat mempermudah mereka yang tak ingin repot dalam mengelola konsep bisnisnya. Dengan memilih bidang yang satu ini kamu hanya tinggal membeli lisensi atau membeli bisnis model yang sudah jadi. Semua konsep serta kebutuhan sudah disediakan oleh pihak pemilik utamanya. Jangan khawatir mengenai modalnya karena beberapa franchise yang bisa dimulai dengan modal minim. 

Kamu hanya tinggal mencari lokasi yang strategis untuk bisnis tersebut, apabila menemukan tempat yang strategis bisnis ini cukup baik itu dari segi keuntungan atau perkembangan kedepannya. Pastikan untuk menentukan jenis franchise yang sesuai pasar serta kebutuhan disekitar lokasinya. Beberapa jenis franchise umum yang bisa kamu pilih antara lain: franchise makanan, franchise minuman, dan franchise laundry.

  • Developer App

Ketergantungan seseorang terhadap sebuah gadget di era sekarang membuktikan bahwa banyak orang yang kebutuhan sehari-harinya tergantung pada sebuah gadget. Ini juga dibuktikan dengan pertumbuhan aplikasi yang berada di store phonenya masing-masing baik itu di Android maupun ios. 

Apabila kamu memiliki kemampuan dalam bidang ini, kamu dapat memanfaatkan keahlianmu untuk mulai membuat sebuah aplikasi yang berguna baik itu aplikasi kesehatan, aplikasi memasak, games atau aplikasi keuangan.

Pendapatan yang dihasilkan bisa diraih dari iklan yang tampil pada aplikasi yang kamu miliki, in app purchase dan berbagai macam cara lainnya melalui aplikasi tersebut.

  • Accessories Gadget

Yang terakhir adalah memulai usaha aksesoris handphone. Setiap orang yang baru memiliki gadget maupun mereka yang sudah lama menggunakan gadget tentu akan membuat gadget yang dimilikinya semakin nyaman untuk digunakan. Salah satu cara untuk membuat gadgetnya nyaman adalah dengan memberikan aksesoris yang berguna sekaligus menarik.

Aksesoris yang dapat kamu pasarkan mulai dari aksesoris anti gores, kabel charger, powerbank, casing handphone dan berbagai macam aksesoris lainnya. Kebutuhan orang terkait penggunaan beberapa aksesoris yang kita sebutkan sebelumnya ini terbilang cukup tinggi entah itu karena rusak atau memang ingin mempercantik gadgetnya. Oleh karena itu peluang dari usaha yang satu ini wajib dicoba dan selalu dibutuhkan para pengguna gadget.

Bagaimana dari 5 bidang usaha diatas ada yang sesuai minat dan cocok untuk kamu tidak? Yuk jangan tunda untuk memulai usaha pastikan memiliki rencana dan strategi yang matang untuk memulainya. 

Ajukan Pinjaman Sekarang dan Dapatkan Kemudahan Pinjaman Modal Usaha di Akseleran!

Dapatkan pinjaman dengan bunga kompetitif dan kemudahan proses pengajuan melalui platform Peer-to-peer (P2P) Lending Akseleran. Ajukan pinjaman untuk mengembangkan usahamu sekarang. Akseleran juga sudah terdaftar resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga proses transaksi yang kamu lakukan jadi lebih aman dan terjamin.

voucher promo akseleran blog blog100

Akseleran Apps

Untuk kamu yang tertarik mengenai pendanaan atau pinjaman langsung bisa juga menghubungi (021) 5091-6006 atau bisa via email [email protected]